06 May 2011

Sejarah SMP VII RPP 16



SEJARAH VII RPP 16
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Perkembangan Masyarakat sejak Masa Hindu-
                                                      Buddha sampai Masa Kolonial Eropa
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan   
                                                         dan pemerintahan pada masa Hindu-Buddha di Indonesia
                                                         serta peninggalan-peninggalannya
Indikator                                 :  -    Mendeskripkan perkembangan kerajaan-kerajaan Hindu-
                                                        Buddha di Indonesia
-          Mengidentifikasi letak kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan perkembangan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
·         Mengidentifikasi letak kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia

B.     Materi Pembelajaran
·         Perkembangan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia
·         Letak kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia

C.    Metode Pembelajaran
Inquiri dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kerajaan nasional pertama di Indonesia.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Guru menugaskan peserta didik secara berkelompok untuk membuat daftar pertanyaan mengenai perkembangan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
·         Guru menugaskan peserta didik menjawab dan menunjukkan pada peta mengenai letak kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Guru menugaskan peserta didik untuk membuat silsilah Kerajaan Majapahit hingga masa keruntuhannya. Silsilah dibuat pada karton ukuran besar. (Produk hal 89). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP VII - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP VII – ESIS (hal 67 - 90)
·         Peta konsep
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
·         Produk dalam bentuk silsilah Kerajaan Majapahit yang dibuat pada karton ukuran besar. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya. (Produk hal 89)

Rubrik Penilaian
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang bentuk silsilah




Pemahaman tentang maksud kegiatan




Kemampuan membuat silsilah




Kualitas silsilah




Keindahan dan Kerapian




Kemampuan menjawab pertanyaan




Nilai rata-rata




Komentar

Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55






Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran


……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: