10 May 2011

Perilaku Pelaku Bisnis Indonesia 2011



Pelaku Bisnis Makin Optimis Pada Triwulan II-2011

Jakarta, 06/05/2011 MoF (Fiscal) News - Badan Pusat Statistik (BPS) memproyeksikan Indeks Tendensi Bisnis (ITB) pada triwulan II-2011 sebesar 104,51. “Ekspektasi dunia usaha dan pelaku bisnis pada triwulan II-2011, atau sekarang ini baru mulai nilai Indeks Tendensi Bisnis-nya adalah 104,51. Angka ini tentu akan berpengaruh juga pada pertumbuhan ekonomi kita di triwulan II-2011,” kata Kepala BPS Rusman Heriawan di gedung BPS, Kamis (5/5).

Hal ini menujukan optmisme yang terus meningkat di kalangan pebisnis dan dunia usaha memasuki triwulan II-2011. Sebelumnya Rusman menjelaskan, ITB pada triwulan I-2011 berada di angka 102,16. “Triwulan satu yang baru saja berakhir sebesar 102, Sedangkan untuk triwulan dua 104. Jadi ekspektasi mereka lebih bagus, optimisnya lebih tinggi,” ucapnya. Tingkat keyakinan para pelaku bisnis dan dunia usaha terus meningkat, ditunjukan dengan semakin tingginya angka capaian ITB.
Rusman menjelaskan, kondisi bisnis semua sektor usaha pada triwulan I – 2011 mengalami peningkatan. Pada triwulan I-2011, pertumbuhan tertinggi dialami pada sektor keuangan, real estate, dan jasa perusahaan. Sedangkan triwulan II-2011, sektor jasa diproyeksikan mengalami pertumbuhan tertinggi, dan sektor industri pengolahan mengalami pertumbuhan terendah. (ak)

Sejarah SMP IX RPP 25



SEJARAH IX RPP 25
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami Perubahan Pemerintah dan Kerjasama
                                                      Internasional
Kompetensi Dasar                   : 4.2. Menguraikan Perkembangan Lembaga Internasional dan
                                                         Peran Indonesia dalam Kerjasama Internasional
Indikator                                 :  -     Mendeskripsikan perkembangan PBB dan peran 
                                                         Indonesia dalam keanggotaan PBB
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan perkembangan PBB dan peran Indonesia dalam keanggotaan PBB

B.     Materi Pembelajaran
  • Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

C.    Metode Pembelajaran
·      Pembelajaran melalui ICT dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.  Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menjelaskan latar belakang didirikannya PBB.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.  Kegiatan Inti
·         Peserta didik mencari artikel di internet pada situs www.un.org mengenai PBB.
·         Tanya jawab mengenai PBB.
3.  Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Evaluasi Semester 2 pilihan ganda dan uraian (Evaluasi Semester 2 hal 127 – 128).

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 115 - 128)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
  • Tes Tertulis Evaluasi Semester 2 pilihan ganda dan uraian (Evaluasi Semester 2 hal 127 – 128).

Kunci Jawaban
Evaluasi Semester 2
A.

1. b
2. b
3. b
4. a
5. a
6. c
7. b
8. c
9. c
10. a
11. b
12. a
13. d
14. a
15. b
16. a
17. d
18. c
19. a
20. a

B.
  1. Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan kolonial Belanda, kibarkan Sang Saka Merah Putih di seluruh Irian Barat, bersiaplah untuk mobilisasi umum, mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air dan bangsa.
  2. Pasukan TNI merebut Bandara Halim Perdanakusuma yang diduga sebagai pusat G 30 S/PKI, melakukan pengejaran dan mengadili anggota-anggota PKI.
  3. Pemberontakan G 30 S PKI dan kondisi perekonomian yang memburuk membuat rakyat dan mahasiswa melakukan demonstrasi dan mengajukan Tritura. Untuk mengatasi krisis tersebut, Presiden Soekarno mengundang ketua partai-partai politik untuk mengutuk aksi mahasiswa yang menyebabkan kekacauan. Namun, permintaan tersebut ditolak dan partai-partai justru ikut mendukung aksi mahasiswa. Kemudian Presiden Soekarno mengeluarkan Supersemar kepada Mayjen. Soeharto untuk memulihkan keamanan dan kewibawaan pemerintah. Presiden Soekarno didesak oleh berbagai pihak untuk menyerahkan kekuasaan kepada Soeharto. Ia kemudian mengundurkan diri sebagai Presiden RI pada sidang istimewa Maret 1968 dan digantikan oleh Soeharto.
  4. Krisis multidimensi yang melanda Indonesia pada tahun 1997 membuat rakyat menderita dan memicu gerakan reformasi. Keadaan yang terus memburuk menimbulkan kerusuhan dimana-mana. Sementara itu, rakyat yang dipelopori mahasiswa melakukan protes dan demonstrasi. Mereka menuntut reformasi total secara menyeluruh termasuk pengunduran diri Soeharto dari kursi kepresidenan.
  5. Dalam perkembangannya, ASEAN telah melakukan berbagai kerjasama. Di bidang politik, ASEAN mencapai kesepakatan untuk menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai kawasan bebas nuklir. Di bidang ekonomi, membangun proyek bersama seperti pabrik pupuk urea/amoniak di Indonesia dan Malaysia. Selain itu disepakati pula untuk membentuk AFTA (Asean Free Trade Area). Di bidang sosial dan budaya antara lain dilakukan pertukaran pelajar, penanggulangan bencana alam, dan program bersama antarstasiun televisi.

Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

Sejarah SMP IX RPP 24



SEJARAH IX RPP 24
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami Perubahan Pemerintah dan Kerjasama
                                                      Internasional
Kompetensi Dasar                   : 4.2. Menguraikan Perkembangan Lembaga Internasional dan
                                                         Peran Indonesia dalam Kerjasama Internasional
Indikator                                 :  -     Mendeskripsikan perkembangan ASEAN dan peran 
                                                         Indonesia dalam kerjasama dengan ASEAN
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan perkembangan ASEAN dan peran Indonesia dalam kerjasama dengan ASEAN

B.     Materi Pembelajaran
  • Kerjasama ASEAN (Association of South East Asian Nation)

C.    Metode Pembelajaran
·      Bermain dan ceramah

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menjelaskan latar belakang didirikannya ASEAN.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan perkembangan ASEAN dan peran Indonesia dalam kerjasama dengan ASEAN
·         Peserta didik bermain Olimpiade Sejarah. Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok berjumlah sepuluh orang. Setiap kelompok mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian secara estafet (Uji Kompetensi hal 124). Kelompok yang paling cepat mengerjakan dan menjawab semua pertanyaan dengan benar adalah pemenangnya.
3. Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 115 - 128)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet          
F.     Penilaian
·   Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 124).

Kunci Jawaban
Uji Kompetensi

A.
1. a
2. a
3. c
4. c
5. a


B.
1. Dasasila Bandung
2. Beograd, Yugoslavia
3. Association of South East Asian Nation
4. 24 Oktober 1945
5. Amerika Serikat, Prancis, Inggris, Rusia, Cina




Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran




……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

Sejarah SMP IX RPP 23



SEJARAH IX RPP 23
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami Perubahan Pemerintah dan Kerjasama
                                                      Internasional
Kompetensi Dasar                   : 4.2. Menguraikan Perkembangan Lembaga Internasional dan
                                                         Peran Indonesia dalam Kerjasama Internasional
Indikator                                 :  -     Mendeskripsikan secara kronologis Konferensi Asia
                                                         Afrika dan peran Indonesia di dalamnya
·           Mendeskripsikan secara kronologis Gerakan Non Blok dan peran Indonesia di dalamnya
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan secara kronologis Konferensi Asia Afrika dan peran Indonesia di dalamnya
·         Mendeskripsikan secara kronologis Gerakan Non Blok dan peran Indonesia di dalamnya

B.     Materi Pembelajaran
  • Konferensi Asia Afrika
  • Gerakan Non Blok (Nonaligned Movement)

C.    Metode Pembelajaran
·      Bermain, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menjelaskan kondisi bangsa-bangsa di Asia Afrika pada pertengahan abad ke-20.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
·         Bermain “Tembak Jitu” mengenai Konferensi Asia Afrika. Peserta didik dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok yang membuat pertanyaan dan kelompok kedua adalah kelompok yang menjawab pertanyaan. Pemilihan kelompok berdasarkan undian. Apabila kelompok kedua menjawab dengan benar maka nilai kelompok kedua bertambah, tetapi bila menjawab salah maka nilai kelompok pertama yang bertambah. Pemenangnya adalah kelompok dengan nilai terbanyak.
·         Tanya jawab sekaligus tes lisan mengenai Gerakan Non Blok.
3. Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik ditugaskan mengerjakan portofolio dalam bentuk karangan deskriptif tentang proses pembentukan KAA (Karangan hal 124). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 115 - 128)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
·         Tes Lisan
·         Portofolio berbentuk karangan deskriptif tentang proses pembentukan KAA (Karangan hal 124). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengantar menunjukkan isi karangan





Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik





Isi menunjukkan masalah





Isi menunjukkan pemecahan masalah yang sesuai





Isi disajikan dari permasalahan hingga pemecahan masalah





Isi disajikan dengan bahasa yang baik





Penutup memberi kesimpulan terhadap permasalahan





Penutup disajikan dengan bahasa yang baik





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55







Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................