11 May 2011

Sosiologi SMP VII Silabus



SOSSIOLOGI VII SIALBUS
SILABUS

Sekolah                                 :
Kelas                                      : VII
Mata Pelajaran                    : Sosiologi
Semester                                : 1 (satu)
Standar Kompetensi           : 2. Memahami kehidupan sosial manusia.

KOMPETENSI
DASAR
MATERI
POKOK
INDIKATOR
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PENILAIAN

WAKTU

SUMBER PEMBELAJARAN





TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN
2.1.Mendeskripsikan       Interaksi sebagai  proses sosial





- Pengertian
   sosiologi


















-Mendefinisikan 
  pengertian
  sosiologi,
  masyarakat dan 
  manfaatnya






-Menjelaskan
  hakikat
  masyarakat
  sebagai objek
  sosiologi

-Menjelaskan
 manfaat
 sosiologi



-Siswa menggali 
 informasi melalui
 studi pustaka tentang
 pengertian sosiologi







-Siswa mendiskusikan
  fungsi masyarakat
  sebagai objek
  sosiologi


-Menggali informasi
  dari berbagai sumber
  tentang manfaat
  sosiologi

Tes tertulis









Penugasan


Pilihan ganda















Uraian


Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tindakan sosial. Pernyataan tersebut merupakan pendapat ….
a. Emile Durkheim
b. Max Weber
c. Herbert spencer
d. Mills







Menurut pendapatmu, apakah yang akan terjadi jika tidak ada ilmu sosiologi? Berilah alasannya!
(lihat buku esis halaman 7-8)


2 x 40’
















2 x 40’

Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis)

Kamus Sosiologi











Gambar, artikel, media massa, TV, internet



KOMPETENSI
DASAR
MATERI
POKOK
INDIKATOR
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PENILAIAN

WAKTU

SUMBER PEMBELAJARAN





TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

-Proses sosial
  dan
  keselarasan
  sosial

  -Menjelaskan
  hakikat proses
  sosial








-Menjelaskan
 pengertian
 keselarasan
 sosial

-Menguraikan
  ciri-ciri
  keselarasan
  sosial







-Menjelaskan
 perkembangan
 keselarasan
 sosial
- Siswa mencari 
  sumber-sumber 
  pustaka








-Siswa mendiskusikan 
  tentang pengertian
  keselarasan sosial


-Siswa menggali 
 informasi melalui
 studi pustaka untuk
 mengetahui ciri-ciri
 keselarasan sosial






-Siswa mendiskusikan
  perkembangan
 keselarasan sosial

Tes tertulis









Penugasan
















Pilihan ganda














Uraian














Individu-individu yang berhubungan satu sama lain seperti dalam masyarakat perkotaan membentuk ….
a. struktur sosial
b. dinamika sosial
c.  pola sosial
d. setting sosial






Menurut pendapatmu apakah perilaku yang memengaruhi ketidaktertiban ataukah ketidaktertiban yang memengaruhi perilaku manusia?
(lihat buku esis halaman 17-18)


2 x 40’















2 x 40’

Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis)

Kamus Sosiologi










Gambar, artikel, media massa, TV, internet
















KOMPETENSI
DASAR
MATERI
POKOK
INDIKATOR
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PENILAIAN

WAKTU

SUMBER PEMBELAJARAN





TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN

-Sosialisasi
























-Interaksi
 Sosial
-Menjelaskan 
 pengertian
 sosialisasi




-Siswa
 menguraikan
 agen sosialisasi





-Siswa
 menguraikan
 sosialisasi dan
 pembentukan
 kepribadian





- Siswa 
  menjelaskan
  pengertian
  interaksi sosial
-Siswa mendiskusikan
 pengertian sosialisasi





- Siswa mencari
  informasi tentang
  agen sosialisasi dari
  berbagai sumber




-Siswa mendiskusikan 
  sosialisasi dan
  pembentukan
  kepribadian






-Siswa mendiskusikan 
 pengertian interaksi 
 sosial
Tes tertulis





Tes tertulis






Penugasan









Tes tertulis
Uraian






Pilihan ganda






Uraian









Pilihan ganda







Agen sosialisasi yang pertama dan utama adalah ….
a. keluarga
b. teman
c. bidan bersalin
d. agama

Buatlah rancangan penelitian untuk melihat pengaruh proses sosialisasi di sekolah dengan kepribadian siswa !
(lihat buku esis halaman 29-30)


Seorang guru yang memberikan ujian susulan kepada salah satu siswa yang
5 x 40’
























2 x 40’
Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis)

Kamus Sosiologi





Gambar, artikel, media massa, TV, internet











Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis)






KOMPETENSI
DASAR
MATERI
POKOK
INDIKATOR
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PENILAIAN

WAKTU

SUMBER PEMBELAJARAN





TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN































- Siswa menguraikan syarat-syarat interaksi sosial.

- Siswa menguraikan bentuk-bentuk interaksi sosial
                           












- Siswa mencari informasi tentang syarat-syarat interaksi sosial

- Siswa mendiskusikan bentuk-bentuk interaksi sosial













Penugasan

















Uraian
terlambat masuk sekolah merupakan contoh dari …..
a. Interaksi sosial primer
b. Interaksi sosial antar individu
c.  Kontak sosial sekunder
d. Interaksi sosial antar kelompok.






Apakah proses sosial menghasilkan interaksi sosial atau interaksi interaksi sosial yang melahirkan proses sosial? Jelaskan!


Kamus Sosiologi










Gambar, artikel, media massa, TV, internet





KOMPETENSI
DASAR
MATERI
POKOK
INDIKATOR
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PENILAIAN

WAKTU

SUMBER PEMBELAJARAN





TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN


















- Interaksi
 sebagai wujud status dan peran sosial










- Proses sosial Asosiatif dan Disosiatif

- Siswa menjelaskan pengertian status






- Siswa menjelaskan pegertian peran


- Siswa menjelaskan proses Asosiatif

- Siswa menjelaskan pengertian Akomodasi

- Siswa menjelaskan pengertian Asimilasi

- Siswa menjelaskan pengertian



- Siswa mendiskusikan tentang pengertian status.







- Siswa mencari informasi tentang pengertian peran


- Siswa mendiskusikan proses sosial Asosiatif


- Siswa menguraikan pengertian Akomodasi, Asimilasi dan kerjasama.


Tes tertulis








Tes tertulis



Tes tertulis















Pilihan ganda








Uraian




Pilihan ganda















Unsur-unsur penting dalam sistem lapisan masyarakat adalah ….
a. kedudukan & sosialisasi
b. Peranan & interaksi
c.  kedudukan dan peranan
d. status & sosialisasi

Jelaskan apa yang dimaksud perangkat peran !
Berikan contohnya !

Proyek pembangunan batu bara, perkapalan, dan pertanian merupakan kerjasama dalam bentuk …..
a. co-optation
b. joint-venture
c. bargaining
d. coalition








2 x 40’














2 x 40’
Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis)

Kamus Sosiologi




Gambar, artikel, media massa, TV, internet


Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis)

Kamus Sosiologi

KOMPETENSI
DASAR
MATERI
POKOK
INDIKATOR
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
PENILAIAN

WAKTU

SUMBER PEMBELAJARAN





TEKNIK
BENTUK
CONTOH INSTRUMEN





















- Sumber-sumber Proses Sosial
kerjasama

- Siswa menjelaskan proses sosial Disosiatif


- Siswa menjelaskan pengertian Imitasi







- Siswa menjelasakan tentang Sugesti

- Siswa menjelaskan tentang Identifikasi

- Siswa menjelaskan tentang Simpati

- Siswa menjelaskan tentang Empati


- Siswa mendiskusikan proses sosial Disosiatif



- Siswa mendiskusikan pengertian Imitasi









- Siswa menguraikan tentang Sugesti


- Siswa mendiskusikan tentang Identifikasi



- Siswa mendiskusikan tentang Simpati


- Siswa mendiskusikan tentang Empati


Penugasan





Tes tertulis


Uraian





Pilihan ganda


Jelaskan dampak-dampak proses sosial di masyarakat yang tengah mengalami konflik etnis!

Di bawah ini imitasi yang memiliki dampak yang positif adalah ….
a. meniru gaya rambut punk
b. mencontek saat ujian
c. menindik hidung
d. berpakaian sopan seperti ayah
















2 x 40’








Sosiologi untuk SMP dan MTs Kelas VII (esis)

Kamus Sosiologi





Gambar, artikel, media massa, TV, internet