06 May 2011

Sejarah SMP VIII RPP 19



SEJARAH VIII RPP 19
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VIII (delapan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Usaha Persiapan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan Peristiwa-Peristiwa Sekitar Proklamasi
                                                         Kemerdekaan Indonesia
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan proses terbentuknya negara dan
                                                        pemerintahan Republik Indonesia beserta kelengkapannya
Alokasi Waktu                        : 3 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mendeskripsikan proses terbentuknya negara dan pemerintahan Republik Indonesia beserta kelengkapannya

B.     Materi Pembelajaran
  • Proses terbentuknya negara dan pemerintahan Republik Indonesia beserta kelengkapannya

C.    Metode Pembelajaran
Diskusi dan pemberian tugas melalui ICT

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Siapa yang memilih Soekarno dan Moh. Hatta sebagai presiden dan wakil presiden?”.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik mencari artikel dari buku, majalah, surat kabar atau internet tentang proses terbentuknya lembaga pemerintahan Indonesia kemudian mendiskusikannya (Unjuk Kerja hal 143).
·         Guru menjelaskan tentang sejarah Tentara Nasional Indonesia.
·         Peserta didik ditugaskan membuat makalah bertema “Sejarah BKR hingga TNI” dengan mencari informasi dari buku, majalah, surat kabar atau internet (Portofolio hal 143 – 144).
·         Guru menjelaskan tentang maklumat pemerintah tanggal 3 November 1945 dan 16 Oktober 1945.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VIII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VIII – ESIS (hal 131 - 146)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
  • Unjuk kerja mencari artikel dari buku, majalah, surat kabar atau internet tentang proses terbentuknya lembaga pemerintahan Indonesia kemudian mendiskusikannya (Unjuk Kerja hal 143).

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengetahuan tentang proses terbentuknya lembaga pemerintahan Indonesia





Kemampuan mencari artikel ataupun tulisan tentang proses terbentuknya lembaga pemerintahan Indonesia





Partisipasi dalam diskusi (sharing)





Kemampuan menggunakan bahasa yang baik dalam diskusi





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55





  • Portofolio dalam bentuk makalah bertema “Sejarah BKR hingga TNI” dengan mencari informasi dari buku, majalah, surat kabar atau internet (Portofolio hal 143 – 144).
Rubrik Penilaian   
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pemahaman tentang konsep sejarah




Pemahaman tentang sejarah BKR hingga TNI




Kemampuan membuat makalah




Kualitas bahasa dalam makalah




Kemampuan menjelaskan makalah




Nilai rata-rata




Komentar

Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK........

No comments: