Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 24



BAHASA INGGRIS XI RPP24
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 24


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 2 (dua)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2 x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Menyatakan makna teks fungsional pendek dan esai dalam bentuk narrative, spoof, dan hortatory exposition
KOMPETENSI DASAR
Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis
ASPEK PEMBELAJARAN
Menulis
INDIKATOR
Mampu menuliskan nama tokoh di bawah gambar yang tepat
Mampu menuliskan informasi ekstra tentang satu profil tokoh dunia
Mampu menuliskan kembali profil dari salah satu tokoh dunia menggunakan kalimat Past Perfect
Mampu menuliskan peristiwa sejarah yang baik dan buruk di Indonesia
Mampu melengkapi kalimat menggunakan bentuk aktif atau pasif dengan benar
Mampu menuliskan kalimat aktif dan pasif
Mampu menuliskan kalimat pertanyaan dalam bentuk pasif berdasarkan jawaban yang ada
Mampu mengidentifikasi kesalahan dan membetulkannya dalam kalimat
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Nama-nama tokoh dunia dan gambarnya
Instruksi untuk menuliskan salah satu profil tokoh dunia
Instruksi dan teks penjelasan tentang Past Perfect
Instruksi dan tabel sejarah baik dan buruk di Indonesia
Daftar isian tentang kalimat aktif dan pasif
Instruksi dan tabel
Daftar jawaban dalam kalimat pasif
Daftar kalimat yang ada kesalahan di dalamnya


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa diperlihatkan beberapa gambar tokoh dunia dan harus menebak nama dan jabatannya
Siswa diperlihatkan beberapa gambar terkait peristiwa bersejarah di Indonesia dan harus menyebutkannya
INTI
Siswa menuliskan nama tokoh di bawah gambar yang tepat
Siswa menuliskan informasi ekstra tentang satu profil tokoh dunia
Siswa menuliskan kembali profil dari salah satu tokoh dunia menggunakan kalimat Past Perfect
Siswa menuliskan peristiwa sejarah yang baik dan buruk di Indonesia ke dalam tabel
Siswa melengkapi kalimat menggunakan bentuk aktif atau pasif
Siswa menuliskan kalimatnya sendiri menggunakan bentuk aktif dan pasif
Siswa menuliskan kalimat pertanyaan dalam bentuk pasif berdasarkan jawaban yang ada
Siswa mengidentifikasi kesalahan dalam kalimat dan menuliskan kalimat yang benar
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Menyimpulkan materi
Siswa melakukan wawancara dengan pelaku sejarah Indonesia dan menuliskan satu peristiwa bersejarah Indonesia dengan kalimat sendiri


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 104, 107, 109, 114, 118, 119
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet

Narasumber
 Pelaku sejarah Indonesia yang masih hidup

Model peraga


Lingkungan

Metode
  
Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK






Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Teks profil tokoh dunia untuk ditulis kembali menggunakan Simple Past / Past Perfect
Kalimat aktif diubah menjadi pasif dan sebaliknya
Poster / gambar bertemakan sejarah atau profil tokoh dunia untuk dideskripsikan
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Menyatakan makna teks fungsional pendek (banner, poster, pamphlet) dengan bahasa tulis
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Teks profil tokoh dunia untuk ditulis kembali menggunakan Simple Past / Past Perfect
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, jawaban kurang lengkap
Banyak kesalahan  
8-10
6-7
4-5
Kalimat aktif diubah menjadi pasif dan sebaliknya
Jawaban sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan,  jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Poster / gambar bertemakan sejarah atau profil tokoh dunia untuk dideskripsikan
Deskripsi sempurna
Kesalahan kecil pada struktur, ejaan, kurang lengkap
Deskripsi buruk
8-10
6-7
4-5


Mengetahui,                                                                                                         ……………….., ………………..……………….
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: