BAHASA INGGRIS XI RPP32
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 32
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
INDIKATOR | Mampu menuliskan profesi paling dan kurang dihormati di Indonesia ke dalam tabel Mampu melakukan poling dan menuliskan hasilnya tentang profesi paling dan kurang dihormati di Indonesia ke dalam tabel dan memberikan nilai tertentu bagi profesi tertentu dengan posisi tertentu Mampu melengkapi tabel tentang profesi yang paling dihormati di Inggris berdasarkan teks Mampu menuliskan jenis profesi dan keahlian yang diperlukan berdasarkan gambar Mampu mengidentifikasi dan menuliskan skills dan qualities yang ada dalam lowongan pekerjaan Mampu menuliskan CV dengan format sesuai contoh Mampu membuat kalimat second conditional yang benar dengan ide dari tabel Mampu membuat dan menuliskan kalimat pertanyaan dalam bentuk second conditional |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Instruksi dan tabel kosong tentang profesi yang paling dan kurang dihormati di Indonesia Tabel dan instruksi Tabel dan teks tentang profesi yang paling dihormati di Inggris Gambar dan tabel isian Lowongan pekerjaan dan tabel Instruksi dan contoh Teks penjelasan tentang kalimat second conditional dan tabel berisi bagian-bagian kalimat |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa berdiskusi tentang profesi yang paling dan kurang dihormati di Indonesia dulu dan sekarang Siswa bertanya jawab dengan menggunakan kalimat conditional dengan tema profesi |
INTI | Siswa menuliskan profesi paling dan kurang dihormati di Indonesia ke dalam tabel Siswa melakukan poling dalam kelas dan menuliskan hasilnya tentang profesi paling dan kurang dihormati di Indonesia ke dalam tabel dan memberikan nilai tertentu bagi profesi tertentu dengan posisi tertentu Siswa melengkapi tabel tentang profesi yang paling dihormati di Inggris berdasarkan teks Siswa menuliskan jenis profesi dan keahlian yang diperlukan berdasarkan gambar Siswa menuliskan skills dan qualities yang ada dalam lowongan pekerjaan Siswa menuliskan CV dengan format sesuai contoh Siswa membuat dan menuliskan kalimat pertanyaan dalam bentuk second conditional |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran Siswa menuliskan dan menceritakan profesi yang menjadi cita-citanya di masa depan |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 141, 142, 143, 144, 145, 149, 152, 153, 154 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Gambar yang berkaitan dengan jenis profesi tertentu untuk diidentifikasi jenis profesinya Daftar pertanyaan terkait gambar / poster bertemakan profesi Gambar berisi pengandaian untuk diterjemahkan ke dalam bahasa tulis dalam bentuk second conditional | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Gambar yang berkaitan dengan jenis profesi tertentu untuk diidentifikasi jenis profesinya | Jawaban benar Jawaban salah / tidak menjawab | 1 0 |
Daftar pertanyaan terkait gambar / poster bertemakan profesi | Jawaban sempurna Jawaban kurang lengkap Jawaban salah / tidak menjawab | 2 1 0 |
Gambar berisi pengandaian untuk diterjemahkan ke dalam bahasa tulis dalam bentuk second conditional | Jawaban benar Jawaban salah / tidak menjawab | 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment