06 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 25



SEJARAH VII RPP 25
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
                                                      Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar                   : 2.3. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan   
                                                         dan pemerintahan pada masa Kolonial Eropa
Indikator                                 :  -    Mengidentifikasi pengaruh kebijakan pemerintah kolonial
                                                        terhadap kehidupan rakyat Indonesia
-    Mengidentifikasi perbedaan pengaruh kolonial di Pulau Jawa dan Luar Jawa
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mengidentifikasi pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap rakyat Indonesia
  • Mengidentifikasi perbedaan pengaruh kolonial di Jawa dan Luar Jawa

B.     Materi Pembelajaran
·         Pengaruh kebijakan pemerintah kolonial terhadap rakyat Indonesia
·         Perbedaan pengaruh kolonial di Jawa dan Luar Jawa

C.    Metode Pembelajaran
Ceramah, pemberian tugas, tanya jawab

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik mengenai pengaruh penerapan sistem tanam paksa.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan secara klasikal mengenai pengaruh kebijakan kolonial terhadap kehidupan rakyat Indonesia dan perbedaan pengaruhnya di Pulau Jawa dan Luar Pulau Jawa.
·         Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 140 – 141).
·         Peserta didik ditugaskan membuat makalah (4 – 5 halaman) bertema “Kolonialisme Bangsa Barat di Indonesia”. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 127 - 146)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
·         Portofolio dalam bentuk makalah (4 – 5 halaman) bertema “Kolonialisme Bangsa Barat di Indonesia”. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengetahuan tentang konsep kolonialisme barat





Pemahaman tentang ciri-ciri kolonialisme barat di Indonesia





Kemampuan membuat makalah





Kualitas bahasa dalam makalah





Kemampuan menjelaskan makalah





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55





·         Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 140 – 141).
Kunci Jawaban

A.
1. c
2. c
3. b
4. a
5. c

B.
1. Glory
2. Alfonso d’Albuquerque
3. hak monopoli
4. Pieter Both
5. Sultan Iskandar Muda


Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: