PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN IX RPP 11
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP) 11
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
Kelas/Semester : IX/I
Standar Kompetensi : 4. Menampilkan prestasi diri sesuai dengan kemampuan demi keunggulan bangsa.
Kompetensi Dasar : 4.3 Menampilkan peran serta dalam berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri yang sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.
Indikator : · Menunjukkan berbagai aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri sesuai kemampuan demi keunggulan bangsa.
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit (2 x pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
- menunjukkan contoh-contoh aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri;
- menunjukkan upaya-upaya untuk mencapai prestasi diri;
- menunjukkan contoh-contoh prestasi diri yang dapat menunjang keunggulan bangsa;
- menunjukkan upaya-upaya agar prestasi dapat menunjang keunggulan bangsa.
B. Materi Pembelajaran
- Contoh-contoh aktivitas untuk mewujudkan prestasi diri.
- Upaya-upaya untuk mencapai prestasi diri.
- Contoh-contoh prestasi diri yang dapat menunjang keunggulan bangsa.
- Upaya-upaya agar prestasi dapat menunjang keunggulan bangsa.
- Faktor-faktor yang mendorong dan menghambat pengembangan potensi diri.
C. Metode Pembelajaran
- Diskusi
- Tanya jawab
- Ceramah bervariasi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
- Pertemuan I
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi · Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
Kegiatan Inti a. Secara berkelompok, siswa menginventarisasi berbagai aktivitas dalam kehidupan sehari-hari b. Siswa memilah aktivitas-aktivitas yang dapat mewujudkan prestasi diri. c. Siswa mendiskusikan upaya-upaya untuk mencapai prestasi diri. d. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok; kelompok yang lain menanggapi. e. Guru memberikan klarifikasi terhadap hasil diskusi. Penutup a. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa. b. Post test. c. Guru melakukan tindak lanjut dengan memberikan tugas rumah untuk pertemuan selanjutnya. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
- Pertemuan II
No | Kegiatan Belajar | Waktu | Keterangan |
1. 2. 3. | Pendahuluan a. Apersepsi Mempersiapkan kelas dalam pembelajaran (absensi, kebersihan kelas, dan lain-lain) b. Memotivasi · Melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang diajarkan.
Kegiatan Inti a. Secara berkelompok, siswa mencari contoh-contoh prestasi diri yang dapat menunjang keunggulan bangsa dari media massa. b. Setiap kelompok mendiskusikan upaya-upaya agar prestasi diri dapat menunjang keunggulan bangsa. c. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya; kelompok lain menanggapi. d. Guru memberikan klarifikasi terhadap hasil diskusi siswa. Penutup a. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan materi untuk pemahaman siswa. b. Post test. c. Siswa mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru. | 10 menit 60 menit 10 menit | |
E. Sumber Pembelajaran
- Buku Pendidikan Kewarganegaraan: untuk SMP dan MTs Kelas IX, (ESIS, 2007), hlm. 88—101
- Artikel surat kabar tentang orang-orang yang berprestasi
- Buku-buku (sumber) lain yang relevan
F. Penilaian
- Mengemukakan pendapat (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 98)
- Unjuk karya dan diskusi (buku teks kelas IX (ESIS, 2007), hlm. 99). Format penilaian dapat dilihat pada Lampiran 1.
- Tes pilihan ganda dan uraian
________, __________
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru PKn
______________ __________________