BAHASA INGGRIS XI RPP40
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 40
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
INDIKATOR | Mampu menulis hortatory exposition Mampu mengubah direct speech menjadi reported speech Mampu mengidentifikasi dan membetulkan kesalahan dalam kalimat reported speech Mampu menuliskan kalimat direct speech dari kalimat reported speech dalam teks |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks penjelasan, contoh, dan instruksi untuk menulis hortatory exposition Teks penjelasan, contoh, dan soal terkait direct dan reported speech Daftar kalimat reported speech yang salah Teks report dari BBC tentang cerita Private Jessica Lynch dan kolom ‘who said what’ |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa bertanya jawab dengan menggunakan direct dan reported speech Siswa berdiskusi tentang Pasukan Garuda Indonesia yang dikirim ke daerah konflik dan menyampaikan pandangannya |
INTI | Siswa membaca penjelasan dan menulis hortatory exposition sesuai instruksi Siswa membaca penjelasan dan mengubah kalimat soal dalam bentuk direct speech menjadi reported speech Siswa membaca dan mengidentifikasi kesalahan kemudian menuliskan bentuk reported speech yang benar Siswa membaca report dan mengisi kolom ‘who said what’ dengan kalimat direct speech berdasarkan report |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam pelajaran Siswa membacakan hortatory exposition yang ditulisnya sendiri di depan kelas Menyimpulkan materi pelajaran |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 189, 190, 191, 192, 193, |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | | |
√ | Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Daftar kalimat untuk diubah menjadi direct speech / reported speech Instruksi dan informasi untuk menulis satu hortatory exposition tentang suatu masalah internasional Daftar poster / gambar bertemakan hubungan internasional untuk dideskripsikan | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis, Menyatakan makna dan langkah retorika dari esai tertulis dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Daftar kalimat untuk diubah menjadi direct speech / reported speech | Jawaban benar Jawaban salah | 1 0 |
Instruksi dan informasi untuk menulis satu hortatory exposition tentang suatu masalah internasional | Teks sempurna Kesalahan kecil pada ejaan, struktur, lengkap Teks buruk dan struktur tidak lengkap | 8-10 6-7 4-5 |
Daftar poster / gambar bertemakan hubungan internasional untuk dideskripsikan | Deskrispi sempurna Kesalahan kecil pada ejaan, struktur, deskripsi kurang lengkap Deskripsi buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment