BAHASA INGGRIS XI RPP6
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 6
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Menyatakan makna percakapan transaksional dan interpersonal Menyatakan makna teks lisan fungsional pendek |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna untuk menanyakan dan menyatakan pendapat dan memberi saran Menyatakan makna teks lisan fungsional pendek |
ASPEK PEMBELAJARAN | Berbicara |
INDIKATOR | Mampu menanyakan dan menyatakan pendapat dan memberi saran secara lisan Mampu melakukan percakapan / diskusi berdasarkan informasi tertulis yang diberikan tentang gempa bumi |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Peta gempa bumi yang terjadi tahun 2005 dan daftar pertanyaan terkait untuk diskusi Teks tertulis dan daftar pertanyaan untuk diskusi berkaitan tentang hal-hal yang dilakukan saat gempa bumi terjadi Penggolongan bencana alam dan bencana buatan manusia untuk bahan diskusi Gambar dari GlobalImage tentang tsunami Aceh untuk bahan diskusi dan pemberian saran |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang peristiwa gempa bumi dan tsunami Siswa berdiskusi tentang hal-hal yang harus dilakukan pada saat gempa bumi terjadi Siswa ditanyai pendapatnya tentang bencana alam yang terjadi di Indonesia |
INTI | Siswa berdiskusi (saling menanyakan dan menyatakan pendapat) tentang pertanyaan terkait peta gempa bumi dunia tahun 2005 Siswa membaca teks tentang hal-hal yang harus dilakukan saat gempa bumi terjadi dan mendiskusikan pertanyaan terkait Siswa berdiskusi tentang penggolongan bencana Siswa berdiskusi dan menjawab pertanyaan berdasarkan gambar dari GlobalImage Siswa memberikan saran berdasarkan gambar dari GlobalImage |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai tentang kesulitan dalam menanyakan dan menyatakan pendapat dan memberikan saran Siswa diminta untuk menceritakan tentang bencana alam yang pernah dialami |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis-Erlangga. Halaman 23, 28, 29, 40, 41 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | Presentasi | | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
Tes Tertulis | ||
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
| Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
| Pengukuran Sikap | |
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa mengenai hal-hal yang bertemakan bencana alam Pertanyan lisan tentang saran yang dapat diberikan jika terjadi bencana alam tertentu seperti banjir, tsunami, gempa bumi dsb Peragaan dialog di depan kelas dengan bencana alam berdasarkan informasi yang diberikan teks | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna untuk menanyakan dan menyatakan pendapat dan memberi saran, Menyatakan makna teks lisan fungsional pendek
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang pendapat siswa mengenai hal-hal yang bertemakan bencana alam | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Pertanyan lisan tentang saran yang dapat diberikan jika terjadi bencana alam tertentu seperti banjir, tsunami, gempa bumi dsb | Jawaban sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab | 2 1 0 |
Peragaan dialog di depan kelas dengan bencana alam berdasarkan informasi yang diberikan teks | Dialog sempurna Kesalahan kecil pada struktur, pengucapan, kurang lengkap Dialog buruk | 8-10 6-7 4-5 |
Mengetahui, ……………….., ………………..……………….
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment