SEJARAH IX RPP 4
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami Kondisi Perkembangan Negara di Dunia
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk Pendudukan
Jepang) serta Pengaruhnya terhadap Keadaan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia
Indikator : - Mendeskripsikan perlawanan rakyat terhadap pendudukan
Jepang
3. Menunjukkan pada peta mengenai lokasi perlawanan rakyat terhadap pendudukan Jepang
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mendeskripsikan perlawanan rakyat terhadap pendudukan Jepang
· Menunjukkan pada peta mengenai lokasi perlawanan rakyat terhadap pendudukan Jepang
B. Materi Pembelajaran
- Perlawanan rakyat terhadap pendudukan Jepang
C. Metode Pembelajaran
· Bermain dan tanya jawab
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menjelaskan penderitaan yang dialami rakyat Indonesia selama pendudukan Jepang.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik bermain Olimpiade Sejarah. Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok, setiap kelompok berjumlah sepuluh orang. Setiap kelompok mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian secara estafet (Uji Kompetensi hal 21 – 22). Kelompok yang paling cepat mengerjakan dan menjawab semua pertanyaan dengan benar menjadi pemenangnya.
· Guru mendemonstrasikan peta perlawanan rakyat terhadap pendudukan Jepang dan melakukan tes lisan dengan peserta didik.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 13 - 24)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
A. Tes Lisan
B. Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 21 – 22).
Kunci Jawaban
Uji Kompetensi
A.
1. c
2. c
3. b
4. d
5. a
B.
1. Tarakan
2. memakai tenaga dan kekayaan Indonesia
3. romusha
4. Pembela Tanah Air
5. Soekarno dan Moh. Hatta
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment