16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 1



UNIT 1                   GEOGRAPHY                                                                                                       (halaman 2 s.d 21)
 
BAHASA INGGRIS XI RPP1



RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 1


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition dalam kehidupan sehari-hari
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks lisan fungsional pendek
Merespon makna monolog dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu melengkapi teks rumpang dari teks lisan yang diperdengarkan dan menjawab pertanyaan terkait
Mampu melengkapi teks rumpang dari monolog report dan menjawab pertanyaan terkait
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks tulis dan lisan tentang geografi dan daftar pertanyaan
Monolog lisan tentang cuaca
Teks tulis dan lisan ABC Asia Pasific weather report dan daftar pertanyaan

KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanya mengenai geografi dan cuaca
INTI
Siswa mendengarkan teks lisan tentang geografi dan cuaca untuk melengkapi teks dan menjawab pertanyaan
Siswa mendengarkan teks lisan ABC Pasific weather report untuk melengkapi teks menjawab pertanyaan
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanya mengenai kesulitan yang dialami dalam mendengarkan teks lisan dan monolog untuk melengkapi teks rumpang
Siswa ditanya mengenai kosakata yang sulit dalam materi
Menyimpulkan materi
Kerja berpasangan atau berkelompok untuk memperkuat atau mengingatkan kembali materi terkait

METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 5-7, 15-16
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber

Model peraga
 Peta
Lingkungan
 Cuaca di sekitar kita
Metode
  

Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari


PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan
Daftar pertanyaan lisan mengenai kosakata dan materi yang ada dalam teks lisan / report geografi dan cuaca
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar              : Merespon teks fungsional pendek dan teks monolog bentuk report
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Isian singkat (vocabulary, reference) terkait teks lisan
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0




Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: