Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 2



BAHASA INGGRIS XII RPP2
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 2

MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
4 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Mengungkapkan makna dalam teks  percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, explanation dan discussion dalam konteks kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI DASAR
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional  dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan berbagai sikap
Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu mendiskusikan pertanyaan tentang ekspor impor Indonesia
Mampu mendiskusikan pertanyaan dengan bantuan peta
Mampu mendiskusikan pertanyaan terkait pengrajin Indonesia
Mampu mempraktekkan dialog antara Brian dan Samian
Mampu bertanya jawab tentang past, present, dan future ability
Mampu menyatakan ekspresi asking for something, curiosity, complaint, command, admitting mistakes, blaming, accusing, promising dari sebuah narrative
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Instruksi dan daftar pertanyaan tentang ekspor impor Indonesia
Instruksi, peta, dan daftar pertanyaan
Instruksi dan daftar pertanyaan terkait pengrajin Indonesia
Teks percakapan antara Brian dan Samian
Daftar pertanyaan tentang tentang past, present, dan future ability
Teks narrative dan daftar ekspresi tersebut

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang komoditas ekspor Indonesia yang terkenal
Siswa berdiskusi tentang nasib pengrajin kecil di Indonesia
INTI
Siswa mendiskusikan pertanyaan tentang ekspor impor Indonesia
Siswa mendiskusikan pertanyaan dengan bantuan peta
Siswa mendiskusikan pertanyaan tentang pengrajin Indonesia
Siswa mempraktekkan dialog antara Brian dan Samian
Siswa bertanya jawab dengan teman tentang past, present, dan future ability
Siswa mempraktekkan ekspresi-ekspresi tersebut secara berpasangan
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa berdialog secara berpasangan menggunakan ungkapan asking for something, curiosity, complaint, command, admitting mistakes, blaming, accusing, promising
Menyimpulkan materi pelajaran

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 3, 9, 10, 16, 17, 20, 24,
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet

Narasumber
 Pengrajin di lingkungan sekitar

Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan

Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi

Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap
Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang posisi Indonesia dalam perdagangan internasional
Pertanyaan lisan tentang past, present, dan future ability
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan asking for something, curiosity, complaint, command, admitting mistakes, blaming, accusing, promising
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah, Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional  dan interpersonal melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat , dan menyatakan berbagai sikap, Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi dengan menggunakan ragam bahasa lisan
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang posisi Indonesia dalam perdagangan internasional
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Pertanyaan lisan tentang past, present, dan future ability

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Peragaan dialog di depan kelas tanpa naskah menggunakan ungkapan asking for something, curiosity, complaint, command, admitting mistakes, blaming, accusing, promising
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog tidak lengkap
8-10
6-7
4-5


Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,




-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: