Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XII Silabus 2



 
BAHASA INGGRIS XII SILABUS 2
 Silabus

Sekolah                                   : SMA...........
Kelas                                        : XII (Dua belas)
Mata Pelajaran                      : Bahasa Inggris
Semester                                : 2 (Dua)

Standar Kompetensi : Mendengarkan
7.     Memahami makna  dalam teks percakapan transaksional dan interpersonal resmi dan berlanjut (sustained) dalam konteks kehidupan sehari-hari


Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
7.1   Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: membujuk, mendorong semangat, mengkritik, mengungkapkan harapan, dan mencegah


7.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima yang menggunakan ragam bahasa lisan dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian

·      Teks lisan narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya
-     ‘Oh, mum! Please let me take it, because I really, really need it!’
-     ‘I don’t think that’s a good idea. You’d better leave that here.’
-     ‘You know how careless you are with things. You’ll probably lose its like you lost the old video camera.’
-     ‘Ah, in that case I’m hoping you might let me borrow it for the trip.’
-     ‘Don’t worry. You’ll be fine. I’m sure you won’t have any problems. You’ll succeed at everything you try.’


·      Teks lisan narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya
-     ‘I’m planning to make a video of everything I do.’
-     ‘Oh, I know. I still feel really bad about losing the last camera.’
-     ‘It was a great camera as well. The picture was always excellent.’
-     ‘Well, my aim is to video everything I do in Sumatra.’
-     But I bet you’ll regret taking it, when you have to carry it everywhere.’
-     ‘I thought the reason for this adventure was to have some fun, not to do work for school!’
-     ‘It looks like it might rain later.’
-     ‘I really want to do well at everything, but I’m worried that I won’t be able to do all the activities.’


·      Teks tulis dan lisan dialog antara Tony dan Desi, daftar pertanyaan
Desi: Well, the western company doesn’t want its customers to find out that it makes its products in Indonesia.
Tony: Why?
Desi: Well, I was told the company moved here because they don’t have to pay us as much money as workers in the west
...
Tony: So, are you happy with the job you’ve got now?
Desi: Well, it’s OK for now. But I’m trying to improve my English so that I can get a job in a call centre.


·       Siswa mendengarkan pembacaan teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya dan mengidentifikasi ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting














·       Siswa mendengarkan pembacaan teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya dan mengidentifikasi ungkapan planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal


















·       Siswa mendengarkan teks lisan dialog antara Tony dan Desi dan mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan reaasons dan purpose

















·       Mampu mengidentifikasi ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting dari teks lisan narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya















·       Mampu mengidentifikasi ungkapan planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal dari teks lisan narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya




















·       Mampu mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan reasons dan purpose dari teks lisan dialog antara Tony dan Desi










Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Isian singkat
·         Identifikasi teks
·         Uraian  









Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Isian singkat
·         Uraian bebas
·         Identifikasi teks























4 x 45 menit




















4 x 45 menit

a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan






a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan

















Standar Kompetensi : Mendengarkan
8.     Memahami makna dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative dan review  dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
8.1   Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

























































8.2  Memahami dan merespon makna dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
·      Teks rumpang, teks lisan, pilihan jawaban, daftar pertanyaan terkait tentang a world with no animals
·      Teks tertulis dan lisan dialog antara Frances, Ricky, dan Mum




·      Teks rumpang, teks lisan, daftar pertanyaan terkait global industries



·      Teks tulis dan lisan presentasi Gunjan: women are better managers dan daftar pertanyaan terkait


·      Teks rumpang, teks lisan, pilihan jawaban, daftar pertanyaan terkait tentang United Nations


·      Dialog antara Sonya dan Adhi yang mengandung ungkapan yang menyatakan urutan
Adhi: I’m afraid it’s not as simple as that. We don’t live in a stable and peaceful world these days.
Sonya: No, I guess not. A lot of things would have to happen before we could have peace around the world. ...
Etc.

·      Teks rumpang, pilihan jawaban, teks lisan, daftar pertanyaan




·      Teks lisan dialog antara Mr Johns, Budi, dan Andria yang mengandung ungkapan ‘method’
Budi: What do they do with the hydro-electric and geothermal power?
Andria: They make electricity from hydro-electric power  by using water to turn the blades of turbines. Geothermal power produces electricity by using steam to turn the turbine blades.
Etc.


·      Teks lisan dialog antara Mr James dan para siswanya yang mengandung ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence
-   She would only have been called ‘Princess Diana’ if she’d been born into the royal family
-   Maybe if she’d spent more time studying and less time talking to her friends, she’d have got better results.
-   She would have a happier life, if she had been born into a poor family like mine.
-   Etc.








·      Teks lisan review tentang Thunderbirds







·      Teks rumpang, teks lisan narrative tentang kisah hidup Lady Diana, pilihan jawaban, daftar pertanyaan



·       Siswa mendengarkan teks lisan seraya melengkapi teks rumpang dan kemudian menjawab pertanyaan terkait
·       Siswa mendengarkan teks lisan dialog antara Frances, Ricky, dan Mum dan menjawab pertanyaan terkait



·       Siswa mendengarkan teks lisan dan melengkapi teks rumpang tentang global industries dan menjawab pertanyaan terkait

·       Siswa mendengarkan presentasi Gunjan tentang women are better managers dan menjawab pertanyaan terkait

·       Siswa mendengarkan teks lisan tentang United Nations seraya melengkapi teks rumpang dan kemudian menjawab pertanyaan terkait

·       Siswa mendengarkan dialog antara Sonya dan Adhi dan mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan urutan









·       Siswa mendengarkan teks
lisan tentang sources of power seraya melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia, kemudian menjawab pertanyaan terkait

·       Siswa mendengarkan teks dialog lisan antara Mr Johns, Budi, dan Andria dan mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan ‘method’












·       Siswa mendengarkan antara Mr James dan para siswanya dan mengidentifikasi ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence



















·       Siswa mendengarkan pembacaan review tentang Thunderbirds dan mengidentifikasi struktur review dari teks review yang diperdengarkan



·       Siswa mendengarkan teks lisan narrative tentang Princess Diana seraya melengkapi teks rumpang, kemudian menjawab pertanyaan terkait teks

·       Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan
·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks dialog antara Frances, Ricky, dan Mum


·       Mampu melengkapi teks rumpang dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait tentang global industries

·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks monolog pendek yaitu presentasi Gunjan: women are better managers


·       Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait

·       Mampu mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan urutan dalam dialog antara Sonya dan Adhi









·       Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang sources of power

·       Mampu mengidentifikasi ungkapan yang menyatakan ‘method’ dari dialog lisan antara Mr Johns, Budi, dan Andria












·       Mampu mengidentifikasi ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence dalam teks dialog antara Mr James dan para siswanya




















·       Mampu mengidentifikasi struktur review dari teks review yang diperdengarkan






·       Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dengan mendengarkan teks lisan narrative tentang kisah hidup Lady Diana dan menjawab pertanyaan terkait
Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Isian singkat
·         Pilihan ganda
·         Uraian bebas
·         Identifikasi teks



















































































Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Isian singkat
·         Uraian bebas
·         Identifikasi teks


6 x 45 menit

































































































4 x 45 menit
a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan



















































































a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan


Standar Kompetensi : Berbicara
9.     Mengungkapkan makna  dalam teks interaksional, dengan penekanan pada percakapan transaksional resmi dan berlanjut dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
9.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur:membujuk, mendorong semangat, mengkritik , mengungkapkan harapan, dan mencegah



9.2 Merespon makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)  resmi dan berlanjut (sustained) secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyesali, mengungkapkan/menanyakan rencana, tujuan, maksud, memprediksi, berspekulasi, dan memberikan penilaian
·      Teks tertulis narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya
-     ‘Oh, mum! Please let me take it, because I really, really need it!’
-     ‘I don’t think that’s a good idea. You’d better leave that here.’
-     ‘You know how careless you are with things. You’ll probably lose its like you lost the old video camera.’
-     ‘Ah, in that case I’m hoping you might let me borrow it for the trip.’
-     ‘Don’t worry. You’ll be fine. I’m sure you won’t have any problems. You’ll succeed at everything you try.’

·      Teks tertulis narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya
-     ‘I’m planning to make a video of everything I do.’
-     ‘Oh, I know. I still feel really bad about losing the last camera.’
-     ‘It was a great camera as well. The picture was always excellent.’
-     ‘Well, my aim is to video everything I do in Sumatra.’
-     But I bet you’ll regret taking it, when you have to carry it everywhere.’
-     ‘I thought the reason for this adventure was to have some fun, not to do work for school!’
-     ‘It looks like it might rain later.’
-     ‘I really want to do well at everything, but I’m worried that I won’t be able to do all the activities.’


·      Teks tulis dialog antara Tony dan Desi
Desi: Well, the western company doesn’t want its customers to find out that it makes its products in Indonesia.
Tony: Why?
Desi: Well, I was told the company moved here because they don’t have to pay us as much money as workers in the west
...
Tony: So, are you happy with the job you’ve got now?
Desi: Well, it’s OK for now. But I’m trying to improve my English so that I can get a job in a call centre.
Etc.
·       Siswa membaca dan mempraktekkan ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting dari teks lisan narrative
















·       Siswa membaca dan mempraktekkan ungkapan planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal dari teks lisan narrative





















·       Siswa mempraktekkan dialog antara Tony dan Desi yang mengandung ungkapan reason dan purpose




·       Mampu mempraktekkan ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting dari teks lisan narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya
·       Mampu menggunakan ungkapan persuading, preventing, criticizing, hoping, supporting










·       Mampu mempraktekkan ungkapan planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal dari teks lisan narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya
·       Mampu menggunakan ungkapan  planning, regretting, judging, expressing aim, speculating, expressing purpose, predicting, stating goal














·       Mampu mempraktekkan dialog antara Tony dan Desi yang mengandung ungkapan reason dan purpose
·       Mampu menggunakan ungkapan reason dan purpose










Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·         Uraian bebas
·         Identifikasi teks










Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·         Uraian bebas
·         Identifikasi teks




















2 x 45 menit



















4 x 45 menit
a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan





a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan












































Standar Kompetensi : Berbicara
10.   Mengungkapkan makna  dalam teks fungsional pendek dan monolog yang berbentuk  narrative dan review  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
10.1    Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari




































































































































10.2    Mengungkapkan makna dalam teks monolog dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review
·       Daftar pertanyaan
-     What types of animals can you find in the area where you live?
-     What do you think life would be like without animals?
-     Etc.

·       Daftar pertanyaan
-     How many times have you been to a beach?
-     How many species of animals do you think live in the sea?
-     Do you think fish are safer in the sea, or in a public aquarium?
-     Etc.

·       Instruksi, teks tertulis dialog
Frances: There aren’t any monsters in the forest, silly. They’re only in the programmes you watch on TV.
Mum: Hey, you two. I’ve warned you about arguing with each other. Why can’t you just get on with each others like normal brothers and sisters?
Ricky: Sorry, mum. It’s not me, it’s Franny. She started it.
Etc.


·      Daftar pertanyaan
-     Do you live in an agricultural or industrial area?
-     What type of products do you buy?
-     Etc.

·      Daftar pertanyaan
-     Do you know if many Indonesian companies have Customer Service department that people can phone for help and advice?
-     Have you ever phoned a company’s Customer Service department?
-     Etc.

·      Teks dialog antara Paul dan customer
B: Yes, I am. I’d like a Prince William Plate, code L-I-M-C-O-M-1-4-0-2-8 and a Queen Elizabeth Coronation figure, code 1-4-0-2-7-A.
A: OK, madam. Let me just repeat that. You want a Prince William Plate, code Lima, India, Mike, Charlie, Oscar, Mike, one, four, zero, two, eight. And you also want a Queen Elizabeth figure code one, four, sero, two, seven, Alpha. Have I got that right?
Etc.

·      Tabel daftar phonetic alphabet, daftar kata-kata


·      Instruksi
Now, test your partner’s understanding of the phonetic alphabet by spelling some words of your own



·      Daftar pertanyaan tentang United Nations
-   What do you know about the United Nations?
-   How many different organisations work with the UN?
-   Etc.

·      Daftar pertanyaan tentang gempa bumi
-   When is the last time that there was an earthquake in Indonesia?
-   Have you ever experienced a bad earthquake?
-   Etc.

·      Instruksi, gambar/ foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam
Look at the pictures carefully and discuss what you can see.


·      Teks dialog antara Sonya dan Adhi yang mengandung ungkapan yang menyatakan urutan
Adhi: I’m afraid it’s not as simple as that. We don’t live in a stable and peaceful world these days.
Sonya: No, I guess not. A lot of things would have to happen before we could have peace around the world. ...
Etc.


·      Daftar pertanyaan tentang sources of power
-   Look around the room. How many things can you see that use electricity, either through cables or from batteries?
-   In addition to electricity, what other types of power sources can you think of?
-   Etc.

·      Daftar pertanyaan tentang renewable dan non renewable energy sources
-   What types of energy sources can not be renewed?
-   What types of energy sources are renewable?
-   Etc.



·      Teks tertulis dialog antara Mr Johns, Budi, dan Andria yang mengandung ungkapan ‘method’
Budi: What do they do with the hydro-electric and geothermal power?
Andria: They make electricity from hydro-electric power  by using water to turn the blades of turbines. Geothermal power produces electricity by using steam to turn the turbine blades.
Etc.



·      Daftar pertanyaan tentang peran perempuan
-   What role do you think a woman should have in a family?
-   Do you think a woman should stay at home, or go out to work?
-   Etc.

·      Daftar pertanyaan tentang hak-hak perempuan
-   Do you think girls should be given the same opportunities as boys?
-   What jobs do you think women should do?
-   Etc.

·      Teks tulis pendek dan ilustrasi kartun ‘glass ceilling’ bagi perempuan, daftar pertanyaan
-   How many women can you name who have managed to get to the top of their professions?
-   Do you think that it’s right that most of the top jobs go to men?
-   Etc.



·      Teks tulis dialog antara Mr James dan para siswanya yang mengandung ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence
-   She would only have been called ‘Princess Diana’ if she’d been born into the royal family
-   Maybe if she’d spent more time studying and less time talking to her friends, she’d have got better results.
-   She would have a happier life, if she had been born into a poor family like mine.
-   Etc.



·      Teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya





·      Teks review Thunderbirds





·      Teks tulis narrative tentang Prince Charles dan Lady Diana



·      Teks tulis narrative tentang kematian Lady Diana

·       Siswa menjawab pertanyaan dan menyatakan prediksi tentang hewan secara lisan





·       Siswa menjawab pertanyaan, menyatakan prediksi, dan menyatakan pendapat tentang laut







·       Siswa membaca instruksi dan mempraktekkan dialog antara Frances, Ricky, dan Mum












·       Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang industri dan produknya





·       Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang Customer Service








·       Siswa mempraktekkan dialog antara Paul dan customer yang mengandung ‘phonetic alphabet’














·       Siswa mengeja kata-kata dengan menggunakan ‘phonetic alphabet’

·       Siswa secara bergantian menguji pemahaman satu sama lain untuk mengeja kata-kata sendiri menggunakan ‘phonetic alphabet’


·       Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang United Nations






·       Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang gempa bumi






·       Siswa mencermati gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam dan mendiskusikan apa yang mereka lihat dalam gambar itu

·       Siswa mempraktekkan dialog antara Sonya dan Adhi yang mengandung ungkapan yang menyatakan urutan











·       Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang sources of power









·       Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang renewable dan non renewable energy sources








·       Siswa mempraktekkan dialog antara Mr Johns, Budi, dan Andria yang mengandung ungkapan ‘method’














·       Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang peran perempuan







·       Siswa menjawab pertanyaan secara lisan tentang hak-hak perempuan






·       Siswa mendiskusikan bersama teman pertanyaan tentang ‘glass ceiling’ bagi perempuan










·       Siswa mempraktekkan dialog antara Mr James dan para siswanya yang mengandung ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence














·       Siswa mendengarkan pembacaan / membaca  teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya dan menceritakan kembali isinya


·       Siswa mendengarkan pembacaan dan membaca review Thunderbirds, kemudian menceritakan kembali isi review tersebut

·       Siswa membaca teks tulis narrative tentang Prince Charles dan Lady Diana dan menceritakan kembali isi teks

·       Siswa membaca teks narrative tentang kematian Lady Diana, dan menceritakan kembali isi teks

·       Mampu menjawab pertanyaan tentang hewan secara lisan






·       Mampu menjawab pertanyaan dan menyatakan pendapat tentang laut








·       Mampu mempraktekkan dialog antara Frances, Ricky, dan Mum












·       Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang industri dan produknya




·       Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang Customer Service









·       Mampu mempraktekkan dialog antara Paul dan customer yang mengandung ‘phonetic alphabet’














·       Mampu mengeja kata-kata dengan menggunakan ‘phonetic alphabet’

·       Mampu menguji pemahaman satu sama lain untuk mengeja kata-kata sendiri menggunakan ‘phonetic alphabet’




·       Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang United Nations






·       Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang gempa bumi






·       Mampu mendiskusikan apa yang terlihat dalam gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam



·       Mampu mempraktekkan dialog antara Sonya dan Adhi yang mengandung ungkapan yang menyatakan urutan











·       Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang sources of power









·       Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang renewable dan non renewable energy sources








·       Mampu mempraktekkan dialog antara Mr Johns, Budi, dan Andria yang mengandung ungkapan ‘method’














·       Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang peran perempuan







·       Mampu menjawab pertanyaan secara lisan tentang hak-hak perempuan






·       Mampu mendiskusikan pertanyaan terkait teks tulis pendek dan ilustrasi kartun ‘glass ceilling’ bagi perempuan










·       Mampu mempraktekkan dialog antara Mr James dan para siswanya yang mengandung ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence















·       Mampu menceritakan kembali secara lisan isi / garis besar teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya



·       Mampu menceritakan kembali secara lisan isi review dari Thunderbirds



·       Mampu menceritakan kembali secara lisan isi narrative tentang Prince Charles dan Lady Diana

·       Mampu menceritakan kembali secara lisan isi teks narrative tentang kematian Lady Diana
Jenis tagihan:
·       Tugas individu
·       Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·       Uraian bebas
·       Identifikasi teks
·       Teks dialog untuk diperagakan
·       Daftar situasi untuk membuat dialog











































































































































































































Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok

Bentuk instrumen:
·         Teks narrative
·         Teks review
·         Uraian bebas






6 x 45 menit


























































































































































































































6 x 45 menit
a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Script percakapan dan/atau rekaman percakapan
c.     Gambar-gambar yang relevan












































































































































































































a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Teks narrative, review
c.     Gambar-gambar yang relevan






Standar Kompetensi : Membaca
11.           Memahami makna teks tulis monolog yang berbentuk   narrative dan review  secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
11.1 Merespon makna dalam teks fungsional pendek  resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan
         
         
         
         
         
         
         
         
         
         



























































































































              11.2 Merespon makna dan langkah retorika dalam teks monolog yang menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative dan review







·      Teks tertulis tentang orang-utan dan daftar pertanyaan



·      Teks rumpang tentang coral reefs, pilihan jawaban, dan daftar pertanyaan



·      Teks tertulis pendek tentang benefits of coral reefs, daftar kalimat dengan susunan kata-kata acak


·      Teks penjelasan tentang warning menggunakan conditional sentence, tabel soal






·      Teks tertulis tentang industri tekstil di Indonesia dan Inggris, daftar pertanyaan


·      Teks rumpang, pilihan jawaban, daftar pertanyaan tentang customer sevice industries



·      Teks tertulis tentang call centre staff named Gunjan, daftar pertanyaan
·      Teks penjelasan, contoh tentang cara menyatakan reason dan purpose, tabel frase




·      Teks tertulis tentang produk dari The Royal Doulton Company, daftar pertanyaan


·      Instruksi, huruf-huruf acak
Rearrange the letters in the following sentence to find out where Royal Doulton makes its products.


·      Teks tentang Kim Phuc sebagai Goodwill Ambassador UNESCO, daftar pertanyaan


·      Teks narrative rumpang tentang Kim Phuc, pilihan jawaban



·      Teks rumpang tentang gempa bumi di kota Bam Iran, pilihan jawaban, daftar pertanyaan




·      Teks tulis pendek dan daftar pertanyaan tentang International Rescue Team (IRC)

·      Instruksi, logo, deskripsi
Match the following logos with the descriptions

·      Instruksi, soal
Match the phrases on the left with phrases on the right.

·      Teks penjelasan untuk menyatakan urutan, isian singkat
-   The soldiers had lived at home with their families ..... the war started.
-   Ida has to study really hard .... she can become a doctor.
-   Etc.

·      Teks tertulis pendek tentang International Rescue yang mengandung pernyataan contrast, daftar pertanyaan
In spite of the fact that the world is still not at peace, arich man called Jeff Tracy decided to set up International Rescue....
Although it only started operations two years ago in 1065, International rescue has already carried out more than thirty daring rescues.
Etc.

·      Teks penjelasan tentang cara menyatakan contrast, isian singkat
-   They managed to get lost, ..... they had a map.
-   ..... the weather, they still decided to go.
-   Etc.



·      Teks tertulis pendek tentang minyak sebagai bahan bakar fosil, daftar pertanyaan



·      Teks, diagram tentang produk-produk penyulingan minyak, isian singkat
-   In an oil refinery, they make gas by heating ..... to between 20°C and 40°C.
-   They make petrol by heating crude oil to .....
-   Etc.

·      Teks rumpang tentang renewable dan non renewable energy sources, pilihan jawaban, daftar pertanyaan



·      Teks tertulis pendek tentang wind power, daftar pertanyaan



·      Paragraf-paragraf acak tentang proses menghasilkan listrik dari kincir angin dan gambar kincir angin



·      Teks penjelasan tentang ‘method’ dan teks tertulis dialog antara Mr Johns, Budi, dan Andria yang mengandung ungkapan ‘method’



·      Instruksi, soal
Match the phrases on the left with phrases on the right to make sentences about everyday situations.



·      Teks rumpang, pilihan jawaban, daftar pertanyaan tentang peran perempuan di dunia



·      Teks profil, foto tokoh pemimpin perempuan dunia




·      Teks profil, daftar pertanyaan



·      Teks penjelasan tentang third conditional sentence, daftar pertanyaan






















·      Teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya, daftar pertanyaan




·      Teks review tentang Thunderbirds, daftar pertanyaan






·      Teks tulis narrative tentang Prince Charles dan Lady Diana, daftar pertanyaan



·      Teks tulis narrative tentang kematian Lady Diana, daftar pertanyaan, gambar







·       Siswa membaca teks tertulis dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang orang-utan

·       Siswa membaca dan melengkapi teks rumpang, kemudian menjawab pertanyaan terkait teks coral reefs

·       Siswa membaca teks tertulis pendek tentang benefits of coral reefs dan menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang bermakna

·       Siswa membaca teks penjelasan tentang warning menggunakan conditional sentence dan menjodohkan frase yang tepat untuk menjadi suatu kalimat peringatan (warning)


·       Siswa membaca teks tertulis tentang industri tekstil di Indonesia dan Inggris dan menjawab pertanyaan terkait

·       Siswa membaca dan melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia kemudian menjawab pertanyaan terkait teks


·       Siswa membaca teks tertulis tentang call centre staff named Gunjan dan menjawab pertanyaan terkait
·       Siswa membaca teks penjelasan dan contoh tentang cara menyatakan reason dan purpose dan menjodohkan frase dalam tabel dengan pasangan yang tepat

·       Siswa membaca teks tentang produk dari The Royal Doulton Company dan menjawab pertanyaan terkait

·       Siswa menyusun huruf-huruf acak menjadi serangkaian kata




·       Siswa membaca teks tentang Kim Phuc sebagai Goodwill Ambassador UNESCO dan menjawab pertanyaan terkait

·       Siswa membaca dan melengkapi teks narrative rumpang tentang Kim Phuc dengan pilihan jawaban yang tersedia

·       Siswa membaca dan melengkapi teks rumpang tentang gempa bumi di kota Bam Iran dengan pilihan jawaban yang tersedia dan menjawab pertanyaan terkait

·       Siswa membaca teks tulis pendek tentang International Rescue Team (IRC) dan menjawab pertanyaan terkait

·       Siswa menjodohkan logo dengan deskripsi yang tepat


·       Siswa menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menyatakan urutan

·       Siswa membaca teks penjelasan untuk menyatakan urutan dan melengkapi isian singkat







·       Siswa membaca teks tertulis pendek tentang International Rescue yang mengandung pernyataan contrast dan menjawab pertanyaan terkait











·       Siswa membaca teks penjelasan tentang cara menyatakan contrast dan melengkapi isian singkat







·       Siswa membaca teks tertulis pendek tentang minyak sebagai bahan bakar fosil dan menjawab pertanyaan terkait

·       Siswa membaca teks dan diagram tentang produk-produk penyulingan minyak dan melengkapi isian singkat






·       Siswa membaca dan melengkapi teks rumpang tentang renewable dan non renewable energy sources dan menjawab pertanyaan terkait teks

·       Siswa membaca teks tertulis pendek tentang wind power dan menjawab pertanyaan terkait teks

·       Siswa membaca dan mengurutkan paragraf proses dengan urutan yang kronologis, kemudian memberi label bagian-bagian kincir angin

·       Siswa membaca teks penjelasan tentang ‘method’ dan membaca cepat teks dialog antara Mr Johns, Budi, dan Andria dan menggarisbawahi ungkapan yang menyatakan ‘method’

·       Siswa menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat tentang ungkapan ‘method’ dalam situasi sehari-hari




·       Siswa membaca dan melengkapi teks rumpang tentang peran perempuan di dunia dan menjawab pertanyaan terkait teks


·       Siswa menjodohkan teks profil dengan foto tokoh pemimpin perempuan dunia yang tepat dan menuliskan nama dan asal negara di bawah foto yang tepat
·       Siswa menjawab pertanyaan terkait teks profil tokoh pemimpin perempuan dunia

·       Siswa menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menjadi third conditional sentence yang benar




















·       Siswa membaca teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya dan menjawab pertanyaan terkait



·       Siswa membaca teks review tentang Thunderbirds dan menjawab pertanyaan terkait






·       Siswa membaca teks tulis narrative tentang Prince Charles dan Lady Diana dan menjawab pertanyaan terkait teks

·       Siswa membaca teks narrative tentang kematian Lady Diana, lalu menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang logis dan menentukan gambar yang tepat untuk tiap kalimat berdasarkan informasi dari teks
·       Mampu menjawab pertanyaan berdasarkan teks tertulis tentang orang-utan


·       Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban yang tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang coral reefs

·       Mampu menyusun kata-kata acak menjadi kalimat terkait teks tertulis pendek tentang benefits of coral reefs


·       Mampu menjodohkan frase yang tepat untuk menjadi kalimat peringatan (warning) menggunakan conditional sentences




·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis tentang industri tekstil di Indonesia dan Inggris

·       Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang customer sevice industries

·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis tentang call centre staff named Gunjan
·       Mampu menjodohkan frase untuk menyusun kalimat yang menyatakan reason dan purpose




·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tentang produk dari The Royal Doulton Company


·       Mampu menyusun huruf-huruf acak menjadi serangkaian kata





·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tentang Kim Phuc sebagai Goodwill Ambassador UNESCO

·       Mampu melengkapi teks narrative rumpang tentang Kim Phuc



·       Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang gempa bumi di kota Bam Iran

·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tulis pendek tentang International Rescue Team (IRC)

·       Mampu menjodohkan logo dengan deskripsi yang tepat


·       Mampu menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menyatakan urutan

·       Mampu melengkapi isian singkat tentang menyatakan urutan








·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tentang International Rescue yang mengandung pernyataan contrast











·       Mampu melengkapi isian singkat tentang cara menyatakan contrast








·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis pendek tentang minyak sebagai bahan bakar fosil


·       Mampu melengkapi isian kalimat berdasarkan teks dan diagram tentang produk-produk penyulingan minyak






·       Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia tentang renewable dan non renewable energy sources dan menjawab pertanyaan terkait teks

·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tertulis pendek tentang wind power


·       Mampu mengurutkan paragraf tentang proses menghasilkan listrik dari kincir angin dan memberi label bagian-bagian dari kincir angin


·       Mampu menggarisbawahi pernyataan yang menyatakan ‘method’ dari teks dialog antara Mr Johns, Budi, dan Andria




·       Mampu menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat tentang ungkapan ‘method’ dalam situasi sehari-hari




·       Mampu melengkapi teks rumpang dengan pilihan jawaban tersedia dan menjawab pertanyaan terkait teks tentang peran perempuan di dunia

·       Mampu menjodohkan teks profil dengan foto tokoh pemimpin perempuan dunia yang tepat dan menuliskan nama dan asal negara di bawah foto yang tepat
·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks profil tokoh pemimpin perempuan dunia

·       Mampu menjodohkan frase dengan pasangan yang tepat untuk menjadi third conditional sentence yang benar





















·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks narrative tentang persiapan Frances untuk liburan petualangannya




·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks review tentang Thunderbirds






·       Mampu menjawab pertanyaan terkait teks tulis narrative tentang Prince Charles dan Lady Diana


·       Mampu menyusun kata-kata acak menjadi kalimat yang logis dan menentukan gambar yang tepat untuk tiap kalimat berdasarkan informasi dari teks narrative tentang kematian Lady Diana
Jenis tagihan:
·       Tugas individu
·       Tugas kelompok
·       Ulangan

Bentuk instrumen:
·       Uraian bebas
·       Pilihan ganda
·       Jawaban singkat
·       Menjodohkan frase




















































































































































































































Jenis tagihan:
·         Tugas individu
·         Tugas kelompok
·         Ulangan

Bentuk instrumen:
·         Teks narrative, review
·         Uraian bebas
·         Pilihan ganda
·         Jawaban singkat







6 x 45 menit































































































































































































































6 x 45 menit


a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Teks pendek
c.     Grafik, anagram
d.     Gambar-gambar yang relevan
e.     Internet, media cetak


















































































































































































































a.     Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.     Teks narrative, review
c.     Internet, media cetak















Standar Kompetensi : Menulis
12.   Mengungkapkan makna  dalam teks tulis monolog/esei berbentuk narrative dan review  dalam konteks kehidupan sehari-hari

Kompetensi
Dasar
Materi
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Alokasi
 Waktu
Sumber
Belajar
12.1  Mengungkapkan makna dan langkah retorika dalam esei dengan menggunakan ragam tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative dan review







































·      Instruksi, gambar orang-utan Look at the pictures and discuss what you can see. Then, write a few sentences describing each picture.

·      Instruksi, gambar, daftar kalimat:
Now decide which sentences refer to picture 1 and which refer to picture 2. Use these sentences to write two paragraphs giving information about the pictures.

·      Instruksi, peta, gambar penyelam di dasar laut, contoh
Write your ideas in the boxes next to the pictures of Indonesian reefs. Tell tourist why they should visit Indonesian reefs instead of going somewhere else. You should also give general information about the benefits of healthy reefs using ideas from task F.
Nothing can compare with the thrill of exploring the mysteries of Indonesia’s underwater world

·      Instruksi, poster / gambar tanda peringatan
Now, write the warnings from task E next to these real warning signs.

·      Instruksi, situasi, gambar / poster
Work with a partner and decide what to say for each of the following situations.
You’re walking with a friend and see the warning sign on the right. (CAUTION FOR SNAKES). Your friend doesn’t read the sign. What do you say? Mind your step!

·      Instruksi, outline dan teks penjelasan tentang narrative



·      Instruksi, gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam
Write a few ideas on the lines below each picture.

·      Teks penjelasan tentang review, instruksi
Write a review of your own using the following ideas:
-   Your review should be about a film you have watched recently
-   The review should use the structure shown in task K
-   You should find ways to express ideas of contrast

·      Teks, diagram, instruksi
Now, make up some sentences of your own about products that are made from crude oil. Write your sentences on the lines below.

·      Teks informasi, contoh, instruksi
Now using ideas from the paragraph above and the words below, write a simmple paragraph which describes how to make electricity with geothermal power.

·      Instruksi
Now, make up five sentences of your own which show how people can do different everyday activities.



·      Instruksi, surat pembaca, format surat balasan
Imagine that you have read the following letter in a local newspaper. Write your own letter to the newspaper. Say if you agree or disagree with what the first person has written. Write in a formal style, using the ideas given.

·      Instruksi, teks dialog antara Mr James dan para siswanya





·       Siswa menuliskan beberapa kalimat untuk mendeskripsikan gambar orang-utan


·       Siswa menentukan kalimat mana yang mendeskripsikan gambar yang tepat dan menuliskan kalimat untuk mendeskripsikan gambar coral reefs



·       Siswa membaca instruksi dan mendesain publicity campaign tentang Indonesian coral reefs









·       Siswa memilih dan menuliskan kalimat peringatan (warning) yang tepat dari tabel untuk setiap gambar / tanda peringatan

·       Siswa membaca penjelasan tentang peringatan (warning) dan menuliskan peringatan berdasarkan gambar / poster dan situasi tertentu







·       Siswa membaca teks penjelasan tentang narrative dan menulis narrative-nya sendiri berdasarkan instruksi yang diberikan







·       Siswa menuliskan deskripsi tentang gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam


·       Siswa menulis review berdasarkan ketentuan yang diberikan











·       Siswa membuat dan menuliskan kalimat-kalimat tentang produk-produk yang dibuat dari minyak mentah berdasarkan informasi dari teks dan diagram

·       Siswa membuat dan menuliskan paragraf sederhana yang menggambarkan cara menghasilkan listrik dengan energi geotermal berdasarkan informasi yang ada

·       Siswa membuat dan menuliskan lima kalimat yang menunjukkan beragam aktivitas harian orang-orang




·       Siswa menulis surat pembaca untuk mengomentari dan menyatakakn persetujuan/ ketidaksetujuan terhadap surat pembaca yang pertama tentang peran perempuan





·       Siswa menuliskan ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence dari dialog antara Mr James dan para siswanya
·       Mampu menuliskan deskripsi berdasarkan gambar orang-utan



·       Mampu menentukan kalimat mana yang mendeskripsikan gambar yang tepat dan menuliskan kalimat untuk mendeskripsikan gambar coral reefs



·       Mampu mendesain publicity campaign tentang Indonesian coral reefs










·       Mampu memilih dan menuliskan kalimat peringatan (warning) yang tepat dari tabel untuk setiap gambar / tanda peringatan

·       Mampu menuliskan peringatan berdasarkan gambar / poster dan situasi tertentu









·       Mampu menulis narrative berdasarkan ketentuan yang diberikan dan menggunakan ungkapan warning, regret, aim, goal, purpose, predicting, planning, speculating, judging, persuading, supporting, critising, hoping, preventing




·       Mampu menuliskan deskripsi tentang gambar / foto tentang evakuasi / penanganan bencana alam


·       Mampu menulis review berdasarkan ketentuan yang diberikan











·       Mampu membuat dan menuliskan kalimat-kalimat tentang produk-produk yang dibuat dari minyak mentah berdasarkan informasi dari teks dan diagram

·       Mampu menulis paragraf sederhana yang menggambarkan cara menghasilkan listrik dengan energi geotermal




·       Mampu membuat dan menuliskan lima kalimat yang menunjukkan beragam aktivitas harian orang-orang




·       Mampu menulis surat pembaca dengan gaya formal dengan menyatakan persetujuan / ketidaksetujuan terhadap surat pembaca yang ditulis orang pertama tentang peran perempuan




·       Mampu menuliskan ungkapan ‘imaginary / unreal situations’ yang menggunakan third conditional sentence dari dialog antara Mr James dan para siswanya


Jenis tagihan:
·       Tugas individu
·       Tugas kelompok
·       Ulangan

Bentuk instrumen:
·       Uraian bebas
·       Instruksi untuk menulis narrative, review





































































































6 x 45 menit























































































































a.   Buku teks yang relevan : Real English for Senior High School Grade XII, Esis 2008
b.   Gambar-gambar / foto, peta, poster yang relevan
c.    Internet, media cetak

























































































Mengetahui:
Kepala ....................................................                                                                                                                              Guru Mata Pelajaran,




NIP                                                                                                                                                                                         NIP

No comments: