10 May 2011

Sejarah SMP IX RPP 17



SEJARAH IX RPP 17
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 3. Memahami Usaha Mempertahankan Republik Indonesia
Kompetensi Dasar                   : 3.2. Mendeskripsikan Strategi Nasional Peristiwa Madiun/
                                                         PKI, DI/TII, G 30 S/PKI, dan Konflik-konflik Internal
                                                         Lainnya
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan peristiwa pemberontakan PKI Madiun/
                                                        1948
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan peristiwa pemberontakan PKI Madiun/1948

B. Materi Pembelajaran
·           Pemberontakan PKI Madiun/1948

C. Metode Pembelajaran
·                Pembelajaran melalui ICT dan pemberian tugas

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Kapan pertama kali PKI melakukan pemberontakan?”.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
·         Peserta didik mencari artikel di internet mengenai pemberontakan PKI Madiun/1948.
·         Peserta didik membuat portofolio berbentuk rangkuman berdasarkan hasil temuan dari internet.
3. Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.

E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
        • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
        • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
        • Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 89 - 100)
        • Peta konsep
        • Power point
        • OHP
        • Buku-buku penunjang yang relevan
        • Internet



F. Penilaian
  • Portofolio berbentuk rangkuman berdasarkan hasil temuan dari internet mengenai pemberontakan PKI Madiun/1948.
Rubrik Penilaian
Rubrik Penilaian

         

     
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar tentang pemberontakan DI/TII




Kemampuan menerangkan cara membuat peta tentang pemberontakan DI/TII




Kemampuan membuat peta




Kualitas peta




Keindahan dan kerapian




Kemampuan menjawab pertanyaan




Nilai rata-rata




Komentar

Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55







Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: