Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII RPP 5




BAHASA INGGRIS XII RPP5
UNIT 2                  SCIENCE AND TECHNOLOGY                                                                        (halaman 26 s.d 43)
 
 



RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 5


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XII (dua belas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
 4 x 45 menit

TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut
Memahami makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk  narrative, explanation dan discussion
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah
Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap
Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan dan mampu menjawab pertanyaan terkait teks
Mampu melengkapi tabel penemuan berdasarkan monolog lisan
Mampu mengidentifikasi ungkapan possibility dan certainty dan menjawab pertanyaan dari dialog lisan yang mengandung ungkapan possibility dan certainty
Mampu menentukan pelafalan kata yang tepat dalam bahasa Inggris
Mampu membedakan suara vokal yang berbeda dalam kata-kata bahasa Inggris
Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang isi teks explanation tentang HIV/AIDS
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks  rumpang, pilihan jawaban, teks lisan, dan daftar pertanyaan tentang perkembangan science dan technology
Instruksi, tabel penemuan, dan nama-nama penemu
Teks lisan percakapan antara pewawancara dan Mr Edison yang mengandung ungkapan possibility dan certainty
Daftar pertanyaan dan rekaman cara melafalkan kata
Daftar kata-kata dan rekaman pelafalan kata
Teks explanation tentang HIV/AIDS


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang berbagai jenis penemuan dan penemunya
Siswa berdiskusi tentang satu kemungkinan tertentu, misalnya manusia hidup di Mars
INTI
Siswa mendengarkan teks lisan seraya melengkapi teks rumpang dan kemudian menjawab pertanyaan terkait teks
Siswa mendengarkan monolog lisan tentang beberapa penemuan dan nama-nama penemu kemudian menuliskannya ke dalam tabel yang benar
Siswa mendengarkan percakapan antara pewawancara dan Mr Edison yang mengandung ungkapan possibility dan certainty dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa menentukan pelafalan kata yang tepat kemudian mendengarkannya untuk mengecek
Siswa mendengarkan sejumlah kelompok kata dan menentukan kata yang mempunyai suara vokal yang berbeda
Siswa mendengarkan pembacaan teks explanation tentang HIV/AIDS dan menjawab pertanyaan secara lisan tentang isi teks
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam materi pelajaran
Siswa berdialog menggunakan ungkapan possibility dan certainty
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XII. Jakarta: Esis. Halaman 27, 28, 29, 32, 39, 40, 43,
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi

Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan
Isian singkat (vocabulary, reference) terkait teks lisan
Pertanyaan tentang ungkapan possibility/impossibility dan certainty/uncertainty
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: mengusulkan, memohon, mengeluh, membahas kemungkinan atau  untuk melakukan sesuatu, dan memerintah, Merespon makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut dan melibatkan tindak tutur: mengakui kesalahan, berjanji, menyalahkan, menuduh, mengungkapkan keingintahuan dan hasrat, dan menyatakan berbagai sikap, Merespon makna dalam teks fungsional pendek resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :




Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang materi teks yang baru diperdengarkan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Isian singkat (vocabulary, reference) terkait teks lisan
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Pertanyaan tentang ungkapan possibility/impossibility dan certainty/uncertainty
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: