16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 39



BAHASA INGGRIS XI RPP39
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 39

MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis
Merespon makna dan langkah retorika dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menempatkan paragraf dalam urutan yang kronologis dan menjawab pertanyaan terkait
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks
Mampu mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan cetak dalam sebuah newspaper report
Mampu mengidentifikasi direct dan indirect speech dari sebuah teks pendek
Mampu mengidentifikasi direct dan indirect speech dari sebuah dialog
Mampu mengidentifikasi struktur hortatory exposition
Mampu mengidentifikasi kalimat reported speech dalam sebuah report
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks acak dan daftar pertanyaan tentang UNICEF
Teks rumpang, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan tentang ASEAN
Newspaper report dengan kesalahan cetak
Teks pendek dan daftar pertanyaan terkait direct dan indirect speech
Dialog dan dan daftar pertanyaan terkait direct dan indirect speech
Teks penjelasan dan contoh hortatory exposition tentang sistem pendidikan di Inggris bagi anak perempuan
Teks report dari BBC tentang cerita Private Jessica Lynch

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai pendapatnya tentang pengiriman pasukan Amerika ke Irak
Siswa berdiskusi menyampaikan pendapat tentang peran Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia
INTI
Siswa membaca paragraf dan menempatkannya dalam urutan yang kronologis dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks
Siswa membaca, mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan cetak dalam newspaper report
Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan terkait direct dan indirect speech
Siswa membaca dialog dan menjawab pertanyaan terkait direct dan indirect speech
Siswa membaca teks penjelasan dan contoh hortatory exposition dan mengidentifikasi strukturnya
Siswa membaca dan mengidentifikasi kalimat reported speech dalam teks report
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Menyimpulkan materi pelajaran

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 180, 181, 182, 183, 184, 185, 186, 187, 188, 192, 193,
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
v
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan (uraian) terkait teks tulis pendek tentang international relations
Teks report untuk diidentifikasi kalimat direct dan reported speech
Teks report untuk diidentifikasi kesalahan cetak dan diperbaiki
Daftar pertanyaan (uraian) terkait satu teks hortatory exposition
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :
Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar pertanyaan (uraian) terkait teks tulis pendek tentang international relations
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1
0
Teks report untuk diidentifikasi kalimat direct dan reported speech
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Teks report untuk diidentifikasi kesalahan cetak dan diperbaiki
Jawaban benar
Tidak menjawab / jawaban salah
1
0
Daftar pertanyaan (uraian) terkait satu teks hortatory exposition
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1
0
Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,

-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: