16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 1



BAHASA INGGRIS XII RPP1
UNIT 1                  ECONOMICS                                                                                                      (halaman 2 s.d 25)
 
 



RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 1


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4  x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
Memahami makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, explanation dan discussion
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan dan mampu menjawab pertanyaan terkait teks
Mampu mengidentifikasi ungkapan request, offer, permission, possibility, ability, future ability, dan past ability dalam teks lisan
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks  rumpang, pilihan jawaban, teks lisan, dan daftar pertanyaan tentang international trade
Percakapan antara Brian yang memesan meja kebun pada Samian dan daftar pertanyaan terkait


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang international trade
Siswa berdiskusi tentang industri furniture di Indonesia
INTI
Siswa mendengarkan teks lisan seraya melengkapi teks rumpang dan kemudian menjawab pertanyaan terkait teks tentang international trade
Siswa mendengarkan percakapan antara Brian yang memesan meja kebun pada Samian dan menjawab pertanyaan terkait
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa berdiskusi tentang hambatan industri furniture di Indonesia di pasar internasional
Menyimpulkan materi


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 3, 4, 5, 6, 16, 17,
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi

Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan
Isian singkat (vocabulary, reference) terkait teks lisan
Pertanyaan tentang ungkapan request, offer, permission, possibility, ability, future ability, dan past ability dalam teks lisan
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Isian singkat (vocabulary, reference) terkait teks lisan
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Pertanyaan tentang ungkapan request, offer, permission, possibility, ability, future ability, dan past ability dalam teks lisan
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: