05 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 11



SEJARAH VII RPP 11
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan kehidupan pada masa prasejarah di    
                                                         Indonesia
Indikator                                 : Mendeskripsikan peninggalan zaman batu
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan hasil kebudayaan zaman batu Palaeolithikum
·         Mendeskripsikasi hasil kebudayaan zaman batu Mesolithikum
·         Mendeskripsikasi hasil kebudayaan zaman batu Neolithikum
·         Mendeskripsikasi hasil kebudayaan zaman batu Megalithikum

B.     Materi Pembelajaran
·         Hasil kebudayaan zaman batu Palaeolithikum
·         Hasil kebudayaan zaman batu Mesolithikum
·         Hasil kebudayaan zaman batu Neolithikum
·         Hasil kebudayaan zaman batu Megalithikum

C.    Metode Pembelajaran
Inquiri dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menunjukkan gambar alat serpih bilah (hal 36) dan menanyakan peserta didik fungsi dari alat tersebut.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menugaskan peserta didik secara berkelompok untuk membuat daftar pertanyaan mengenai peninggalan zaman batu dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik ditugaskan untuk membuat salah satu alat kehidupan zaman Megalithikum, seperti menhir, dolmen, sarkofagus, kubur batu, punden berundak-undak, dan arca dalam bentuk yang lebih kecil dari ukuran yang sebenarnya! Setelah itu, bagi “resep” kepada teman. Kemudian jawablah pertanyaan berikut! Apakah kamu dapat meningkatkan mutu pembuatan benda tersebut di masa yang akan datang? (Produk hal 41). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 33 - 42)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
·         Produk membuat salah satu alat kehidupan zaman Megalithikum, seperti menhir, dolmen, sarkofagus, kubur batu, punden berundak-undak, dan arca dalam bentuk yang lebih kecil dari ukuran yang sebenarnya! Setelah itu, bagi “resepnya” kepada teman. Kemudian jawablah pertanyaan berikut! Apakah kamu dapat meningkatkan mutu pembuatan benda tersebut di masa yang akan datang? (Produk hal 41). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengantar tentang alat-alat kehidupan zaman megalithikum





Kemampuan menerangkan cara membuat alat kehidupan pada zaman megalithikum





Kemampuan membuat alat kehidupan pada zaman zaman megalithikum





Kualitas alat kehidupan pada zaman zaman megalithikum





Keindahan dan Kerapian





Kemampuan menjawab pertanyaan





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55






Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

Sejarah SMP VII RPP 10


SEJARAH VII RPP 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan kehidupan pada masa prasejarah di    
                                                         Indonesia
Indikator                                 : Mengklasifikasikan pembagian zaman prasejarah
                                                  berdasarkan peninggalannya
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mengklasifikasikan pembagian zaman prasejarah berdasarkan peninggalannya

B.     Materi Pembelajaran
·         Pembagian zaman prasejarah berdasarkan peninggalannya

C.    Metode Pembelajaran
Bermain, diskusi, dan pemberian tugas melalui ICT

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menunjukkan gambar kapak corong (hal 35) dan menanyakan peserta didik fungsi dari alat tersebut.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru dan peserta didik melakukan diskusi mengenai Pembagian zaman prasejarah berdasarkan peninggalannya.
·         Bermain “Mengelompokkan kembali”. Peserta didik dihadapkan pada data-data yang acak mengenai kehidupan masyarakat prasejarah dan ditugaskan untuk mengelompokkannya ke dalam zaman batu atau zaman logam.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik ditugaskan untuk membuka situs http://history-world.org/stone_age.htm untuk mengetahui peninggalan kebudayaan zaman batu yang ada di dunia. Buatlah rangkuman mengenai artikel di internet tersebut! Rangkuman dikumpulkan pada pertemuan berikutnya (Dunia Maya hal 35). 

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 33 - 42)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
·         Portofolio dalam bentuk rangkuman dari artikel internet mengenai peninggalan kebudayaan zaman batu yang ada di dunia (Dunia Maya hal 35).

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Kesesuaian rangkuman dengan isi artikel





Rangkuman dilengkapi dengan gambar peninggalan zaman batu





Kualitas rangkuman





Kerapian rangkuman





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55








Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

Sejarah SMP VII RPP 9



SEJARAH VII RPP 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan kehidupan pada masa prasejarah di    
                                                         Indonesia
Indikator                                 : Mengidentifikasi kehidupan pada zaman perundagian
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mengidentifikasi keadaan alam pada zaman perundagian
·         Mengidentifikasi flora dan fauna pada zaman perundagian
·         Mengidentifikasi kehidupan masyarakat pada zaman perundagian
·         Mengidentifikasi alat-alat kehidupan pada zaman perundagian

B.     Materi Pembelajaran
·         Keadaan alam zaman perundagian
·         Flora dan fauna zaman perundagian
·         Kehidupan masyarakat zaman perundagian
·         Alat-alat kehidupan zaman perundagian

C.    Metode Pembelajaran
Inquiri dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan peserta didik pengertian dari perundagian.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan kehidupan pada zaman perundagian dengan peta konsep.
·         Guru menugaskan peserta didik secara berkelompok untuk membuat daftar pertanyaan mengenai kehidupan pada zaman perundagian dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 29 - 30).

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 23 - 32)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet


F.     Penilaian
·         Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 29 – 30).
Kunci Jawaban

A.
1. b
2. c
3. b
4. a
5. a

B.
1. nomaden
2. perundagian
3. sumber makanan
4. food producing
5. dinamisme




Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK......