BAHASA INGGRIS XI RPP24
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 24
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 2 (dua) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition |
KOMPETENSI DASAR | Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis |
ASPEK PEMBELAJARAN | Menulis |
INDIKATOR | Mampu menuliskan nama tokoh di bawah gambar yang tepat Mampu menuliskan informasi ekstra tentang satu profil tokoh dunia Mampu menuliskan kembali profil dari salah satu tokoh dunia menggunakan kalimat Past Perfect Mampu menuliskan peristiwa sejarah yang baik dan buruk di Indonesia Mampu melengkapi kalimat menggunakan bentuk aktif atau pasif dengan benar Mampu menuliskan kalimat aktif dan pasif Mampu menuliskan kalimat pertanyaan dalam bentuk pasif berdasarkan jawaban yang ada Mampu mengidentifikasi kesalahan dan membetulkannya dalam kalimat |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Nama-nama tokoh dunia dan gambarnya Instruksi untuk menuliskan salah satu profil tokoh dunia Instruksi dan teks penjelasan tentang Past Perfect Instruksi dan tabel sejarah baik dan buruk di Indonesia Daftar isian tentang kalimat aktif dan pasif Instruksi dan tabel Daftar jawaban dalam kalimat pasif Daftar kalimat yang ada kesalahan di dalamnya |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa diperlihatkan beberapa gambar tokoh dunia dan harus menebak nama dan jabatannya Siswa diperlihatkan beberapa gambar terkait peristiwa bersejarah di Indonesia dan harus menyebutkannya |
INTI | Siswa menuliskan nama tokoh di bawah gambar yang tepat Siswa menuliskan informasi ekstra tentang satu profil tokoh dunia Siswa menuliskan kembali profil dari salah satu tokoh dunia menggunakan kalimat Past Perfect Siswa menuliskan peristiwa sejarah yang baik dan buruk di Indonesia ke dalam tabel Siswa melengkapi kalimat menggunakan bentuk aktif atau pasif Siswa menuliskan kalimatnya sendiri menggunakan bentuk aktif dan pasif Siswa menuliskan kalimat pertanyaan dalam bentuk pasif berdasarkan jawaban yang ada Siswa mengidentifikasi kesalahan dalam kalimat dan menuliskan kalimat yang benar |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Menyimpulkan materi Siswa melakukan wawancara dengan pelaku sejarah Indonesia dan menuliskan satu peristiwa bersejarah Indonesia dengan kalimat sendiri |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 104, 107, 109, 114, 118, 119 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | ||
√ | Media cetak dan elektronik | ||
√ | Website internet | ||
√ | Narasumber | Pelaku sejarah Indonesia yang masih hidup | |
Model peraga | |||
Lingkungan | |||
Metode | √ | Presentasi | |
√ | Diskusi kelompok | ||
Inquari |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | Tes Lisan | |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
Penilaian Diri | ||
INSTRUMEN SOAL | ||
Teks profil tokoh dunia untuk ditulis kembali menggunakan Simple Past / Past Perfect Kalimat aktif diubah menjadi pasif dan sebaliknya Poster / gambar bertemakan sejarah atau profil tokoh dunia untuk dideskripsikan | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Teks profil tokoh dunia untuk ditulis kembali menggunakan Simple Past / Past Perfect | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Banyak kesalahan | 8-10 6-7 4-5 |
Kalimat aktif diubah menjadi pasif dan sebaliknya | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Poster / gambar bertemakan sejarah atau profil tokoh dunia untuk dideskripsikan | Deskripsi sempurna Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap Deskripsi buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..……………….
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment