BAHASA INGGRIS XII RPP20
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 20
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan makna dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation dan discussion |
KOMPETENSI DASAR | Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
INDIKATOR | Mampu menulis suatu teks discussion tentang Indonesian migrant workers berdasarkan informasi yang diberikan sesuai struktur teks discussion Mampu menuliskan koreksi dari surat permintaan maaf Adi pada Mr Rose Mampu menulis report tentang hal-hal yang terjadi di kelas dari Adi untuk Mr. Wilson Mampu membuat satu dialog yang mengandung ungkapan denial |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Instruksi, informasi dari diskusi pertanyaan Instruksi, teks surat yang salah Instruksi, form report Instruksi |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang TKI yang bekerja di luar negeri Siswa berdiskusi tentang masalah yang dihadapi TKI di luar negeri |
INTI | Siswa menulis suatu teks discussion tentang Indonesian migrant workers berdasarkan informasi yang diberikan sesuai struktur teks discussion Siswa menemukan kesalahan tulis dan menuliskan kembali versi yang benar dari surat permintaan maaf Adi pada Mr Rose Siswa menuliskan report ke dalam form report tentang yang dialami Adi saat di kelas selama pelajaran Mr Rose Siswa membuat dan menuliskan dialog yang mengandung ungkapan denial di tempat yang disediakan |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa membacakan report yang telah ditulisnya di depan kelas Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 97, 98, 99, 106, 107 |
Material: VCD, kaset, poster | | ||
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Teks surat dengan kesalahan tulis untuk diidentifikasi dan dituliskan kembali versi yang benar Teks dialog rumpang yang mengandung ungkapan denial Gambar dan outline sebagai bahan informasi untuk menulis suatu teks discussion | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis, Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative, explanation, dan discussion
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Teks surat dengan kesalahan tulis untuk diidentifikasi dan dituliskan kembali versi yang benar | Jawaban benar Tidak menjawab / Jawaban salah | 1 0 |
Teks dialog rumpang yang mengandung ungkapan denial | Jawaban benar Tidak menjawab / Jawaban salah | 1 0 |
Gambar dan outline sebagai bahan informasi untuk menulis suatu teks discussion | Teks sesuai outline Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, tanda, baca, kurang lengkap, teks kurang sesuai dengan outline Teks tidak sesuai dengan outline | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP: