BAHASA INGGRIS XII RPP2
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 2
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XII (dua belas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 4 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Mengungkapkan makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari |
KOMPETENSI DASAR | Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan berbagai sikap Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu mendiskusikan pertanyaan tentang ekspor impor Indonesia Mampu mendiskusikan pertanyaan dengan bantuan peta Mampu mendiskusikan pertanyaan terkait pengrajin Indonesia Mampu mempraktekkan dialog antara Brian dan Samian Mampu bertanya jawab tentang past, present, dan future ability Mampu menyatakan ekspresi asking for something, curiosity, complaint, command, admitting mistakes, blaming, accusing, promising dari sebuah narrative |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Instruksi dan daftar pertanyaan tentang ekspor impor Indonesia Instruksi, peta, dan daftar pertanyaan Instruksi dan daftar pertanyaan terkait pengrajin Indonesia Teks percakapan antara Brian dan Samian Daftar pertanyaan tentang tentang past, present, dan future ability Teks narrative dan daftar ekspresi tersebut |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang komoditas ekspor Indonesia yang terkenal Siswa berdiskusi tentang nasib pengrajin kecil di Indonesia |
INTI | Siswa mendiskusikan pertanyaan tentang ekspor impor Indonesia Siswa mendiskusikan pertanyaan dengan bantuan peta Siswa mendiskusikan pertanyaan tentang pengrajin Indonesia Siswa mempraktekkan dialog antara Brian dan Samian Siswa bertanya jawab dengan teman tentang past, present, dan future ability Siswa mempraktekkan ekspresi-ekspresi tersebut secara berpasangan |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran Siswa berdialog secara berpasangan menggunakan ungkapan asking for something, curiosity, complaint, command, admitting mistakes, blaming, accusing, promising Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 3, 9, 10, 16, 17, 20, 24, |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
√ | Narasumber | Pengrajin di lingkungan sekitar | |
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
Tes Tertulis | ||
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | ||
√ | Pengukuran Sikap | |
√ | Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang posisi Indonesia dalam perdagangan internasional Pertanyaan lisan tentang past, present, dan future ability Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan asking for something, curiosity, complaint, command, admitting mistakes, blaming, accusing, promising | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau untuk melakukan sesuatu, dan memerintah, Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan berbagai sikap, Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang posisi Indonesia dalam perdagangan internasional | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Pertanyaan lisan tentang past, present, dan future ability | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan asking for something, curiosity, complaint, command, admitting mistakes, blaming, accusing, promising | Dialog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Dialog tidak lengkap | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment