GEOGRAFI VII RPP 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan                  : SMP .........................................................................
Mata Pelajaran                        : Geografi
Kelas/ Semester                       : VII (tujuh)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami lingkungan kehidupan manusia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan
Indikator                                 : Mendeskripsikan jenis-jenis proses pelapukan menurut penyebabnya
Alokasi Waktu                        : 1x45 menit
A.    Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu untuk:
-          Mendeskripsikan proses pelapukan.
B.     Materi Pembelajaran
Pelapukan
C.     Metode Pembelajaran
Pendekatan model ICT dan life skill.
D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Kesembilan
1.      Kegiatan Pendahuluan: 10 menit
·         Memberi salam dan mengabsen.
·         Apersepsi materi: guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan menanyakan jenis-jenis pelapukan.
·         Siswa mengumpulkan tugas mengerjakan soal evaluasi (hal 31 – 32). 
2.      Kegiatan Inti: 30 menit
·           Guru membagi kelas menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri atas    3 – 4 orang. 
·           Setiap kelompok mengamati proses pelapukan yang terjadi pada batuan atau benda-benda lain di sekitar sekolah yang mengalami proses pelapukan.
·           Siswa membuat laporan hasil pengamatan kelompok masing-masing.
·           Guru menunjuk masing-masing perwakilan kelompok untuk menjelaskan hasil temuan pengamatannya.
3.      Kegiatan Penutup: 5 menit
·           Guru memberikan penegasan terhadap hasil pengamatan siswa.
·           Setiap kelompok membuat laporan pengamatan. Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E.     Sumber/ Bahan/ Alat Belajar
-          Kurikulum KTSP dan perangkatnya
-          Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP - ESIS
-          Buku sumber Geografi SMP – ESIS
-          Buku-buku penunjang yang relevan
-          OHP/ Slide Proyektor
-          Internet
F.      Penilaian
Ø  Teknik                         : Pengamatan 
Ø  Bentuk tagihan            : Laporan
Ø  Topik                           : Proses Pelapukan
Rubrik Penilaian Laporan Pengamatan
| Aspek yang dinilai | Nilai  kualitatif | Nilai  kuantitatif | Deskripsi  (Alasan) | |
| Pengantar menunjukkan isi |  |  |  |  | 
| Pengantar disajikan dengan bahasa yang   baik |  |  |  |  | 
| Isi menunjukkan data-data yang   menggambarkan bukti yang mendukung analisis (foto, sampel objek pengamatan) |  |  |  |  | 
| Isi menunjukkan analisis terhadap hasil   pengamatan |  |  |  |  | 
| Isi disajikan dengan bahasa yang baik |  |  |  |  | 
| Penutup memberi kesimpulan terhadap   masalah |  |  |  |  | 
| Penutup disajikan dengan bahasa yang   baik |  |  |  |  | 
| Ketepatan dan ketelitian dalam   pengamatan |  |  |  |  | 
| Nilai rata-rata |  |  |  |  | 
| Komentar | ||||
Kriteria Penilaian:
| Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | |
| Memuaskan | 4 | > 80 | 
| Baik | 3 | 68 - 79 | 
| Cukup | 2 | 56 - 67 | 
| Kurang | 1 | < 55 | 
Mengetahui,                                                                            …………., ……………………..
Kepala Sekolah/Yayasan ……………..                                 Guru Geografi
____________________________                                        _________________________
NIP/NRK.                                                                               NIP/NRK.

 
 
 
 Posts
Posts
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
No comments:
Post a Comment