BAHASA INGGRIS XI RPP32
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 32
| MATA   PELAJARAN | Bahasa   Inggris | 
| KELAS   /SEMESTER | XI   (sebelas) / 2 (dua) | 
| PROGRAM | Umum | 
| ALOKASI   WAKTU | 2 x 45   menit | 
| TEMA |  | 
| STANDAR   KOMPETENSI | Menyatakan   makna teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan   hortatory exposition | 
| KOMPETENSI   DASAR | Menyatakan   makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis | 
| ASPEK   PEMBELAJARAN | Menulis | 
| INDIKATOR | Mampu   menuliskan profesi paling dan kurang dihormati di Indonesia ke dalam tabel Mampu   melakukan poling dan menuliskan hasilnya tentang profesi paling dan kurang   dihormati di Indonesia ke dalam tabel dan memberikan nilai tertentu bagi   profesi tertentu dengan posisi tertentu Mampu   melengkapi tabel tentang profesi yang paling dihormati di Inggris berdasarkan   teks Mampu   menuliskan jenis profesi dan keahlian yang diperlukan berdasarkan gambar Mampu   mengidentifikasi dan menuliskan skills dan qualities yang ada dalam lowongan   pekerjaan Mampu   menuliskan CV dengan format sesuai contoh Mampu   membuat kalimat second conditional yang benar dengan ide dari tabel Mampu   membuat dan menuliskan kalimat pertanyaan dalam bentuk second conditional | 
| MATERI   POKOK PEMBELAJARAN | Instruksi   dan tabel kosong tentang profesi yang paling dan kurang dihormati di   Indonesia Tabel   dan instruksi Tabel   dan teks tentang profesi yang paling dihormati di Inggris Gambar   dan tabel isian Lowongan   pekerjaan dan tabel Instruksi   dan contoh Teks   penjelasan tentang kalimat second conditional dan tabel berisi bagian-bagian   kalimat | 
KEGIATAN PEMBELAJARAN
| TAHAP | KEGIATAN   PEMBELAJARAN | 
| PEMBUKA   (Apersepsi) | Siswa   berdiskusi tentang profesi yang paling dan kurang dihormati di Indonesia dulu   dan sekarang Siswa   bertanya jawab dengan menggunakan kalimat conditional dengan tema profesi | 
| INTI | Siswa   menuliskan profesi paling dan kurang dihormati di Indonesia ke dalam tabel Siswa   melakukan poling dalam kelas dan menuliskan hasilnya tentang profesi paling   dan kurang dihormati di Indonesia ke dalam tabel dan memberikan nilai   tertentu bagi profesi tertentu dengan posisi tertentu Siswa   melengkapi tabel tentang profesi yang paling dihormati di Inggris berdasarkan   teks Siswa   menuliskan jenis profesi dan keahlian yang diperlukan berdasarkan gambar Siswa   menuliskan skills dan qualities yang ada dalam lowongan pekerjaan Siswa   menuliskan CV dengan format sesuai contoh Siswa   membuat dan menuliskan kalimat pertanyaan dalam bentuk second conditional | 
| PENUTUP   (Internalisasi dan persepsi) | Siswa   ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa   menuliskan dan menceritakan profesi yang menjadi cita-citanya di masa depan | 
METODE DAN SUMBER BELAJAR
| Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan |  Peter James.   2008. Real English for Senior High   School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 141, 142, 143, 144, 145, 149,   152, 153, 154 | 
| √ | Material: VCD, kaset,   poster |  | |
| √ | Media cetak dan   elektronik |  | |
| √ | Website internet |  | |
| Narasumber |  | ||
| Model peraga |  | ||
| Lingkungan |  | ||
| Metode | √ | Presentasi |  | 
| √ | Diskusi kelompok |  | |
| √ | Inquari |  | 
PENILAIAN
| TEKNIK DAN BENTUK |  | Tes Lisan | 
| √ | Tes Tertulis | |
| √ | Observasi Kinerja /   Demonstrasi | |
| √ | Tagihan Hasil Karya /   Produk: tugas, projek, portofolio | |
|  | Pengukuran Sikap | |
|  | Penilaian Diri | |
| INSTRUMEN SOAL | ||
| Gambar  yang berkaitan dengan jenis profesi   tertentu untuk diidentifikasi jenis profesinya Daftar pertanyaan   terkait gambar / poster bertemakan profesi Gambar berisi   pengandaian untuk diterjemahkan ke dalam bahasa tulis dalam bentuk second   conditional | ||
| RUBRIK KRITERIA   PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI | ||
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar              : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :
| Instrumen soal | Uraian | Skor | 
| Gambar  yang berkaitan dengan jenis profesi   tertentu untuk diidentifikasi jenis profesinya | Jawaban   benar Jawaban   salah / tidak menjawab | 1 0 | 
| Daftar pertanyaan   terkait gambar / poster bertemakan profesi | Jawaban   sempurna Jawaban   kurang lengkap Jawaban   salah / tidak menjawab | 2 1 0 | 
| Gambar berisi   pengandaian untuk diterjemahkan ke dalam bahasa tulis dalam bentuk second   conditional    | Jawaban   benar Jawaban   salah / tidak menjawab  | 1 0 | 
Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,
-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

 
 
 
 Posts
Posts
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

No comments:
Post a Comment