05 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 10


SEJARAH VII RPP 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Lingkungan Kehidupan Manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menjelaskan kehidupan pada masa prasejarah di    
                                                         Indonesia
Indikator                                 : Mengklasifikasikan pembagian zaman prasejarah
                                                  berdasarkan peninggalannya
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mengklasifikasikan pembagian zaman prasejarah berdasarkan peninggalannya

B.     Materi Pembelajaran
·         Pembagian zaman prasejarah berdasarkan peninggalannya

C.    Metode Pembelajaran
Bermain, diskusi, dan pemberian tugas melalui ICT

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menunjukkan gambar kapak corong (hal 35) dan menanyakan peserta didik fungsi dari alat tersebut.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru dan peserta didik melakukan diskusi mengenai Pembagian zaman prasejarah berdasarkan peninggalannya.
·         Bermain “Mengelompokkan kembali”. Peserta didik dihadapkan pada data-data yang acak mengenai kehidupan masyarakat prasejarah dan ditugaskan untuk mengelompokkannya ke dalam zaman batu atau zaman logam.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik ditugaskan untuk membuka situs http://history-world.org/stone_age.htm untuk mengetahui peninggalan kebudayaan zaman batu yang ada di dunia. Buatlah rangkuman mengenai artikel di internet tersebut! Rangkuman dikumpulkan pada pertemuan berikutnya (Dunia Maya hal 35). 

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 33 - 42)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
·         Portofolio dalam bentuk rangkuman dari artikel internet mengenai peninggalan kebudayaan zaman batu yang ada di dunia (Dunia Maya hal 35).

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Kesesuaian rangkuman dengan isi artikel





Rangkuman dilengkapi dengan gambar peninggalan zaman batu





Kualitas rangkuman





Kerapian rangkuman





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55








Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: