14 November 2011

UNIVERSITAS KRISTEN PETRA ( PETRA )


UNIVERSITAS KRISTEN PETRA ( PETRA )





Universitas Kristen Petra
Didirikan
22 september 1961
Jenis
Perguruan Tinggi Swasta
Rektor
Prof. Ir. Rolly Intan M.A.Sc., Dr.Eng.
Lokasi
Siwalankerto 121-131 Surabaya;            Telp.: +62 31 8439040, 8394830-31;      Fax: +62 31 8436418
Situs web
www.petra.ac.id

Universitas Kristen Petra (UK Petra) merupakan perguruan tinggi swasta nasional di Jawa Timur. Universitas yang berdiri sejak tahun 1961 ini senantiasa memfokuskan setiap upaya pada pengembangan kualitas pendidikan terbaik.

Saat ini UK Petra memiliki mahasiswa sekitar 10.000 orang yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Pendidikan yang diselenggarakan meliputi program Pascasarjana dan Strata 1 (S1) yang terdiri dari enam Fakultas yaitu: Fakultas Sastra, Fakultas Teknik Sipil & Perencanaan, Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Seni & Desain, serta Fakultas Ilmu Komunikasi. Selain program pendidikan akademik, UK Petra juga menyelenggarakan beberapa program profesional yang memberikan pengetahuan dan ketrampilan praktis bagi para profesional maupun siswa SMA/SMK.

Seluruh proses belajar mengajar dan aktivitas penyelenggaraan perguruan tinggi diselenggarakan di area seluas 101.782 m2, berlokasi di jalan Siwalankerto 103-105, 121-131, dan 142-144 Surabaya, yang mudah diakses dengan berbagai sarana transportasi.

Program
Pasca Sarjana
§  Magister Teknik Sipil
Sarjana
FAKULTAS SASTRA
§  Sastra Inggris
1.  Linguistik (Ilmu Bahasa)
2.  Literature (Ilmu Sastra)
§  Sastra Tionghoa
FAKULTAS TEKNIK SIPIL & PERENCANAAN
§  Teknik Sipil
1.  Disain
2.  Konstruksi
§  Arsitektur
]FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
§  Teknik Elektro
1.  Teknik Energi Listrik
2.  Sistem Kontrol Elektronika
3.  Telematika
§  Teknik Industri
§  Teknik Mesin
1.  Program Teknik Mesin
1. Disain
2. Manufaktur
3. Konversi Energi
2.  Program Otomotif
§  Teknik Informatika
1.  Program Informatika
1. Informatika
2. Teknologi Informasi
2.  Program Sistem Informasi Bisnis
FAKULTAS EKONOMI
§  Akuntansi
1.  Program Akuntansi Bisnis
2.  Program Akuntansi Pajak
§  Manajemen
1.  Program Manajemen Bisnis
2.  Program Manajemen Perhotelan
1. Restaurant Management
2. Service Management
3.  Program Manajemen Kepariwisataan
1. Tour & Travel Management
2. Mall & Retail Management
4.  International Business Management Program
5.  Program Manajemen Pemasaran
1. Brand Communication
2. Sales Management
6.  Program Manajemen Keuangan
1. Personal Finance (Perancang Keuangan)
2. Business Valuation (Penilaian Bisnis)
3. Risk Management (Manajemen Resiko)
FAKULTAS SENI & DESAIN
§  Disain Interior
§  Disain Komunikasi Visual
FAKULTAS ILMU KOMUNIKASI
§  Ilmu Komunikasi

Layanan Dan Aktivitas Mahasiswa.
Saat ini mahasiswa UK Petra berasal dari beragam latar belakang budaya. Mereka tidak hanya berasal dari Jawa Timur tetapi juga dari propinsi-propinsi lain di pulau Jawa dan daerah-daerah di Kawasan Timur Indonesia. UK Petra memfasilitasi kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang diwadahi secara internal, melalui lembaga-lembaga kemahasiswaan, maupun secara eksternal melalui program kegiatan di tingkat nasional dan internasional. Berpatisipasi aktif dalam berbagai lomba-lomba yang bersifat keilmuan, olah raga dan seni budaya di dalam dan luar negeri, merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kegiatan mahasiswa di UK Petra.

Lembaga-lembaga kemahasiswaan UK Petra baik di tingkat jurusan (HIMA), fakultas (BPMF) dan universitas (MPM, BEM) menjadi sarana memperluas wawasan dan mengekspresikan diri melalui kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan bakat, minat, kemampuan serta keterampilan yang ingin dicapainya. Terdapat sekitar 40 Unit Kegiatan yang dapat diikuti mahasiswa, mulai dari kegiatan penalaran, olah raga, hingga apresiasi seni. Melalui program tersebut diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan soft skill yang sangat dibutuhkan saat mereka harus berorientasi dengan dunia kerja dan masyarakat.
UK Petra memiliki landasan komitmen yang sangat kuat untuk memfasilitasi kesempatan bagi setiap mahasiswa mengenyam pendidikan seluas-luasnya. Hal ini direalisasikan dengan menyediakan berbagai jenis beasiswa, baik bagi mereka yang berprestasi - akademik dan ekstra kurikuler - maupun bagi mereka yang ekonominya tergolong lemah. Sumber beasiswa ini tidak saja berasal dari UK Petra tapi juga dari pemerintah (Kopertis) dan beberapa industri. Selain itu, universitas juga menyediakan layanan yang berkaitan dengan kesehatan, jaminan asuransi dan dana kesejahteraan untuk mahasiswa.

Perpustakaan.
Sebagai salah satu pusat informasi yang melayani kebutuhan informasi seluruh sivitas akademika dan masyarakat umum, Perpustakaan UK Petra menyediakan berbagai jenis layanan berkualitas dengan didukung oleh teknologi informasi yang berorientasikan kepada kepuasan pengguna, seperti layanan referensi dan informasi, layanan peminjaman koleksi, layanan majalah dan jurnal, layanan audio visual, penelusuran informasi, layanan database, keanggotaan untuk masyarakat luar dan beberapa jenis layanan lainnya.

Selain koleksi dalam bentuk tercetak seperti buku dan majalah, Perpustakaan juga memiliki dan terus mengembangkan koleksi digital yang merupakan produksi lokal sebagai sumber pembelajaran seperti Digital Theses (Tugas Akhir/Tesis mahasiswa UK Petra), e-Dimensi (artikel jurnal Dimensi), Surabaya Memory (dokumentasi perkembangan kota Surabaya dari masa ke masa), Petra@rt Gallery(karya seni komunitas kampus UK Petra), Petra iPoster (poster kegiatan/acara di kampus UK Petra), Petra Chronicle (dokumen sejarah dan perkembangan UK Petra). Tidak ketinggalan koleksi audio visual dan online journal databases ProQuest yang dilanggan secara rutin. Untuk mengakses keberadaan koleksi tersebut, tersedia katalog online iSPEKTRA yang dapat diakses di http://dewey.petra.ac.id

Perpustakaan UK Petra semakin memantapkan diri menjadi pusat informasi terutama bagi sivitas akademika dengan melahirkan produk terbaru yaitu DIVo atau Desa Informasi teleVision. DIVo adalah salah satu fasilitas di Perpustakaan Universitas Kristen Petra berupa media elektronik yang menampilkan informasi dalam bentuk multimedia untuk kebutuhan seluruh pengguna Perpustakaan maupun sivitas akademika. Dengan adanya DIVo diharapkan semangat Perpustakaan untuk dapat menjadi jembatan informasi bagi seluruh jurusan dan sivitas UK Petra dapat terwujud dengan baik.

Melalui website Perpustakaan UK Petra http://library.petra.ac.id dan email library@petra.ac.id pengguna perpustakaan dapat memanfaatkan layanan perpustakaan tanpa harus hadir di perpustakaan.
Dengan motto "A caring learning zone" Perpustakaan UK Petra ingin mencapai terbentuknya masyarakat belajar melalui peran barunya sebagai pendamping dan mitra profesional bagi masyarakat akademis dan praktisi.

Penarimaan Mahasiswa Baru.
Setiap tahun, UK Petra melakukan proses seleksi penerimaan mahasiswa baru berdasarkan Penelusuran Minat dan Kemampuan melalui beberapa jalur penerimaan, yaitu:
§  Jalur Prestasi
Dilaksanakan sekitar bulan September/Oktober melalui kerjasama dengan beberapa SMA mitra. Persyaratan akademik yang harus dipenuhi adalah nilai Matematika dan bahasa Inggris dalam rapor kelas XI sesuai ketentuan yang diberlakukan UK Petra.
§  Jalur Kerjasama
Dilaksanakan sekitar bulan September/Oktober melalui kerjasama dengan beberapa SMA mitra. Jalur ini tidak mempunyai persyaratan akademis secara khusus, namun penerimaannya tetap memperhatikan nilai rapor kelas XI dan kuota jurusan/program yang diterima.
§  Jalur Umum
Jalur ini dibuka untuk umum dan dilaksanakan beberapa kali yaitu:
1.  Periode Januari: antara awal s/d akhir Januari
2.  Open House: dilaksanakan bulan Maret/April
3.  Kawasan Timur Indonesia (KTI): dilaksanakan melalui kerjasama dengan beberapa SMA di kota-kota: Denpasar, Mataram, Kupang, Ambon, Makassar, Manado, Tana Toraja, Balikpapan, Samarinda, Tarakan, Palangkaraya, Banjarmasin, Pontianak, Singkawang, Jayapura
4.  Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru periode bulan April s/d Juni.
Beasiswa yang ditawarkan di jalur tersebut di atas adalah:
§  Beasiswa Ekonomi Lemah
§  Beasiswa Putra Putri Pendeta
§  Beasiswa Olahragawan
§  Beasiswa Kawasan Timur Indonesia

