02 April 2011

Sejarah SMA X Silabus 1




SEJARAH X SILABUS  1

Nama Sekolah         : SMA                                                                                                                     SILABUS
Mata Pelajaran         : Sejarah
Kelas/Semester        : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1. Menjelaskan Pengertian dan Ruang Lingkup Sejarah
Hakikat dan Ruang Lingkup Ilmu Sejarah
·     Pengertian Sejarah


·     Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal usul kata dan pandangan para tokoh mengenai sejarah melalui internet


·   Mendeskripsikan pengertian sejarah berdasarkan asal usul kata dan pandangan para tokoh



·       Tugas Individu


·      Tertulis


·     Buatlah silsilah keluarga Anda, kemudian tulislah sejarah keluarga Anda dalam bentuk karangan! (hal 7)


1x45 menit


·   Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 1 – 7)
·    Peta konsep
·    OHP
·    Buku-buku penunjang
·    Internet

·          Internet
·          Buku sumber
·    Sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni
·      Diskusi jigsaw tentang sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni dengan bahan dari buku sumber dan internet
·    Mendeskripsikan sejarah sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni
·       Unjuk Kerja
·      Diskusi jigsaw
·     Analisa dan diskusikan suatu tulisan sejarah mengapa dapat digolongkan sebagai peristiwa, kisah, ilmu, dan seni! (hal 14)
1x45 menit
·    Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 8 – 14)
·    Peta konsep
·    OHP
·    Buku-buku penunjang
·    Internet

·   Generalisasi, periodisasi, dan kronologi
·      Menyusun periodisasi hidup sejak lahir sampai saat ini dalam bentuk garis waktu
·    Memberikan contoh pengertian generalisasi, periodisasi, dan kronologi

·      Tugas Individu



·      Tertulis



·      Buatlah periodisasi hidup Anda sejak lahir sampai saat ini dalam bentuk garis waktu pada selembar kertas! (hal 18)

1x45 menit
·    Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 14 – 18)
·    Peta konsep
·    OHP
·    Buku-buku penunjang
·      Internet
·    Kegunaan Sejarah
·      Mendeskripsikan dan menemukan kegunaan sejarah dalam kehidupan serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari
·   Mendeskripsikan kegunaan sejarah secara intrinsik






·   Mendeskripsikan kegunaan sejarah secara ekstrinsik
·      Tugas Individu






·      Portofolio





·      Pilihan ganda




·      Uraian


·      Karangan analisis



·      Kata “sejarah” berasal dari bahasa Arab, yaitu
a. syajaratun d. historia
b. history  e. geschicthe
c. story (hal 24)
·      Jelaskan pengertian sejarah berdasarkan asal usul katanya! (hal 26)
·      Buatlah karangan analisis mengenai tuntutan mengkaji dan menulis kembali sejarah Indonesia! (hal 23)
1x45 menit
·    Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 19 – 26)
·    Peta konsep
·    OHP
·    Buku-buku penunjang
·    Internet




SEJARAH X SILABUS  1

Mata Pelajaran         : Sejarah                                                                                                                  SILABUS
Kelas/Semester        : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan
 Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh
Instrumen
1.2. Mendeskripsikan Tradisi Sejarah dalam Masyarakat Indonesia Masa Praaksara dan Masa Aksara
Tradisi Sejarah Masyarakat Indonesia
·   Cara masyarakat masa prasejarah mewariskan masa lalunya
·   Tradisi masyarakat masa prasejarah



·    Meneliti cara masyarakat masa prasejarah mewariskan masa lalunya dan perkembangan tradisi masyarakat prasejarah




·    Mendeskripsikan cara masyarakat masa prasejarah mewariskan masa lalunya
·    Mengidentifikasi tradisi masyarakat masa prasejarah




·     Portofolio


·     Unjuk Kerja



·       Uraian analisis


·       Diskusi



·       Buatlah uraian analisis mengenai tradisi bercerita di daerah Anda! (hal 32)
·       Diskusikanlah tradisi masyarakat masa prasejarah (hal 36)





1x45 menit



·    Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 27 – 36)
·    Peta konsep
·    OHP
·    Buku-buku penunjang
·    Internet

·   Jejak sejarah di dalam folklor, mitologi, legenda, upacara, dan nyanyian rakyat di berbagai daerah
·    Membaca dan mendiskusikan berbagai sumber tentang folklor, mitologi, legenda, upacara, dan nyanyian rakyat di berbagai daerah
·    Mengidentifikasi jejak sejarah di dalam folklore, mitologi, legenda, upacara, dan nyanyian rakyat dari berbagai daerah di Indonesia
·      Unjuk Kerja







·       Diskusi


·      Diskusikanlah mengenai mite, legenda, nyanyian rakyat, dan upacara yang ada di daerah asalnya dan fakta sejarah apa yang terkandung di dalamnya! (hal 47)
1x45 menit
·    Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 36 – 47)
·    Peta konsep
·    OHP
·    Buku-buku penunjang
·    Internet



·   Tradisi  sejarah masyarakat masa sejarah
·    Membaca dan mencari berbagai sumber tentang dan tradisi sejarah masyarakat dari berbagai daerah kemudian menyusun dalam bentuk karangan analisis
·    Mengidentifikasi tradisi sejarah masyarakat masa sejarah dari berbagai daerah di Indonesia
·     Portofolio

·      Karangan analisis
·      Buatlah tulisan analisis mengenai kemiripan kebudayaan Indonesia dengan kebudayaan India! (hal 54)
1x45 menit
·    Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 47 – 54)
·    Peta konsep
·    OHP
·    Buku-buku penunjang
·    Internet

·   Perkembangan penulisan sejarah di Indonesia
·    Mengamati dan membaca buku sumber untuk Mengidentifikasikan perkembangan penulisan di Indonesia
·    Mengidentifikasi perkembangan penulisan sejarah di Indonesia





·    Memberikan contoh lima unsur tradisi dan sistem kebudayaan manusia
·     Tugas Individu





·    Portofolio

·      Pilihan ganda




·      Uraian

·      Karangan analitis



·      Kisah Mahabharata dan Ramayana termasuk...
a. pantun           d. Epos
b.permainan rakyat e. argot
c. cerita rakyat (hal 60)
·      Sebutkan ciri-ciri dan tradisi lisan! (hal 62)
·      Buatlah uraian pendapat mengenai lima unsur  tradisi dan kepercayaan di dalam struktur dan pola kehidupan leluhur anda! (hal 59)
1x45 menit
·    Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 55 – 62)
·    Peta konsep
·    OHP
·    Buku-buku penunjang
·    Internet



SEJARAH X SILABUS  1

Mata Pelajaran         : Sejarah                                                                                                                  SILABUS
Kelas/Semester        : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan
Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.3. Mendeskripsikan Tradisi Sejarah dalam Masyarakat Indonesia Masa Pra-Aksara dan Masa Aksara
Menggunakan Prinsip-prinsip Dasar Penelitian Sejarah
·      Langkah-langkah dalam penelitian sejarah




·      Diskusi tentang langkah-langkah dalam penelitian sejarah




·      Mendeskripsikan langkah-langkah dalam penelitian sejarah





·    Portofolio







·   Karangan analitis






·      Carilah artikel tentang sejarah kemudian buatlah karangan analitis mengenai topik, heuristik, verifikasi, interpretasi, dan kesalahan dalam artikel tersebut! (hal 80)




1x45 menit



·    Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 63 – 80)
·    Peta konsep
·    OHP
·    Buku-buku penunjang
·    Internet
·           
·      Sumber, bukti, dan fakta sejarah
·      Diskusi tentang sumber, bukti, dan fakta sejarah
·      Mendeskripsikan sumber , bukti, dan fakta sejarah

·   Portofolio



·   Karangan analitis

·       Carilah sebuah fakta sejarah dari artikel atau internet. Tentukanlah apakah fakta sejarah tersebut termasuk fakta mental atau fakta sosial dalam bentuk uraian analitis! (hal  83)

1x45 menit
·    Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 80 – 83)
·    Peta konsep
·    OHP
·    Buku-buku penunjang
·    Internet

·      Jenis-jenis sejarah
·      Melakukan studi pustaka mengenai jenis-jenis sejarah
·      Mendeskripsikan jenis sejarah ekonomi, politik, sosial, dan kebudayaan


·   Tugas individu




·   Tertulis






·       Buatlah laporan penelitian tentang kejadian di Indonesia berdasarkan jenis-jenis sejarah

1x45 menit
·    Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 83 – 88)
·    Peta konsep
·    OHP
·    Buku-buku penunjang
·    Internet

·      Prinsip-prinsip dasar dalam penelitian sejarah lisan
·      Melakukan penelitian mengenai narasumber sejarah lisan
·      Mendeskripsikan  prinsip-prinsip dasar dalam penelitian sejarah lisan
·   Portofolio

·   Karangan analitis

·      Carilah sebuah fenomena atau yang berasal dari narasumber sejarah lisan! Buatlah uraian kritik tentang kredibilitas narasumber dan isi kisah atau fenomena tersebut! (hal 94)
1x45 menit
·    Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 89 – 94)
·    Peta konsep
·    OHP
·    Tape recorder
·    Daftar pertanyaan
·      Peristiwa, peninggalan sejarah, dan monumen peringatan peristiwa bersejarah
·          Mengidentifikasi peristiwa, peninggalan sejarah, dan monumen peringatan peristiwa bersejarah di daerah tempat tinggal melalui observasi
·          Mengidentifikasi peristiwa, peninggalan sejarah, dan monumen peringatan peristiwa bersejarah
·   Tugas individu








·   Pilihan ganda






·   Uraian



·      Pengumpulan informasi untuk suatu topik penelitian sejarah disebut...
a. hipotesis d. heuristik
b. baconian e. verifikasi
c. dikotomi (hal 94-100 dan hal 101 -105)
·      Sebutkan dan jelaskan langkah-langkah penelitian sejarah! (hal 100 dan 106)
1x45 menit
·    Buku sumber Sejarah SMA – ESIS (hal 94 – 106)
·    Peta konsep
·    OHP
·    Buku-buku penunjang
·    Internet



No comments: