16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 20



BAHASA INGGRIS XII RPP20
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 20


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna  dalam teks tulis monolog yang berbentuk narrative, explanation dan discussion
KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis
Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menulis suatu teks discussion tentang Indonesian migrant workers berdasarkan informasi yang diberikan sesuai struktur teks discussion
Mampu menuliskan koreksi dari surat permintaan maaf Adi pada Mr Rose
Mampu menulis report tentang hal-hal yang terjadi di kelas dari Adi untuk Mr. Wilson
Mampu membuat satu dialog yang mengandung ungkapan denial
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Instruksi, informasi dari diskusi pertanyaan
Instruksi, teks surat yang salah
Instruksi, form report
Instruksi


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang TKI yang bekerja di luar negeri
Siswa berdiskusi tentang masalah yang dihadapi TKI di luar negeri
INTI
Siswa menulis suatu teks discussion tentang Indonesian migrant workers berdasarkan informasi yang diberikan sesuai struktur teks discussion
Siswa menemukan kesalahan tulis dan menuliskan kembali versi yang benar dari surat permintaan maaf Adi pada Mr Rose
Siswa menuliskan report ke dalam form report tentang yang dialami Adi saat di kelas selama pelajaran Mr Rose
Siswa membuat dan menuliskan dialog yang mengandung ungkapan denial di tempat yang disediakan
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa membacakan report yang telah ditulisnya di depan kelas
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 97, 98, 99, 106, 107

Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Teks surat dengan kesalahan tulis untuk diidentifikasi dan dituliskan kembali versi yang benar
Teks dialog rumpang yang mengandung ungkapan denial
Gambar dan outline sebagai bahan informasi untuk menulis suatu teks discussion
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa tulis, Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam teks berbentuk: narrative,  explanation, dan discussion
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Teks surat dengan kesalahan tulis untuk diidentifikasi dan dituliskan kembali versi yang benar
Jawaban benar
Tidak menjawab / Jawaban salah
1
0
Teks dialog rumpang yang mengandung ungkapan denial
Jawaban benar
Tidak menjawab / Jawaban salah
1
0
Gambar dan outline sebagai bahan informasi untuk menulis suatu teks discussion
Teks sesuai outline
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, tanda, baca, kurang lengkap, teks kurang sesuai dengan outline
Teks tidak sesuai dengan outline
8-10
6-7

4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: