06 May 2011

 Produk Inovasi Sederhana 2011  ( 16 )



Inovasi
Ikan penghias ban
Kelompok
  Akmal Fathu Rohman
  Garidito Setianugraha
  Harry Tamara
  M. Risky

Cara Pembuatan
  Siapkan Alat dan Bahan:
  1. Penutup ban motor
  2. Mainan karet
  3. Lem
  4. Gunting


Keluarkan bunyi-bunyian dari mainan




Potong bagian lubang pada bawah mainan



Olesi penutup ban dengan lem



Masukan ke dalam mainan


Hasilnya seperti ini

Keuntungan
  Pengeluaran
  1. Mainan                                 :Rp. 3.000,- (1 pasang)
  2. Penutup ban                      :Rp. 1.000,- (1 pasang)
  Jumlah                                  :Rp. 4.000,-
  Harga Jual                            :Rp. 7.000,- (1 Pasang)
  Keuntungan                       :Rp. 3.000,- per pasang

Sejarah SMP VIII RPP 20



SEJARAH VIII RPP 20
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VIII (delapan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi
                                                         Kemerdekaan Indonesia
Indikator                                 : -     Mengidentifikasi dukungan dan pembentukan lembaga
                                                        pemerintahan di berbagai daerah terhadap pemerintahan
                                                        Republik Indonesia
Alokasi Waktu                        : 2 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mengidentifikasi dukungan dan pembentukan lembaga pemerintahan di berbagai daerah terhadap pemerintahan Republik Indonesia

B.     Materi Pembelajaran
  • Dukungan dan pembentukan lembaga pemerintahan di berbagai daerah

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menjelaskan garis besar materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan tentang dukungan dan pembentukan lembaga pemerintahan di berbagai daerah terhadap pemerintahan Republik Indonesia. 
·         Tanya jawab mengenai dukungan dan pembentukan lembaga pemerintahan di berbagai daerah terhadap pemerintahan Republik Indonesia. 
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 142) dan Evaluasi Semester 2 pilihan ganda dan uraian (Evaluasi Semester 2 hal 145 – 146).

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 131 - 146)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
·         Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 142).
·         Tes Tertulis Evaluasi Semester 2 pilihan ganda dan uraian (Evaluasi Semester 2 hal 145 – 146)

Kunci Jawaban
Uji Kompetensi

A.
1. b
2. a
3. c
4. b
5. a

B.
1. Aklamasi
2. PPKI
3. Pembentukan TKR
4. TRI
5. parlementer/ministerial


Evaluasi Semester 1
A.

1. c
2. a
3. d
4. b
5. d
6. d
7. c
8. b
9. b
10. b
11. a
12. c
13. b
14. b
15. d
16. c
17. a
18. b
19. a
20. b


B.
  1. Moh. Yamin mengemukakan gagasan yang masih bersifat umum, seperti kebangsaan, kemanusiaan, ketuhanan, kerakyatan, dan kesejahteraan rakyat. Soepomo mengemukakan gagasan persatuan yang diliputi semangat kekeluargaan, pribadi yang seimbang lahir dan batin, mengedepankan musyawarah dan keadilan sosial, tetapi tidak mencantumkan ketuhanan. Soekarno mengemukakan gagasan kebangsaan, internasionalisasi atau perikemanusiaan, mengedepankan mufakat atau demokrasi, kesejahteraan sosial, dan Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Jepang menarik simpati rakyat dengan memberikan janji kemerdekaan agar rakyat membantu Jepang dalam Perang Pasifik. Untuk merealisasikan janji tersebut, maka Jepang membentuk BPUPKI.
  3. Akibat perbedaan persepsi, Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok oleh kaum muda pada tanggal 16 Agustus 1945 dini hari. Setelah terjadi kesepakatan antara Joesoef Koento, Ahmad Soebardjo, dan Sudiro, pada pukul 17.30 Soekarno dan Hatta dipulangkan ke Jakarta. Rombongan Soekarno dan Hatta tiba di Jakarta sekitar pukul 23.00. Mereka kemudian menuju ke rumah Laksamana Maeda. Disana mereka mengadakan rapat untuk menyusun teks proklamasi dihadiri oleh anggota PPKI dan sejumlah pemuda. Keesokan harinya, 17 Agustus 1945, pembacaan proklamasi kemerdekaan Indonesia dilaksanakan oleh Soekarno pada pukul 10.00 diikuti dengan pengibaran merah putih diiringi lagu Indonesia Raya.
  4. Rakyat Indonesia sangat mendukung proklamasi kemerdekaan. Berbagai pemboikotan dilakukan oleh para pemuda terhadap sisa-sisa pemerintah kolonial Jepang di Indonesia. Perlawanan terhadap Jepang terjadi di berbagai daerah di Indonesia.
  5. Sidang PPKI pertama, 18 Agustus 1954, mengesahkan Soekarno dan Hatta sebagai presiden dan wakil presiden, mengesahkan UUD 1945, dan menetapkan KNIP sebagai DPR sementara. Sidang PPKI kedua, 19 Agustus 1945, menetapkan 12 kementerian, dan pembagian 8 wilayah propinsi. Sidang PPKI ketiga, 22 Agustus 1945, penyusunan anggota KNIP dan KNID, pembentukan partai nasional, dan penetapan Badan Keamanan Rakyat.



Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran





……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................


Sejarah SMP VIII RPP 19



SEJARAH VIII RPP 19
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VIII (delapan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi
                                                         Kemerdekaan Indonesia
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan proses terbentuknya negara dan
                                                        pemerintahan Republik Indonesia beserta kelengkapannya
Alokasi Waktu                        : 3 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mendeskripsikan proses terbentuknya negara dan pemerintahan Republik Indonesia beserta kelengkapannya

B.     Materi Pembelajaran
  • Proses terbentuknya negara dan pemerintahan Republik Indonesia beserta kelengkapannya

C.    Metode Pembelajaran
Diskusi dan pemberian tugas melalui ICT

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Siapa yang memilih Soekarno dan Moh. Hatta sebagai presiden dan wakil presiden?”.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik mencari artikel dari buku, majalah, surat kabar atau internet tentang proses terbentuknya lembaga pemerintahan Indonesia kemudian mendiskusikannya (Unjuk Kerja hal 143).
·         Guru menjelaskan tentang sejarah Tentara Nasional Indonesia.
·         Peserta didik ditugaskan membuat makalah bertema “Sejarah BKR hingga TNI” dengan mencari informasi dari buku, majalah, surat kabar atau internet (Portofolio hal 143 – 144).
·         Guru menjelaskan tentang maklumat pemerintah tanggal 3 November 1945 dan 16 Oktober 1945.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 131 - 146)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
  • Unjuk kerja mencari artikel dari buku, majalah, surat kabar atau internet tentang proses terbentuknya lembaga pemerintahan Indonesia kemudian mendiskusikannya (Unjuk Kerja hal 143).

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengetahuan tentang proses terbentuknya lembaga pemerintahan Indonesia





Kemampuan mencari artikel ataupun tulisan tentang proses terbentuknya lembaga pemerintahan Indonesia





Partisipasi dalam diskusi (sharing)





Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dalam diskusi





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55





  • Portofolio dalam bentuk makalah bertema “Sejarah BKR hingga TNI” dengan mencari informasi dari buku, majalah, surat kabar atau internet (Portofolio hal 143 – 144).
Rubrik Penilaian   
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pemahaman tentang konsep sejarah




Pemahaman tentang sejarah BKR hingga TNI




Kemampuan membuat makalah




Kualitas bahasa dalam makalah




Kemampuan menjelaskan makalah




Nilai rata-rata




Komentar

Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK........