05 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 3


SEJARAH VII RPP 3
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan kehidupan pada masa prasejarah di    
                                                         Indonesia
Indikator                                 : -    Menjelaskan penemuan fosil manusia prasejarah
-          Mengidentifikasi penemuan fosil manusia zaman prasejarah di Indonesia
-          Mengidentifikasi lokasi penemuan fosil manusia prasejarah di Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Menjelaskan penemuan fosil manusia prasejarah
·         Mengidentifikasi penemuan fosil manusia zaman prasejarah di Indonesia
·         Mengidentifikasi lokasi penemuan fosil manusia prasejarah di Indonesia

B.     Materi Pembelajaran
·         Penemuan fosil manusia prasejarah
·         Penemuan fosil manusia zaman prasejarah di Indonesia
·         Lokasi penemuan fosil manusia prasejarah di Indonesia

C.    Metode Pembelajaran
Bermain dan pemberian tugas melalui ICT

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menunjukkan gambar fosil Homo wajakensis (hal 15) dan menanyakan kepada peserta didik pengertian dari fosil.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik mencari artikel di internet dengan alamat http://www.mnh.si.edu/anthro/humanorigins/ mengenai asal usul manusia beserta gambar fosil manusia prasejarah dan membuat rangkuman dari artikel yang telah didapatkan (Dunia Maya hal 14). Rangkuman dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
·         Bermain “Siapakah aku?” dengan menebak gambar/foto manusia prasejarah yang ditemukan di Indonesia.
·         Peserta didik ditugaskan untuk menjawab serta menunjukkan lokasi penemuan fosil manusia purba di Indonesia.

3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 19 - 20).

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 11 - 22)
  • Peta konsep
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.     Penilaian
·         Portofolio dalam bentuk rangkuman dari artikel internet mengenai asal usul manusia beserta gambar fosil manusia prasejarah (Dunia Maya hal 14).

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Kesesuaian rangkuman dengan isi artikel





Rangkuman dilengkapi dengan gambar fosil manusia prasejarah





Kualitas rangkuman





Kerapian rangkuman





Nilai rata-rata





Komentar









Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55






·         Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 19 – 20).
Kunci Jawaban

A.
1. c
2. b
3. d
4. d
5. b

B.
1. Pleistosen bawah
2. Pithecanthropus erectus
3. Austromelanosoid
4. Davidson Black
5. Homo rodhesiensis

Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: