Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011



BAHASA INGGRIS XI RPP15
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 15


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks tulis fungsional pendek (banner, pamphlet, poster) dengan bahasa tertulis
Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks report, narrative, dan analytical exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Membaca
INDIKATOR
Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis pendek
Mampu melengkapi teks tulis rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks
Mampu mengatur paragraf-paragraf report dalam urutan yang benar
Mampu membaca dialog dan menjawab pertanyaan terkait dialog
Mampu menggunakan berbagai cara dalam mengungkapkan future (will, be going to, will + have + past participle)
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks tertulis dan daftar pertanyaan tentang pertanian di Indonesia
Teks tertulis rumpang dan daftar pertanyaan tentang perikanan
Paragraf-paragraf yang urutannya belum kronologis
Teks penjelasan dan contoh tentang cara dalam mengungkapkan future (will, be going to, will + have + past participle)
Dialog yang melibatkan ungkapan future
Potongan dialog dan poster / gambar yang melibatkan ungkapan future


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang pertanian di Indonesia
Siswa dimintai pendapat tentang pertanian di Indonesia di masa depan
Siswa berdiskusi tentang apa yang akan mereka lakukan di masa depan
INTI
Siswa membaca teks tertulis pendek dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa melengkapi teks rumpang dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa membaca dan mengurutkan paragraf dalam urutan yang kronologis
Siswa membaca teks penjelasan dan contoh tentang cara dalam mengungkapkan future (will, be going to, will + have + past participle)
Siswa mengidentifikasi kesalahan penggunaan ungkapan future dalam dialog tertulis
Siswa melengkapi dialog penggunaan ungkapan future dengan bantuan poster / gambar
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan tentang penggunaan ungkapan future (will, be going to, will + have + past participle)
Siswa ditanyai tentang kosakata sukar
Siswa membuat dan mempraktekkan dialog sendiri menggunakan ungkapan future


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 66, 67, 68-70, 73, 74, 75, 78, 79
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Teks tertulis pendek tentang agriculture dan daftar pertanyaan terkait
Dialog rumpang dengan tema agriculture dengan menggunakan ungkapan future
Teks tertulis dalam bentuk report dalam urutan yang belum kronologis dengan disertai gambar / poster
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Merespon makna teks tulis fungsional pendek (banner, pamphlet, poster) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Teks tertulis pendek tentang agriculture dan daftar pertanyaan terkait

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Dialog rumpang dengan tema agriculture dengan menggunakan ungkapan future
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Mengurutkan teks tertulis dalam bentuk report dalam urutan yang belum kronologis dengan disertai gambar / poster
Jawaban benar
Jawaban salah /Tidak menjawab

1
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: