BAHASA INGGRIS XI RPP15
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 15
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami teks tulis fungsional pendek dan esai dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks tulis fungsional pendek (banner, pamphlet, poster) dengan bahasa tertulis Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks report, narrative, dan analytical exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Membaca |
INDIKATOR | Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis pendek Mampu melengkapi teks tulis rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks Mampu mengatur paragraf-paragraf report dalam urutan yang benar Mampu membaca dialog dan menjawab pertanyaan terkait dialog Mampu menggunakan berbagai cara dalam mengungkapkan future (will, be going to, will + have + past participle) |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks tertulis dan daftar pertanyaan tentang pertanian di Indonesia Teks tertulis rumpang dan daftar pertanyaan tentang perikanan Paragraf-paragraf yang urutannya belum kronologis Teks penjelasan dan contoh tentang cara dalam mengungkapkan future (will, be going to, will + have + past participle) Dialog yang melibatkan ungkapan future Potongan dialog dan poster / gambar yang melibatkan ungkapan future |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang pertanian di Indonesia Siswa dimintai pendapat tentang pertanian di Indonesia di masa depan Siswa berdiskusi tentang apa yang akan mereka lakukan di masa depan |
INTI | Siswa membaca teks tertulis pendek dan menjawab pertanyaan terkait Siswa melengkapi teks rumpang dan menjawab pertanyaan terkait Siswa membaca dan mengurutkan paragraf dalam urutan yang kronologis Siswa membaca teks penjelasan dan contoh tentang cara dalam mengungkapkan future (will, be going to, will + have + past participle) Siswa mengidentifikasi kesalahan penggunaan ungkapan future dalam dialog tertulis Siswa melengkapi dialog penggunaan ungkapan future dengan bantuan poster / gambar |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai kesulitan tentang penggunaan ungkapan future (will, be going to, will + have + past participle) Siswa ditanyai tentang kosakata sukar Siswa membuat dan mempraktekkan dialog sendiri menggunakan ungkapan future |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 66, 67, 68-70, 73, 74, 75, 78, 79 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
Website internet | | ||
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
Penilaian Diri | ||
INSTRUMEN SOAL | ||
Teks tertulis pendek tentang agriculture dan daftar pertanyaan terkait Dialog rumpang dengan tema agriculture dengan menggunakan ungkapan future Teks tertulis dalam bentuk report dalam urutan yang belum kronologis dengan disertai gambar / poster | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna teks tulis fungsional pendek (banner, pamphlet, poster) dengan bahasa tertulis, Merespon makna dan langkah retorika dari esai dengan bahasa tertulis, bentuk teks report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Teks tertulis pendek tentang agriculture dan daftar pertanyaan terkait | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Dialog rumpang dengan tema agriculture dengan menggunakan ungkapan future | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Mengurutkan teks tertulis dalam bentuk report dalam urutan yang belum kronologis dengan disertai gambar / poster | Jawaban benar Jawaban salah /Tidak menjawab | 1 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment