BAHASA INGGRIS XI RPP5
|
RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 5
MATA PELAJARAN | Bahasa Inggris |
KELAS /SEMESTER | XI (sebelas) / 1 (satu) |
PROGRAM | Umum |
ALOKASI WAKTU | 2 x 45 menit |
TEMA | |
STANDAR KOMPETENSI | Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition |
KOMPETENSI DASAR | Merespon makna teks fungsional lisan pendek dan teks monolog dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition |
ASPEK PEMBELAJARAN | Mendengarkan |
INDIKATOR | Mampu mengisi teks rumpang berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan Mampu mengisi teks rumpang berdasarkan teks monolog narrative yang diperdengarkan Mampu menjawab pertanyaan terkait dengan teks rumpang |
MATERI POKOK PEMBELAJARAN | Teks, rekaman tentang bumi dan pertanyaan terkait Teks dan rekaman monolog narrative tentang peristiwa gempa bumi dan pertanyaan terkait Teks, ilustrasi gambar, dan rekaman tentang bencana alam dan pertanyaan terkait Teks, ilustrasi gambar, dan rekaman dari BBC news report |
KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP | KEGIATAN PEMBELAJARAN |
PEMBUKA (Apersepsi) | Siswa ditanyai tentang bumi dan lapisan-lapisannya Siswa diminta berdiskusi tentang bencana alam Siswa ditanyai pengalamannya tentang bencana alam yang pernah dialami |
INTI | Siswa mendengarkan teks lisan dan melengkapi teks rumpang Siswa menjawab soal-soal terkait teks Siswa mendengarkan monolog narrative dan menjawab pertanyaan terkait Siswa mendengarkan teks lisan tentang bencana alam untuk mengecek jawaban Siswa mendengarkan teks monolog report dan melengkapi teks rumpang Siswa menjawab soal-soal terkait monolog report |
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi) | Siswa ditanyai mengenai kesulitan dalam melengkapi teks rumpang berdasarkan teks lisan / monolog yang diperdengarkan Siswa ditanyai mengenai kosakata sukar |
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber Belajar | √ | Pustaka rujukan | Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 23, 26, 29, 30, 31, 35 |
√ | Material: VCD, kaset, poster | | |
√ | Media cetak dan elektronik | | |
√ | Website internet | | |
Narasumber | | ||
Model peraga | | ||
Lingkungan | | ||
Metode | Presentasi | | |
√ | Diskusi kelompok | | |
| Inquari | |
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK | √ | Tes Lisan |
√ | Tes Tertulis | |
√ | Observasi Kinerja / Demonstrasi | |
√ | Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio | |
Pengukuran Sikap | ||
| Penilaian Diri | |
INSTRUMEN SOAL | ||
Rekaman teks lisan dan teks rumpang Rekaman teks lisan dan daftar pertanyaan Rekaman monolog narrative dan / atau report dan teks rumpang Daftar pertanyaan terkait monolog narrative dan / atau report | ||
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI |
RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar : Merespon makna teks fungsional lisan pendek dan teks monolog dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa :
Kelas/ No. Absen :
Tanggal Penilaian :
Instrumen soal | Uraian | Skor |
Pertanyaan lisan tentang materi teks report yang baru diperdengarkan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap Tidak menjawab / jawaban salah | 2 1 0 |
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada ejaan Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Isian singkat (vocabulary, reference) terkait teks lisan | Jawaban benar Kesalahan kecil pada ejaan Tidak menjawab / jawaban salah | 1 ½ 0 |
Mengetahui, ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran,
------------------------------- -------------------------------
NIP: NIP:
No comments:
Post a Comment