Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

16 April 2011

Bahasa Inggris SMA XI RPP 5



BAHASA INGGRIS XI RPP5
UNIT 2                  EARTH’S POWER                                                                               (halaman 22 s.d 35)
 



RENCANA PEMBELAJARAN
NOMOR 5


MATA PELAJARAN
Bahasa Inggris
KELAS /SEMESTER
XI (sebelas) / 1 (satu)
PROGRAM
Umum
ALOKASI WAKTU
2  x 45 menit


TEMA

STANDAR KOMPETENSI
Memahami makna teks fungsional pendek dan monolog dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
KOMPETENSI DASAR
Merespon makna teks fungsional lisan pendek dan teks monolog dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
ASPEK PEMBELAJARAN
Mendengarkan
INDIKATOR
Mampu mengisi teks rumpang berdasarkan teks lisan yang diperdengarkan
Mampu mengisi teks rumpang berdasarkan teks monolog narrative yang diperdengarkan
Mampu menjawab pertanyaan terkait dengan teks rumpang
MATERI POKOK PEMBELAJARAN
Teks, rekaman tentang bumi dan pertanyaan terkait
Teks dan rekaman monolog narrative tentang peristiwa gempa bumi dan pertanyaan terkait
Teks, ilustrasi gambar, dan rekaman tentang bencana alam dan pertanyaan terkait
Teks, ilustrasi gambar, dan rekaman dari BBC news report


KEGIATAN PEMBELAJARAN
TAHAP
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PEMBUKA (Apersepsi)
Siswa ditanyai tentang bumi dan lapisan-lapisannya
Siswa diminta berdiskusi tentang bencana alam
Siswa ditanyai pengalamannya tentang bencana alam yang pernah dialami
INTI
Siswa mendengarkan teks lisan dan melengkapi teks rumpang
Siswa menjawab soal-soal terkait teks
Siswa mendengarkan monolog narrative dan menjawab pertanyaan terkait
Siswa mendengarkan teks lisan tentang bencana alam untuk mengecek jawaban
Siswa mendengarkan teks monolog report dan melengkapi teks rumpang
Siswa menjawab soal-soal terkait monolog report
PENUTUP (Internalisasi dan persepsi)
Siswa ditanyai mengenai kesulitan dalam melengkapi teks rumpang berdasarkan teks lisan / monolog yang diperdengarkan
Siswa ditanyai mengenai kosakata sukar


METODE DAN SUMBER BELAJAR

Sumber Belajar





Pustaka rujukan
 Peter James. 2008. Real English for Senior High School Grade XI. Jakarta: Esis. Halaman 23, 26, 29, 30, 31, 35
Material: VCD, kaset, poster

Media cetak dan elektronik

Website internet


Narasumber


Model peraga


Lingkungan

Metode
  

Presentasi

Diskusi kelompok


Inquari

PENILAIAN

TEKNIK DAN BENTUK





Tes Lisan
Tes Tertulis
Observasi Kinerja / Demonstrasi
Tagihan Hasil Karya / Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian Diri
INSTRUMEN SOAL
Rekaman teks lisan dan teks rumpang
Rekaman teks lisan dan daftar pertanyaan
Rekaman monolog narrative dan / atau report dan teks rumpang
Daftar pertanyaan terkait monolog narrative dan / atau report
RUBRIK KRITERIA PENILAIAN / BLANGKO OBSERVASI
  

RUBRIK PENILAIAN
Kompetensi Dasar                : Merespon makna teks fungsional lisan pendek dan teks monolog dalam bentuk report, narrative, dan analytical exposition
Nama Siswa                         :
Kelas/ No. Absen                 :
Tanggal Penilaian               :

Instrumen soal
Uraian
Skor
Pertanyaan lisan tentang materi teks report yang baru diperdengarkan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada struktur, salah ejaan, kurang tanda baca, jawaban kurang lengkap
Tidak menjawab / jawaban salah
2
1

0
Teks rumpang tertulis untuk dilengkapi dengan mendengarkan teks lisan

Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0
Isian singkat (vocabulary, reference) terkait teks lisan
Jawaban benar
Kesalahan kecil pada ejaan
Tidak menjawab / jawaban salah
1
½
0

Mengetahui,                                                                                         ……………….., ………………..………………..
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran,



-------------------------------                                                                                       -------------------------------
NIP:                                                                                                                        NIP:

No comments: