20 April 2011

Ekonomi SMP VIII RPP 5



EKONOMI VIII RPP 5

RENCANA PEMBELAJARAN V

Mata Pelajaran   :     Ekonomi
Materi Pokok     :     Sistem Perekonomian Indonesia dan Pelaku-pelaku Ekonomi
Kelas                  :     VIII (delapan)
Waktu                :     8 JP

I.       Pertemuan ke-1
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian                                        Indonesia.
         B.     Indikator
                  Mendeskripsikan arti sistem ekonomi dan macam-macamnya.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku  Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan secara garis besar materi tentang                                                                        arti sistem ekonomi dan macam-macamnya.
                  2.      Siswa membaca materi dalam buku
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                          jawab.
                  4.      Siswa diberi kesempatan bertanya tentang materi yang belum jelas.
                  5.      Siswa diminta untuk dapat membedakan macam-macam system ekonomi.
                  6.      Guru memberikan tes lisan kepada siswa
         E.      Penilaian
                  1.      Penilaian terhadap kemampuan siswa menjawab pertanyaan secara lisan.
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                 
II.     Pertemuan ke-2
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian                                        Indonesia.
         B.     Indikator
                  Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan macam-macam sistem ekonomi.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Siswa diminta untuk terlebih dahulu membaca buku materi, maupun buku-                               buku lain yang relevan dengan materi pelajaran kebaikan dan kelemahan                                macam-macam sistem ekonomi.
                  2.      Guru menjelaskan materi pelajaran tentang kebaikan dan kelemahan                                          macam-macam sistem ekonomi.
                  3.      Guru dan siswa melakukan tanya jawab
                  4.      Siswa dibantu guru menyimpulkan materi
                  5.      Guru memberi ulangan harian berupa tes tertulis.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil tes tertulis siswa

III.    Pertemuan ke-3
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian                                        Indonesia.
         B.     Indikator
                  Mengidentifikasi ciri-ciri utama perekonomian Indonesia.
         C.     Media dan Sumber
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi pelajaran tentang ciri-ciri utama perekonomian                           Indonesia.
                  2.      Siswa membaca buku materi pelajaran, maupun buku-buku sumber lain                                     yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                          jawab.
                  4.      Siswa diminta untuk menjelaskan ciri-ciri uama perekonomian Indonesia.
                  5.      Guru memberikan tes tertulis kepada siswa.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil tes tertulis siswa

IV.    Pertemuan ke-4
         A.     Kompetensi Dasar
                  Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian                                        Indonesia.
         B.     Indikator
                  Mengidentifikasi kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi Indonesia.
§    Guru PS Ekonomi
§    Alat tulis lengkap
§    Buku Ekonomi dan MTs Esis kelas VIII
§    Buku-buku lain yang relevan dengan materi
         D.     Skenario Pembelajaran
                  1.      Guru menjelaskan materi pelajaran tentang kebaikan dan kelemahan                                          sistem ekonomi Indonesia.
                  2.      Siswa membaca buku materi pelajaran, maupun buku-buku sumber lain                                     yang relevan dengan materi pelajaran.
                  3.      Guru dan siswa mendiskusikan materi pelajaran sambil melakukan tanya                          jawab.
                  4.      Guru meminta siswa untuk menyimpulkan kebaikan dan kelemahan sistem                               ekonomi Indonesia.
                  5.      Guru membantu siswa menyimpulkan materi pelajaran, dan menambahkan                                apabila terdapat hal-hal yang masih perlu ditambahkan dalam kesimpulaan                             yang diungkapkan oleh siswa.
                  6.      Guru memberi tugas yang dikerjakan di rumah kepada siswa.
         E.      Penilaian
                  1.      Partisipasi siswa dalam tanya jawab secara lisan
                  2.      Kemampuan siswa dalam memahami materi
                  3.      Penilaian hasil PR siswa

No comments: