16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 14



BAHASA INGGRIS XI RPP14
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 14


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
 2 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal
Menyatakan makna teks fungsional pendek
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan dan menanyakan pendapat, kepuasan dan ketidakpuasan
Menyatakan makna teks lisan fungsional pendek
ASPEK PEMBELAJARAN
Berbicara
INDIKATOR
Mampu menanyakan dan menyatakan pendapat tentang agriculture dan perikanan
Mampu mempraktekkan dialog tentang pertanian
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Daftar pertanyaan tentang agriculture dan perikanan
Teks dialog tentang pertanian


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang pertanian di Indonesia
Siswa berdiskusi tentang gambar / poster tentang pertanian dan perikanan
INTI
Siswa menanyakan dan menyatakan pendapat tentang agriculture dan perikanan
Siswa mempraktekkan dialog tentang pertanian di depan kelas
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai kesulitan dalam menanyakan dan menyatakan pendapat
Siswa membuat dan mempraktekkan dialognya sendiri


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 63, 71, 78
Material: VCD, kaset, poster


Media cetak dan elektronik


Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio
Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Daftar pertanyaan menanyakan pendapat
Teks dialog untuk dipraktekkan
Daftar situasi sebagai bahan membuat dialog
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Menyatakan dan menanyakan pendapat, kepuasan dan ketidakpuasan, Menyatakan makna teks lisan fungsional pendek
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa mengenai hal-hal yang bertemakan agriculture

Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab
2
1

0
Teks dialog untuk dipraktekkan

Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog buruk
8-10
6-7
4-5
Daftar situasi sebagai bahan membuat dialog
Dialog sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap
Dialog buruk
8-10
6-7
4-5

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: