Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 40



BAHASA INGGRIS XI RPP40
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 40


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis
Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menulis hortatory exposition
Mampu mengubah direct speech menjadi reported speech
Mampu mengidentifikasi dan membetulkan kesalahan dalam kalimat reported speech
Mampu menuliskan kalimat direct speech dari kalimat reported speech dalam teks
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks penjelasan, contoh, dan instruksi untuk menulis hortatory exposition
Teks penjelasan, contoh, dan soal terkait direct dan reported speech
Daftar kalimat reported speech yang salah
Teks report dari BBC tentang cerita Private Jessica Lynch dan kolom ‘who said what’


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa bertanya jawab dengan menggunakan direct dan reported speech
Siswa berdiskusi tentang Pasukan Garuda Indonesia yang dikirim ke daerah konflik dan menyampaikan pandangannya
INTI
Siswa membaca penjelasan dan menulis hortatory exposition sesuai instruksi
Siswa membaca penjelasan dan mengubah kalimat soal dalam bentuk direct speech menjadi reported speech
Siswa membaca dan mengidentifikasi kesalahan kemudian menuliskan bentuk reported speech yang benar
Siswa membaca report dan mengisi kolom ‘who said what’ dengan kalimat direct speech berdasarkan report
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam pelajaran
Siswa membacakan hortatory exposition yang ditulisnya sendiri di depan kelas
Menyimpulkan materi pelajaran


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 189, 190, 191, 192, 193,
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok

Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar kalimat untuk diubah menjadi direct speech / reported speech
Instruksi dan informasi untuk menulis satu hortatory exposition tentang suatu masalah internasional
Daftar poster / gambar bertemakan hubungan internasional untuk dideskripsikan
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar             : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Daftar kalimat untuk diubah menjadi direct speech / reported speech
Jawaban benar
Jawaban salah
1
0
Instruksi dan informasi untuk menulis satu hortatory exposition tentang suatu masalah internasional
Teks sempurna
Kesalahan kecil pada ejaan, struktur, lengkap
Teks buruk dan struktur tidak lengkap
8-10
6-7
4-5
Daftar poster / gambar bertemakan hubungan internasional untuk dideskripsikan
Deskrispi sempurna
Kesalahan kecil pada ejaan, struktur, deskripsi kurang lengkap
Deskripsi buruk
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: