14 November 2011

UNIVERSITAS SEBELAS MARET ( UNS )


UNIVERSITAS SEBELAS MARET ( UNS )




Universitas Sebelas Maret

Mangesthi Luhur Ambangun Nagara
Didirikan
1976
Jenis
Perguruan Tinggi Negeri
Rektor
Prof. Dr. dr. Moch. Syamsulhadi, SpKJ.
Lokasi
Surakarta, Jawa Tengah
Situs web
www.uns.ac.id


Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret, biasa disingkat sebagai UNS, adalahuniversitas negeri yang berada di Kota Surakarta. Universitas yang giat membangun ini, menyediakan berbagai paket pendidikan diploma, sarjana, dan pascasarjana.

Sejarah.
Universitas Sebelas Maret berdiri sejak 11 Maret 1976, yang awalnya merupakan gabungan dari 5 perguruan tinggi yang ada di Surakarta. Pengabungan beberapa perguruan tinggi tersebut, mempunyai satu tujuan yang besar, yakni meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Surakarta. Setelah 5 tahun melakukan konsolidasi, UNS mempersiapkan diri untuk memulai proses perkembangannya. Pembanguan secara fisik dimulai pada tahun 1980. Di bawah kepemimpinan dr. Prakosa, kampus yang semula terletak di di beberapa tempat disatukan dalam suatu kawasan. Lokasi tersebut adalah di daerah Kenthingan, di tepi Sungai Bengawan Solo, dengan cakupan area sekitar 60 hektar. Di daerah Kenthingan inilah, pembangunan kampus tahap pertama berakhir pada tahun 1985.

Pembangunan fisik kampus yang tergolong cepat, juga diimbangi dengan perkembangan di sektor yang lain. Tahun 1986, Prof. Dr. Koento Wibisono selaku rektor berikutnya, melakukan peletakan dasar-dasar percepatan pertumbuhan, Pada masa ini, perubahan telah terjadi, seperti perkembangan yang cukup bagus dalam bidang akademik dan jumlah staf, juga dalam penguatan infrastruktur kampus.

Setelah Prof. Haris Mudjiman, Ph.D menjadi rektor berikutnya, percepatan UNS dimulai untuk melangkah ke arah yang lebih baik. Semangat dan komitmen yang tinggi untuk melakukan perubahan sangatlah dibutuhkan untuk membuat kemajuan di setiap sisi kehidupan UNS. Efek dari perubahan tersebut sangatlah mengesankan.

Sekarang ini, UNS Solo merupakan universitas muda dengan pertumbuhan yang luar biasa. Dengan berbagai potensi yang ada, misal seperti dokter bedah kulit dengan reputasi nasional (Fakultas Kedokteran), penemuan starbio dan padi tahan garam (Fakultas Pertanian), dan beberapa kemajuan yang terjadi di setiap fakultas dan unit-unit kerja lainnya. UNS juga melakukan langkah maju dalam perkembangan teknologi informasi. Dengan ekspansi jaringan teknologi informasi yang lebih besar lagi, Pusat Komputer UNS Solo membuat torehan sejarah UNS dalam buku kemajuan dan perkembangan UNS. Torehan-torehan sejarah yang lebih mengesankan lainnya akan terjadi seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan universitas ini.

Pimpinan Universitas.
Unsur Pimpinan Universitas terdiri dari:
§  Rektor,
§  Pembantu Rektor I, II, III,IV
§  Kepala Biro,
§  Dekan Fakultas,
§  Ketua Lembaga, dan
§  Direktur Program Pascasarjana.

Senat Universitas
Senat Universitas merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi pada Universitas, yang terdiri atas Guru Besar, Guru Besar Emeritus, Pimpinan Universitas, Dekan, Ketua Lembaga dan wakil dosen Fakultas. Guru Besar Luar Biasa dan Pejabat-pejabat lain dalam lingkungan Universitas dapat menjadi anggota Senat Universitas yang penetapannya dengan keputusan Rektor setelah mendapat persetujuan Senat Universitas. Senat Universitas diketuai oleh Rektor didampingi oleh seorang Sekretaris yang dipilih di antara anggota. Jabatan Sekretaris Senat Universitas setara dengan Pembantu Rektor dan jika Ketua Senat berhalangan, Sekretaris Senat dapat bertindak sebagai Ketua Senat. Masa jabatan anggota Senat Universitas wakil dosen Fakultas adalah 4 (empat) tahun, dan dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak boleh lebih dari 2 (dua) kali masa jabatan berturut-turut.


Unit Pelaksana Teknik
Peningkatan kualitas dan kompetensi lulusan merupakan tuntutan dalam pengembangan pendidikian tinggi di era globalisasi ini. Untuk itu UNS terus berupaya membekali mahasiswa dengan pengetahuan, keterampilan, teknologi dan seni. Peran-peran tersebut telah dilaksanakan dengan baik oleh beberapa unit penunjang pendidikan atau Unit Pelaksana Teknik (UPT), antara lain:
§  UPT Perpustakaan
§  UPT Komputer
§  UPT Pelayanan dan Pengembangan Bahasa (UPT P2B),
§  UPT Mata Kuliah Umum (MKU),
§  UPT UNS Press, dan
§  UPT Laboratorium MIPA Pusat.
Program Studi Pascasarjana UNS
Strata 2 (S2)
§  Prodi Linguistik (Minat Utama Linguistik Deskriptif dan Minat Utama Linguistik Penerjemahan)
§  Prodi Ilmu Lingkungan
§  Prodi Magister Akuntansi
§  Prodi Magister Manajemen
§  Prodi Kedokteran Keluarga
§  Prodi Teknologi Pendidikan (Minat Utama Medical Education)
§  Prodi Ilmu Keolahragaan
§  Prodi Pendidikan Kependudukan & Lingkungan Hidup (Minat Utama Pendidikan Geografi)
§  Prodi Pendidikan Sains
§  Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia
§  Prodi Pendidikan Matematika
§  Prodi Ilmu Komunikasi (Konsentrasi Manajemen Komunikasi, Konsentrasi Riset & Pengembangan Teori Komunikasi)
§  Prodi Pendidikan Sejarah
§  Prodi Agronomi
§  Prodi Ilmu Hukum (Konsentrasi Hukum Kebijakan Publik, Konsentrasi Hukum Bisnis, Konsentrasi Hukum Pidana Ekonomi)
§  Prodi Penyuluhan Pembangunan
§  Prodi Ilmu Gizi
§  Prodi Biosain
§  Prodi Pendidikan Bahasa Inggris
§  Prodi Pendidikan Ekonomi
Strata 3 (S3)
§  Prodi Linguistik
§  Program Doktor Ilmu Ekonomi

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Sebelas_Maret
www.uns.ac.id/


No comments: