SEJARAH X RPP5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
SMA/MA. : ………………………………………………..
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Prinsip Dasar Ilmu Sejarah
Kompetensi Dasar : 1.2. Mendeskripsikan Tradisi Sejarah dalam Masyarakat
Indonesia Masa Praaksara dan Masa Aksara
Indikator : - Mendeskripsikan cara masyarakat masa prasejarah
mewariskan masa lalunya
- Mengidentifikasi tradisi masyarakat masa prasejarah
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan cara masyarakat masa prasejarah mewariskan masa lalunya
- Menyebutkan ciri-ciri tradisi lisan
- Mengidentifikasi tradisi masyarakat masa prasejarah pada sistem kepercayaan, mata pencaharian, kemasyarakatan, budaya dan seni, dan pengetahuan
B. Materi Pembelajaran
- Cara masyarakat masa prasejarah mewariskan masa lalunya
- Tradisi lisan
- Tradisi masyarakat masa prasejarah pada sistem kepercayaan, mata pencaharian, kemasyarakatan, budaya dan seni, dan pengetahuan
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan pada peserta didik mengenai pengertian masa prasejarah.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan materi dengan transparansi peta konsep mengenai cara masyarakat masa prasejarah mewariskan masa lalunya (hal 28).
· Guru menerangkan dengan singkat mengenai unsur-unsur tradisi dan sistem kebudayaan manusia (hal 32).
· Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok untuk melakukan unjuk kerja diskusi secara kelompok mengenai tradisi masyarakat masa prasejarah (Aktivitas hal 36).
· Peserta didik ditugaskan membuat uraian analisis mengenai tradisi bercerita di daerahnya. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya (Aktivitas hal 32).
3. Kegiatan Penutup
· Bersama-sama melakukan refleksi materi yang telah dibahas.
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMA - ESIS
- Buku sumber Sejarah SMA – ESIS
- Peta konsep
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
· Unjuk kerja dalam bentuk diskusi mengenai tradisi masyarakat masa prasejarah (Aktivitas hal 36).
· Portofolio dalam bentuk uraian analisis mengenai tradisi bercerita di daerahnya.
Lembar Penilaian Diskusi
Hari/Tanggal : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat : ……………………………………………………..
| No | Sikap/Aspek yang dinilai | Nama Kelompok/ Nama peserta didik | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
| Penilaian kelompok | ||||
| 1. | Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik | | | |
| 2 | Kerjasama kelompok | | | |
| 3 | Hasil tugas | | | |
| Jumlah Nilai Kelompok | | | ||
| Penilaian Individu Peserta didik | ||||
| 1. | Berani mengemukakan pendapat | | | |
| 2. | Berani menjawab pertanyaan | | | |
| 3. | Inisiatif | | | |
| 4. | Ketelitian | | | |
| Jumlah Nilai Individu | | | ||
Format Penilaian Portofolio
| Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif | Deskripsi | |
| Pengantar | | | | Menunjukkan dengan tepat isi karangan/laporan penelitian, kesimpulan maupun rangkuman. Untuk peta, skema, dan lukisan, mempersiapkan bahan-bahan. |
| Isi | | | | Kesesuaian antara judul dengan isi dan materi. Menguraikan hasil karangan/laporan penelitian, kesimpulan, dan rangkuman dengan tepat. Menjabarkan peta dan skema sesuai dengan tema yang diajukan. Melukis sesuai dengan wujud benda yang telah ditentukan. |
| Penutup | | | | Memberikan kesimpulan karangan/hasil penelitian |
| Struktur/logika penulisan | | | | Penggambaran dengan jelas metode yang dipakai dalam karangan/penelitian |
| Orisinalitas karangan | | | | Karangan/penelitian, kesimpulan, rangkuman, peta, skema, dan lukisan merupakan hasil sendiri |
| Penyajian, bahasan dan bahasa | | | | Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif |
| Jumlah | | | | |
Kriteria Penilaian :
| Kriteria Indikator | Nilai Kualitatif | Nilai Kuantitatif |
| 80-100 | Memuaskan | 4 |
| 70-79 | Baik | 3 |
| 60-69 | Cukup | 2 |
| 45-59 | Kurang cukup | 1 |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................

No comments:
Post a Comment