02 April 2011

Sejarah SMA XI RPP1




SEJARAH XI RPP1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

SMA/MA.                               : ………………………………………………..
Program                                   : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : XI/1
Standar Kompetensi               : 1.  Menganalisis Perjalanan Bangsa Indonesia pada Masa
                                                       Negara-negara Tradisional
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Menganalisis Pengaruh Perkembangan Agama dan
                                                                            Kebudayaan Hindu-Buddha terhadap Masyarakat
                                                         di Berbagai Daerah di Indonesia
Indikator                                 : -   Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama dan
                                                      kebudayaan Hindu-Buddha di India
Alokasi Waktu                        : 3x45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India

B.     Materi Pembelajaran
·         Lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha

C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill, pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·      Apersepsi guru membuka pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan “Di daerah mana mayoritas penganut agama Hindu di Indonesia ?”.
·      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.      Kegiatan Inti
·         Penugasan mencari artikel di internet tentang lahir dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di India.
·         Tanya-jawab berdasarkan hasil temuan peserta didik dari internet dan menugaskan peserta didik membuat karangan analitis tentang proses perkembangan Hindu-Buddha pada masa pemerintahan Raja Ashoka dari Dinasti Maurya dari berbagai sumber (Aktivitas hal 6).
3.      Kegiatan Penutup
·         Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA XI IPS - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMA XI IPS – ESIS (hal 1 – 20)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP/slide
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet
F.      Penilaian
·         Portofolio berbentuk uraian analitis tentang proses perkembangan Hindu-Buddha pada masa pemerintahan Raja Ashoka dari Dinasti Maurya dari berbagai sumber (Aktivitas hal 6).

 

Format Penilaian Portofolio

Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Deskripsi
Pengantar




Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian, kesimpulan maupun rangkuman. Untuk peta, skema, dan lukisan, mempersiapkan bahan-bahan.
Isi




Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian, kesimpulan, dan rangkuman dengan tepat. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan.
Penutup



Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian
Struktur/logika penulisan



Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian
Orisinalitas karangan



Karangan/penelitian, kesimpulan, rangkuman, peta, skema, dan lukisan merupakan hasil sendiri
Penyajian, bahasan dan bahasa



Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
Jumlah




 



Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

 
 









Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

Sejarah SMA XI Silabus 2




SEJARAH XI SILABUS 2

Nama Sekolah         : SMA                                                                                                                     SILABUS
Program                  : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran         : Sejarah
Kelas/Semester        : X1/2
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis Perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1. Menganalisis Perkembangan Pengaruh Barat dan Perubahan Ekonomi, Demografi, dan Kehidupan Sosial Budaya Masyarakat di Indonesia pada masa Kolonial
Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia
·          Merkantilisme dan Kapitalisme





·          Mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai pengertian merkantilisme dan kapitalisme dan hubungannya dengan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia



·          Menghubungkan merkantilisme dan kapitalisme dengan perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia






·          Portofolio









·          Rangkuman








·          Buatlah rangkuman mengenai pengertian merkantilisme dan kapitalisme dan hubungannya dengan kolonialisme dan imperialisme Barat di Indonesia






3x45 menit



·            Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 137 – 170)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Kolonialisme dan Imperialisme Barat di Indonesia
·          Mendemonstrasikan peta jalur kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
·          Mendeskripsikan kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
·          Menunjukkan peta jalur kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia

·          Mendeskripsikan kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
·          Tes Lisan



·          Portofolio
·          Soal Peta



·          Uraian Analitis
·          Tunjukkanlah jalur kedatangan Bangsa Belanda ke Indonesia!


·          Buatlah uraian analitis mengenai pengaruh kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia terhadap perkembangan masyarakat!
3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 137 – 170)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia
·          Mendiskusikan perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia
·          Mendeskripsikan perkembangan kekuasaan Bangsa Eropa di Indonesia
·          Unjuk Kerja
·          Diskusi




·              Diskusikanlah tentang pengaruh kegiatan perdagangan dengan bangsa Eropa terhadap perkembangan perekonomian masyarakat Indonesia! (Aktivitas hal 153)
3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 137 – 170)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial
·          Mendiskusikan kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial 
·          Mendeskripsikan kondisi masyarakat Indonesia masa kolonial 
·          Unjuk Kerja
·          Diskusi
·              Diskusikanlah tentang kegagalan proses industrialisasi di Indonesia pada masa kolonial! Diskusikanlah pula tentang proses perkembangan tata ruang kota Indonesia pada masa kolonial! (Aktivitas hal 162)
3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 137 – 170)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan asing
·          Menjelaskan perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan asing
·          Menjelaskan perlawanan masyarakat Indonesia terhadap kekuasaan asing
·          Tes Tertulis
·          Pilihan Ganda





·          Uraian

·          Sultan Hasanuddin adalah tokoh perlawanan menghadapi VOC dari daerah ...
a.        Ternate    d. Mataram
b.        Tapanuli  e. Maluku
c.        Makassar (Evaluasi hal 167 – 169)
·          Apa yang dimaksud dengan kebijakan kerja paksa! (Evaluasi hal 169)
1x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 137 – 170)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet


















SEJARAH XI SILABUS 2

Nama Sekolah         : SMA                                                                                                                     SILABUS
Program                  : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran         : Sejarah
Kelas/Semester        : X1/2
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis Perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.2. Menganalisis Hubungan antara Perkembangan Paham-paham Baru dan Transformasi Sosial dengan Kesadaran dan Pergerakan Kebangsaan
Kesadaran Kebangsaan di Asia dan Afrika
·          Faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi serta kesadaran nasionalisme di Asia dan Afrika




·          Mencari artikel di perpustakaan dan internet mengenai faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi serta kesadaran berbangsa di Asia dan Afrika


·          Menghubungkan faham liberalisme, sosialisme, nasionalisme, pan-islamisme, dan demokrasi dengan munculnya ideologi nasionalisme di Asia, Afrika, dan kesadaran kebangsaan Indonesia




·          Portofolio








·          Uraian Analitis







·          Baca lebih banyak sumber buku dan artikel mengenai faham-faham yang telah diuraikan sebelumnya! Lalu, berilah pendapat Anda tentang masing-masing kebaikan dan kelemahan setiap faham dalam bentuk uraian analitis! (Aktivitas 176)




3x45 menit


·            Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 171 – 190)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika
·          Mendiskusikan pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika
·          Mendeskripsikan pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika
a.        Filipina
b.        Malaysia
c.        Vietnam
d.        India
e.        Mesir
·          Unjuk Kerja
·          Diskusi Jigsaw
·          Diskusikanlah pergerakan kebangsaan di Asia dan Afrika!
3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 171 – 190)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Kehidupan kekotaan dan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia
·          Menghubungkan kehidupan kekotaan dengan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia
·          Menghubungkan kehidupan kekotaan dengan munculnya pergerakan kebangsaan Indonesia
·          Tes Tertulis
·          Pilihan Ganda




·          Uraian

·          Faham sosialisme masuk ke Indonesia melalui perantara ...
a.        Soebandrio    d. Semaun
b.        Tan Malaka   e. D.N. Aidit
c.        Sneevliet (Evaluasi hal 187 – 190)
·          Sebutkan faktor-faktor yang membuat lahirnya gerakan pemuda di Indonesia! (Evaluasi hal 190)
1x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 171 – 190)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Latar belakang lahirnya nasionalisme di Indonesia





·          Mendiskusikan latar belakang tumbuh dan berkembangnya nasionalisme di Indonesia
·          Mengidentifikasi perkembangan politik kolonial Belanda





·          Mengidentifikasi latar belakang tumbuh dan berkembangnya nasionalisme di Indonesia
·          Unjuk Kerja






·          Portofolio
·          Diskusi






·          Uraian Analitis

·          Diskusikanlah pengaruh sistem tanam paksa, politik etis, perkembangan media komunikasi-transportasi, dan nasionalisme di Asia-Afrika bagi perkembangan nasionalisme di Indonesia! (Aktivitas hal 196)
·          Buatlah uraian analitis berdasarkan hasil diskusi! (Aktivitas hal 196)
3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 191 – 228)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia



·          Mendiskusikan proses terbentuknya transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia

·          Mendeskripsikan proses terbentuknya transformasi etnik dan berkembangnya identitas kebangsaan Indonesia




·          Unjuk Kerja



·          Portofolio
·          Diskusi



·          Uraian Analitis

·          Diskusikanlah pengertian nasionalisme dan peranannya dalam masyarakat sekarang! (Aktivitas hal 200)
·          Buatlah uraian analitis berdasarkan hasil diskusi! (Aktivitas hal 200)
3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 191 – 228)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia



·          Mendiskusikan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia

·          Mendeskripsikan perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia




·          Unjuk Kerja




·          Diskusi Jigsaw





·          Diskusikanlah perkembangan ideologi dan organisasi pergerakan nasional Indonesia!
3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 191 – 228)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Peristiwa-peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia
·          Mengidentifikasi beberapa peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia
·          Mengidentifikasi beberapa peristiwa penting yang mengakibatkan munculnya kebijakan keras pemerintah Hindia Belanda terhadap pergerakan kebangsaan Indonesia
·          Tes Tertulis
·          Pilihan Ganda




·          Uraian

·          Ketua Partai Nasional Indonesia adalah ...
a.        Soekarno    d. Husni Thamrin
b.        Muso          e. Budiarto
c.        Dewi Sartika (Evaluasi hal 226 – 228)
·          Jelaskan latar belakang didirikannya GAPI! (Evaluasi hal 228)
1x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 191 – 228)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet


SEJARAH XI SILABUS 2

Nama Sekolah         : SMA                                                                                                                     SILABUS
Program                  : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran         : Sejarah
Kelas/Semester        : X1/2
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis Perkembangan bangsa Indonesia sejak masuknya pengaruh Barat sampai dengan Pendudukan Jepang
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.3. Menganalisis Proses Interaksi Indonesia-Jepang dan Dampak Pendudukan Militer Jepang terhadap Kehidupan Masyarakat di Indonesia
Pendudukan Jepang atas Indonesia
·          Latar belakang Jepang menguasai Indonesia




·          Menonton film The Last Samurai tentang Restorasi Meiji Jepang atau membaca berbagai literatur mengenai Restorasi Meiji


·          Menjelaskan latar belakang Jepang menguasai Indonesia





·          Portofolio








·          Uraian Analitis







·          Carilah dan tontonlah film The Last Samurai yang dibintangi oleh Tom Cruise! Kaitkan dan analisislah cerita dalam film tersebut dengan Restorasi Meiji pada abad ke-19! Buatlah tulisan berbentuk analisis tentang  nilai-nilai dari peristiwa Restorasi Meiji dan kemunculan Jepang sebagai bangsa penjajah didukung oleh berakhirnya kekuasaan para samura dan digantikan oleh para Shogun? (Analitika 244)


2x45 menit


·            Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 229 – 248)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet
·          Zaman pendudukan Jepang di Indonesia
·          Mendeskripsikan zaman pendudukan Jepang di Indonesia
·          Mendeskripsikan pemerintahan Jepang di Indonesia pada awal dan akhir masa pendudukan





·          Mendeskripsikan dampak kebijakan politik, ekonomi, sosial, dan budaya pemerintah pendudukan Jepang terhadap kehidupan masyarakat di berbagai daerah
·          Portofolio 







·          Tes Tertulis
·          Karya Tulis dan Gambar





·          Pilihan Ganda







·          Uraian

·          Buatlah atau carilah sebuah gambar yang menceritakan tentang kekejaman pendudukan Jepang di Indonesia! Lalu, buatlah sebuah karya tulis mengenai opini dan pandanganmu tentang kekejaman kolonialisme Jepang! (Aktivitas 244)
·          Pemberontakan terhadap Jepang yang dilakukan di Aceh dipmpin oleh ...
a.        Tengku Abdul Jalil
b.        H. Madriyan
c.        Zaenal Mustofa
d.        Teuku Hamid
e.        Supriyadi (Evaluasi hal 245 – 248)
·          Adakah pemberontakan pada masa pendudukan Jepang? Uraikan! (Evaluasi hal 247)
3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 229 – 248)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet




SEJARAH XI SILABUS 2

Nama Sekolah         : SMA                                                                                                                     SILABUS
Program                  : Ilmu Pengetahuan Sosial
Mata Pelajaran         : Sejarah
Kelas/Semester        : X1/2
Standar Kompetensi : 3. Menganalisis Sejarah Dunia yang Mempengaruhi Sejarah Bangsa Indonesia dari Abad ke-18 sampai dengan Abad ke-20
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1. Membedakan Pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap Perkembangan Pergerakan Nasional Indonesia
Peristiwa-Peristiwa Penting di Amerika dan Eropa serta Pengaruhnya Bagi Indonesia
·          Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia







·          Mendiskusikan jalannya Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia





·          Mendeskripsikan jalannya Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia







·          Unjuk Kerja









·          Diskusi









·          Diskusikanlah jalannya Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia!









3x45 menit





·            Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 249 – 285)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet

·          Pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia


·          Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia

·          Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Prancis, Revolusi Amerika, dan Revolusi Rusia terhadap perkembangan pergerakan nasional Indonesia

·          Tes Tertulis





·          Pilihan Ganda




·          Uraian



·          Pengganti Lenin untuk memimpin Uni Sovyet adalah ...
a.        Thorsky        d. Zinonov
b.        Stalin            e. Lazimir
c.        Nicolas (Evaluasi hal 276 – 278)
·          Uraikan pengaruh peristiwa penting di Eropa dengan kehidupan Indonesia! (Evaluasi hal 278)
3x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 249 – 285)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet

3.2. Menganalisis pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia
·          Pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia

·          Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia

·          Mengidentifikasi pengaruh Revolusi Industri di Eropa terhadap Perubahan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia

·          Tes Tertulis





·          Pilihan Ganda




·          Uraian



·          Revolusi Inggris pertama berkembang di  ...
a.        Portugis        d. Inggris
b.        Spanyol        e. Amerika Serikat
c.        Belanda (Evaluasi hal 279 – 285)
·          Jelaskan akibat-akibat yang ditimbulkan oleh Revolusi Industri! (Evaluasi hal 285)
1x45 menit
·            Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 249 – 285)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP/Slide
·            Buku penunjang
·            Internet