|
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 1
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition dalam kehidupan sehari-hari |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks lisan fungsional pendek Merespon makna monolog dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan |
INDIKATOR | Mampu melengkapi teks rumpang dari teks lisan yang diperdengarkan dan menjawab pertanyaan terkait Mampu melengkapi teks rumpang dari monolog report dan menjawab pertanyaan terkait |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks tulis dan lisan tentang geografi dan daftar pertanyaan Monolog lisan tentang cuaca Teks tulis dan lisan ABC Asia Pasific weather report dan daftar pertanyaan |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanya mengenai geografi dan cuaca |
INTI | Siswa mendengarkan teks lisan tentang geografi dan cuaca untuk melengkapi teks dan menjawab pertanyaan Siswa mendengarkan teks lisan ABC Pasific weather report untuk melengkapi teks menjawab pertanyaan |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanya mengenai kesulitan yang dialami dalam mendengarkan teks lisan dan monolog untuk melengkapi teks rumpang Siswa ditanya mengenai kosakata yang sulit dalam materi Menyimpulkan materi Kerja berpasangan atau berkelompok untuk memperkuat atau mengingatkan kembali materi terkait |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 5-7, 15-16 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
Media cetak dan elektronik | | ||
Website internet | | ||
Narasumber | | ||
Model peraga | Peta | ||
√ | Lingkungan | Cuaca di sekitar kita | |
Metode | Presentasi | | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan Daftar pertanyaan lisan mengenai kosakata dan materi yang ada dalam teks lisan / report geografi dan cuaca | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon teks fungsional pendek dan teks monolog bentuk report
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada ejaan Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Isian singkat (vocabulary, reference) terkait teks lisan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada ejaan Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment