BAHASA INGGRIS XI RPP39
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 39
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis Merespon makna dan langkah retorika dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menempatkan paragraf dalam urutan yang kronologis dan menjawab pertanyaan terkait Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks Mampu mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan cetak dalam sebuah newspaper report Mampu mengidentifikasi direct dan indirect speech dari sebuah teks pendek Mampu mengidentifikasi direct dan indirect speech dari sebuah dialog Mampu mengidentifikasi struktur hortatory exposition Mampu mengidentifikasi kalimat reported speech dalam sebuah report |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks acak dan daftar pertanyaan tentang UNICEF Teks rumpang, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan tentang ASEAN Newspaper report dengan kesalahan cetak Teks pendek dan daftar pertanyaan terkait direct dan indirect speech Dialog dan dan daftar pertanyaan terkait direct dan indirect speech Teks penjelasan dan contoh hortatory exposition tentang sistem pendidikan di Inggris bagi anak perempuan Teks report dari BBC tentang cerita Private Jessica Lynch |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai pendapatnya tentang pengiriman pasukan Amerika ke Irak Siswa berdiskusi menyampaikan pendapat tentang peran Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia |
INTI | Siswa membaca paragraf dan menempatkannya dalam urutan yang kronologis dan menjawab pertanyaan terkait Siswa melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks Siswa membaca, mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan cetak dalam newspaper report Siswa membaca teks dan menjawab pertanyaan terkait direct dan indirect speech Siswa membaca dialog dan menjawab pertanyaan terkait direct dan indirect speech Siswa membaca teks penjelasan dan contoh hortatory exposition dan mengidentifikasi strukturnya Siswa membaca dan mengidentifikasi kalimat reported speech dalam teks report |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 180, 181, 182, 183, 184, 185, 186, 187, 188, 192, 193, |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
v | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar pertanyaan (uraian) terkait teks tulis pendek tentang international relations Teks report untuk diidentifikasi kalimat direct dan reported speech Teks report untuk diidentifikasi kesalahan cetak dan diperbaiki Daftar pertanyaan (uraian) terkait satu teks hortatory exposition | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) secara tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar pertanyaan (uraian) terkait teks tulis pendek tentang international relations | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Teks report untuk diidentifikasi kalimat direct dan reported speech | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Teks report untuk diidentifikasi kesalahan cetak dan diperbaiki | Jawaban benar Tidak menjawab / jawaban salah | 1 0 |
Daftar pertanyaan (uraian) terkait satu teks hortatory exposition | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment