02 May 2011

Kimia SMP VII RPP 4



KIMIA vii RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                         :    SMP
Kelas / Semester           :    VII (tujuh) / Semester 1
Mata Pelajaran            :    IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Standar Kompetensi     :    2.     Memahami klasifikasi zat.
Kompetensi Dasar        :    2.4. Membandingkan sifat unsur, senyawa, dan campuran.
Indikator                      :    1.     Membandingkan ciri unsur, senyawa, dan campuran berdasarkan pengamatan.
                                           2.     Membuat bagan klasifikasi materi secara sederhana berdasarkan ciri-ciri zat (unsur, senyawa, dan campuran).
                                           3.     Mengelompokkan zat-zat ke dalam campuran homogen dan hetero-gen dalam kehidupan sehari-hari.
Tujuan Pembelajaran  :    Peserta didik dapat:
                                           1.     Menjelaskan pengertian campuran.
                                           2.     Mengidentifikasi sifat unsur, senyawa, dan campuran
                                           3.     Membedakan antara unsur, senyawa, dan campuran.
4.     Menjelaskan pengertian campuran homogen dan campuran heterogen.
                                           5.     Mengidentifikasi campuran homogen dan campuran heterogen.
                                           6.     Membedakan campuran homogen dan campuran heterogen.
                                           7.     Menuliskan contoh campuran homogen dan campuran heterogen yang ada di sekitarnya.
                                           8.     Membedakan antara koloid dan suspensi.
Materi Pembelajaran   :    Unsur, Senyawa dan Campuran
Metode Pembelajaran  :    Model
                                           -    Direct Instruction (DI)
                                           -    Cooperative Learning
                                           Metode
                                           -    Diskusi kelompok
                                           -    Ceramah

Langkah-langkah Kegiatan
PERTEMUAN PERTAMA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Apakah awan tergolong campuran?
             -     Apakah sifat campuran sama dengan zat penyusunnya?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Apakah yang dimaksud dengan campuran?
             -     Apakah ciri-ciri campuran?

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian campuran.
       .      Wakil tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa campuran yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan sifat dari unsur, senyawa dan campuran.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok mengenai perbedaan antara senyawa dan campuran dengan mengisi tabel sebagai berikut:




No
Dasar perbedaan
Senyawa
Campuran
1
Proses pembentukan


2
Proses pemisahan


3
Sifat dengan zat penyusun


4
Perbandingan zat penyusun



       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberikan penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman kegiatan.


PERTEMUAN KEDUA

a.    Kegiatan Pendahuluan
       .      Motivasi dan apersepsi
             -     Tergolong campuran apakah larutan gula?                      
             -     Apakah susu tergolong suspensi atau koloid?
       .      Prasyarat pengetahuan
             -     Apakah yang dimaksud dengan campuran homogen dan campuran heterogen?
             -     Apakah yang dimaksud dengan suspensi dan koloid?

b.    Kegiatan Inti
       .      Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian campuran homogen dan campuran heterogen.
       .      Wakil tiap kelompok diminta untuk menyebutkan beberapa campuran homogen dan campuran heterogen yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) menuliskan penyusun campuran homogen dan campuran heterogen yang telah disebutkan oleh perwakilan dari tiap kelompok.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan jenis-jenis campuran heterogen (suspensi dan koloid) berikut contohnya.
       .      Peserta didik berdiskusi kelompok untuk membuat kesimpulan dari hasil diskusi.
       .      Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal.
       .      Guru menanggapi hasil diskusi peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.

c.    Kegiatan Penutup
       .      Guru memberi penghargaan kepada kelompok dengan kinerja baik.
       .      Peserta didik (dibimbing oleh guru) berdiskusi untuk membuat rangkuman.
       .      Guru memberikan tugas rumah berupa latihan soal.

Sumber Belajar
a.    Buku IPA Kimia Jl.1 (Esis) halaman 32-49.
b.    Buku referensi yang relevan.

Penilaian Hasil Belajar
a.    Teknik Penilaian:
       -      Tes unjuk kerja          
b.    Bentuk Instrumen:
       -      Tes identifikasi
c.    Contoh Instrumen:
       -      Contoh tes identifikasi
             Manakah yang merupakan campuran homogen dan campuran heterogen dari jenis-jenis campuran di bawah ini?

             -    susu                                         -   sirup obat batuk
             -    air gula                                     -   campuran air dan batu kerikil
             -    tinta                                          -   air garam


                                           ...............,...................
Mengetahui
Kepala SMP                                                                                                     Guru Mata Pelajaran



.........................                                                                                               ...................................
NIP.                                                                                                                 NIP.

2 comments:

Anonymous said...

thx pak agus...saya sangat terbantu. (ira - tangsel)

AGUS SUHENDI said...

Sama-sama