16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 10



BAHASA INGGRIS XI RPP10
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 10


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna transaksional dan interpersonal
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna dalam menyatakan dan menanyakan pendapat, menyatakan kepuasan dan ketidakpuasan
Menyatakan makna dalam memberi saran, peringatan, menerima request, menyatakan relief, pain, dan pleasure feeling
Menyatakan makna teks lisan fungsional pendek
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu menanyakan dan menyatakan pendapat tentang budaya
Mengidentifikasi dan menyatakan pleasure feeling
Melakukan percakapan berdasarkan naskah dialog
Menyatakan kepuasan dan ketidakpuasan
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Poster dan daftar pertanyaan untuk bahan diskusi
Teks percakapan tentang liburan di London yang di dalamnya terdapat verbs of perception dan pernyataan pleasure feeling
Teks penjelasan tentang cara menyampaikan kepuasan dan ketidakpuasan
Teks penjelasan tentang cara menanyakan dan menyatakan pendapat


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa diminta berdiskusi tentang keragaman budaya di dunia
Siswa ditanyai tentang keragaman budaya di Indonesia
Siswa diminta bercerita tentang pengalaman liburan ke daerah tertentu
INTI
Siswa mencermati poster dan bertanya jawab menanyakan pendapat
Siswa melakukan percakapan sesuai naskah dialog yang mengandung ungkapan pleasure feeling
Siswa mencermati penjelasan tentang cara menyampaikan kepuasan dan ketidakpuasan dan berlatih secara lisan
Siswa mencermati penjelasan tentang cara menanyakan dan menyatakan pendapat dan berlatih secara lisan
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam memahami penjelasan
Siswa diminta melakukan percakapan yang mereka buat sendiri dengan menggunakan ungkapan kepuasan dan ketidakpuasan, menanyakan dan menyatakan pendapat


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 43, 44, 48, 53, 56, 57, 59, 60
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga

Lingkungan
 Lingkungan siswa tinggal, Indonesia, dunia
Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan

Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi

Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Beberapa poster terkait dengan budaya sebagai bahan untuk menanyakan dan menyatakan pendapat
Daftar pernyataan untuk dikomentari dengan ungkapan kepuasan/ketidakpuasan, atau pleasure feeling
Naskah dialog untuk diperagakan di depan kelas tanpa teks
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Menyatakan makna dalam menyatakan dan menanyakan pendapat, menyatakan kepuasan dan ketidakpuasan, Menyatakan makna dalam memberi saran, peringatan, menerima request, menyatakan relief, pain, dan pleasure feeling, Menyatakan makna teks lisan fungsional pendek
Nama Siswa                         :

Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang poster terkait dengan budaya
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Daftar pernyataan  lisan untuk dikomentari dengan ungkapan kepuasan/ketidakpuasan, atau pleasure feeling
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Naskah dialog untuk diperagakan di depan kelas tanpa teks
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog buruk
8-10
6-7
4-5


Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: