GEOGRAFI VII RPP 23
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran : Geografi
Kelas/ Semester : VII (tujuh)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 4. Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Kompetensi Dasar : 4.4. Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadi di atmosfer dan hidrosfer serta dampaknya terhadap kehidupan
Indikator : - Mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh cuaca dan iklim terhadap kehidupan di muka bumi
- Menggunakan alat-alat pengukur cuaca dan iklim
Alokasi Waktu : 1x45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
- Menjelaskan unsur-unsur cuaca dan iklim.
- Menggunakan alat-alat pengukur cuaca dan iklim
B. Materi Pembelajaran
- Unsur-unsur cuaca dan iklim
- Alat pengukur cuaca, iklim, dan cara kerjanya
C. Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill.
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesepuluh
1. Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
· Memberi salam dan mengabsen.
· Apersepsi materi: guru menanyakan siswa tentang kaitan antara atmosfer dengan cuaca dan iklim, serta siswa menyebutkan unsur-unsur cuaca dan iklim.
2. Kegiatan Inti: 25 menit
· Guru menunjuk siswa untuk mempresentasikan laporan pengamatannya selama satu minggu tentang keadaan awan.
· Bersama-sama mendiskusikan hasil pengamatan masing-masing.
· Siswa mengumpulkan laporan pengamatan masing-masing untuk diberi penilaian oleh guru.
3. Kegiatan Penutup: 10 menit
· Guru memberikan penegasan terhadap hasil diskusi siswa.
· Menarik kesimpulan materi yang telah dibahas.
· Penugasan individu, siswa membuat kliping tentang kejadian cuaca dari berbagai media, baik cetak maupun elektronik (lihat Portofolio hal 117). Tugas ini dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
- Buku sumber Geografi SMP – ESIS
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Alat pengukur cuaca dan iklim
- OHP atau Slide Proyektor
- Internet
F. Penilaian
1. Teknik : Unjuk Kerja
Bentuk tagihan : Laporan Pengamatan
Topik : Lakukan pengamatan awan selama satu minggu! Catat dan gambarkan awan yang terlihat pada siang hingga sore hari, kemudian cocokkan dengan cuaca pada hari itu!
Rubrik Penilaian Laporan Pengamatan
| Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Pengetahuan tentang bentuk-bentuk awan | | | | |
| Pemahaman terhadap cuaca harian | | | | |
| Kelengkapan pengumpulan data pada setiap harinya | | | | |
| Kemampuan menggambarkan awan | | | | |
| Kemampuan untuk menghubungkan bentuk awan dan cuaca yang terjadi | | | | |
| Laporan disusun secara sistematis dan mudah dipahami | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar | ||||
2. Teknik : Portofolio
Bentuk tagihan : Kliping
Topik : Buatlah sebuah kliping dari majalah, surat kabar, atau internet mengenai artikel yang berkaitan dengan kejadian cuaca yang menjadi berita karena menimbulkan kerugian bagi manusia!
Rubrik Penilaian Kliping
| Aspek yang dinilai | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Pengetahuan tentang berbagai macam cuaca yang merugikan | | | | |
| Pemahaman tentang masalah yang dapat timbul akibat cuaca | | | | |
| Pencantuman sumber kliping | | | | |
| Pencantuman komentar pada setiap artikel | | | | |
| Kerapihan dan kebersihan kliping | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar | ||||
Kriteria Penilaian:
| Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
| Memuaskan | 4 | > 80 |
| Baik | 3 | 68 - 79 |
| Cukup | 2 | 56 - 67 |
| Kurang | 1 | < 55 |
Mengetahui, …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan …………….. Guru Geografi
____________________________ _________________________
NIP/NRK. NIP/NRK.

No comments:
Post a Comment