Community Outrech Program.
COP adalah suatu bentuk kegiatan akademik kemahasiswaaan yang memadukan Darma Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, serta Pengabdian kepada Masyarakat sekaligus dalam satu kegiatan. Sebagai kegiatan pendidikan dan pengajaran, COP merupakan bagian integral dari kurikulum pendidikan tinggi Strata-1. Terkait penelitian, mahasiswa peserta COP mengamati, menelaah/menganalisis, menarik kesimpulan dari data dan informasi tentang permasalahan dan kebutuhan masyarakat sasaran kemudian merumuskan langkah-langkah penyelesaian dalam program kerja bersama masyarakat. Sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat, mahasiswa peserta COP dapat mengamalkan ilmu pengetahuan teknologi, dan seni (IPTEKS) yang dikuasainya secara ilmiah, melembaga dan langsung kepada masyarakat yang akan menikmati manfaat IPTEKS tersebut. Dalam konteks internasionalisasi, COP merupakan salah satu wadah pelayanan, pembelajaran dan interaksi multikultural, ilmu pengetahuan dan teknologi serta seni mahasiswa antar berbagai negara.

Sejak tahun 1996 sampai 2003 COP bermitra dengan Pemerintah Kabupaten Magetan dan telah diikuti oleh mahasiswa Universitas Dongseo - Korea Selatan, Inholland University – Belanda, Hongkong Baptist University - Hongkong. Pada tahun 2004 sampai 2014, COP berpindah lokasi di wilayah Kabupaten Kediri dengan peserta yang terus berkembang hingga saat ini (tahun 2008) 8 universitas luar negeri dari 5 negara sudah bergabung, seperti: Inholland University - Belanda, Hongkong Baptist University - Hongkong, International Christian University – Jepang, St. Andrew’s University – Jepang, Chinese University of Hongkong, Polytechnic University Hongkong dan Soochow University – Taiwán.

Mulai tahun 2003, COP dilaksanakan dengan metode Service Learning, sebuah metode pembelajaran yang mensinergikan kemampuan akademik dengan kepedulian pelayanan kepada masyarakat dalam keseluruhan aktivitas. Tema yang senantiasa menjadi patron COP adalah: “Kepedulian sosial mahasiswa yang diimplementasikan melalui aktivitas riil dalam rangka memberdayakan masyarakat desa tertinggal”. Adapun tujuan COP:

1.  Menumbuhkan kesadaran bagi mahasiswa bahwa masih sangat banyak elemen masyarakat di desa yang membutuhkan bantuan.
2.  Mendorong mahasiswa untuk melakukan kajian/riset/survei tentang permasalahan/ kebutuhan masyarakat desa dan bersama-sama mencari solusi sesuai kebutuhan nyata.
3.  Memberikan learning experience bagi mahasiswa dalam komunitas internasional. untuk belajar hidup bersama masyarakat desa sesuai pranata sosial dan budaya yang berlaku di masyarakat setempat.

Pada tahun 2008, COP terpilih oleh Dirjen DIKTI sebagai Outstanding Program dari program Tridarma Unggulan Perguruan Tinggi di Indonesia.

Continuing Education Centre.
Continuing Education Centre merupakan solution center yang membantu para profesional, masyarakat dan perusahaan untuk meng-update ilmu pengetahuan, meningkatkan skill dan mendukung peningkatan produksi serta kinerja perusahaan.
Program yang disediakan berupa

§  Regular, Private, dan Inhouse Training
Terbagi dalam bidang bisnis dan manajemen (Manajemen SDM, Kepemimpinan dan Keuangan), industri, aplikasi software dengan komputer, bahasa dan desain.

§  Testing center/Sertifikasi
Bekerja sama dengan Person VUE testing center untuk memberikan gelar profesi dengan CTRIX, IBM, CISCO, Adobe, GMAC dan NASD Bekerja sama dengan Asian Institute of Technology Bangkok untuk sertifikasi internasional di bidang sipil

§  Konsultasi Perusahaan
Jasa konsultasi yang dapat memberikan solusi kepada perusahaan. Konsultan yang menangani program ini adalah mereka yang telah ahli dibidangnya.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Universitas_Kristen_Petra

No comments: