06 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 17



SEJARAH VII RPP 17
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
                                                      Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan   
                                                         dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha di Indonesia
                                                         serta peninggalan-peninggalannya
Indikator                                 :  -    Mengidentifikasi contoh peninggalan sejarah bercorak                                                                       Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia
-          Mendeskripsikan ciri-ciri peninggalan bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mengidentifikasi contoh peninggalan sejarah bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia
  • Mendeskripsikan ciri-ciri peninggalan bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia

B.     Materi Pembelajaran
·         Contoh peninggalan sejarah bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia
·         Ciri-ciri peninggalan bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menunjukkan gambar candi Prambanan (hal 84) dan menanyakan kepada peserta didik termasuk candi Hindu atau Buddha dan fungsi candi tersebut.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menugaskan peserta didik membuat rangkuman mengenai contoh peninggalan sejarah bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 86 – 87).

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 67 - 90)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
·         Portofolio dalam bentuk rangkuman dari artikel internet mengenai contoh peninggalan sejarah bercorak Hindu-Buddha di berbagai daerah di Indonesia.

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Kesesuaian rangkuman dengan isi artikel





Rangkuman dilengkapi dengan gambar mengenai peninggalan sejarah bercorak Hindu-Buddha di Indonesia





Kualitas rangkuman





Kerapian rangkuman





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55






·         Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 86 – 87).
Kunci Jawaban

A.
1. c
2. d
3. b
4. b
5. a

B.
1. Aswawarman
2. keagamaan
3. Sutasoma
4. Sumpah Palapa
5. Sistem penanggalan Saka




Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: