16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 32


BAHASA INGGRIS XI RPP32
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 32

MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menuliskan profesi paling dan kurang dihormati di Indonesia ke dalam tabel
Mampu melakukan poling dan menuliskan hasilnya tentang profesi paling dan kurang dihormati di Indonesia ke dalam tabel dan memberikan nilai tertentu bagi profesi tertentu dengan posisi tertentu
Mampu melengkapi tabel tentang profesi yang paling dihormati di Inggris berdasarkan teks
Mampu menuliskan jenis profesi dan keahlian yang diperlukan berdasarkan gambar
Mampu mengidentifikasi dan menuliskan skills dan qualities yang ada dalam lowongan pekerjaan
Mampu menuliskan CV dengan format sesuai contoh
Mampu membuat kalimat second conditional yang benar dengan ide dari tabel
Mampu membuat dan menuliskan kalimat pertanyaan dalam bentuk second conditional
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Instruksi dan tabel kosong tentang profesi yang paling dan kurang dihormati di Indonesia
Tabel dan instruksi
Tabel dan teks tentang profesi yang paling dihormati di Inggris
Gambar dan tabel isian
Lowongan pekerjaan dan tabel
Instruksi dan contoh
Teks penjelasan tentang kalimat second conditional dan tabel berisi bagian-bagian kalimat

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa berdiskusi tentang profesi yang paling dan kurang dihormati di Indonesia dulu dan sekarang
Siswa bertanya jawab dengan menggunakan kalimat conditional dengan tema profesi
INTI
Siswa menuliskan profesi paling dan kurang dihormati di Indonesia ke dalam tabel
Siswa melakukan poling dalam kelas dan menuliskan hasilnya tentang profesi paling dan kurang dihormati di Indonesia ke dalam tabel dan memberikan nilai tertentu bagi profesi tertentu dengan posisi tertentu
Siswa melengkapi tabel tentang profesi yang paling dihormati di Inggris berdasarkan teks
Siswa menuliskan jenis profesi dan keahlian yang diperlukan berdasarkan gambar
Siswa menuliskan skills dan qualities yang ada dalam lowongan pekerjaan
Siswa menuliskan CV dengan format sesuai contoh
Siswa membuat dan menuliskan kalimat pertanyaan dalam bentuk second conditional
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa menuliskan dan menceritakan profesi yang menjadi cita-citanya di masa depan

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 141, 142, 143, 144, 145, 149, 152, 153, 154
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Gambar  yang berkaitan dengan jenis profesi tertentu untuk diidentifikasi jenis profesinya
Daftar pertanyaan terkait gambar / poster bertemakan profesi
Gambar berisi pengandaian untuk diterjemahkan ke dalam bahasa tulis dalam bentuk second conditional
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :
Instrumen soal
Uraian
Skor
Gambar  yang berkaitan dengan jenis profesi tertentu untuk diidentifikasi jenis profesinya
Jawaban benar
Jawaban salah / tidak menjawab
1
0
Daftar pertanyaan terkait gambar / poster bertemakan profesi
Jawaban sempurna
Jawaban kurang lengkap
Jawaban salah / tidak menjawab
2
1
0
Gambar berisi pengandaian untuk diterjemahkan ke dalam bahasa tulis dalam bentuk second conditional
Jawaban benar
Jawaban salah / tidak menjawab
1
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,


-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: