BAHASA INGGRIS XI RPP10
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 10
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna transaksional dan interpersonal |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna dalam menyatakan dan menanyakan pendapat, menyatakan kepuasan dan ketidakpuasan Menyatakan makna dalam memberi saran, peringatan, menerima request, menyatakan relief, pain, dan pleasure feeling Menyatakan makna teks lisan fungsional pendek |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu menanyakan dan menyatakan pendapat tentang budaya Mengidentifikasi dan menyatakan pleasure feeling Melakukan percakapan berdasarkan naskah dialog Menyatakan kepuasan dan ketidakpuasan |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Poster dan daftar pertanyaan untuk bahan diskusi Teks percakapan tentang liburan di London yang di dalamnya terdapat verbs of perception dan pernyataan pleasure feeling Teks penjelasan tentang cara menyampaikan kepuasan dan ketidakpuasan Teks penjelasan tentang cara menanyakan dan menyatakan pendapat |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa diminta berdiskusi tentang keragaman budaya di dunia Siswa ditanyai tentang keragaman budaya di Indonesia Siswa diminta bercerita tentang pengalaman liburan ke daerah tertentu |
INTI | Siswa mencermati poster dan bertanya jawab menanyakan pendapat Siswa melakukan percakapan sesuai naskah dialog yang mengandung ungkapan pleasure feeling Siswa mencermati penjelasan tentang cara menyampaikan kepuasan dan ketidakpuasan dan berlatih secara lisan Siswa mencermati penjelasan tentang cara menanyakan dan menyatakan pendapat dan berlatih secara lisan |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam memahami penjelasan Siswa diminta melakukan percakapan yang mereka buat sendiri dengan menggunakan ungkapan kepuasan dan ketidakpuasan, menanyakan dan menyatakan pendapat |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 43, 44, 48, 53, 56, 57, 59, 60 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
Media cetak dan elektronik | | ||
Website internet | | ||
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
√ | Lingkungan | Lingkungan siswa tinggal, Indonesia, dunia | |
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
Tes Tertulis | ||
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | ||
√ | Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Beberapa poster terkait dengan budaya sebagai bahan untuk menanyakan dan menyatakan pendapat Daftar pernyataan untuk dikomentari dengan ungkapan kepuasan/ketidakpuasan, atau pleasure feeling Naskah dialog untuk diperagakan di depan kelas tanpa teks | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna dalam menyatakan dan menanyakan pendapat, menyatakan kepuasan dan ketidakpuasan, Menyatakan makna dalam memberi saran, peringatan, menerima request, menyatakan relief, pain, dan pleasure feeling, Menyatakan makna teks lisan fungsional pendek
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa tentang poster terkait dengan budaya | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Daftar pernyataan lisan untuk dikomentari dengan ungkapan kepuasan/ketidakpuasan, atau pleasure feeling | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Naskah dialog untuk diperagakan di depan kelas tanpa teks | Dialog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Dialog buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment