SEJARAH IX RPP 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Usaha Mempertahankan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar : 2.1. Mengidentifikasi Usaha Perjuangan Mempertahankan
Kemerdekaan Indonesia
Indikator : - Mendeskripsikan perjuangan rakyat dan pemerintah
di berbagai daerah
3. Mengidentifikasi faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mendeskripsikan perjuangan rakyat dan pemerintah di berbagai daerah
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia
B. Materi Pembelajaran
· Perjuangan rakyat dan pemerintah di berbagai daerah
· Faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia
C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Siapa pemimpin perlawanan terhadap Belanda di daerah Bali”.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru bersama peserta didik membahas tabel perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia (Tabel 3.1 hal 35).
· Tanya jawab mengenai faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia.
· Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 37 - 38).
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik ditugaskan membuat produk berbentuk peta yang menggambarkan Indonesia pada tahun 1948 - 1949 (Produk hal 39). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
- Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 25 - 40)
- Peta konsep
- Power point
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
- Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 37 - 38).
Kunci Jawaban
Uji Kompetensi
A.
1. c
2. b
3. d
4. a
5. d
B.
1. Netherlands Indies Civil Administration
2. Australia, Belgia, Amerika Serikat
3. Sjafruddin Prawiranegara
4. 27 Desember 1949
5. I Gusti Ngurah Rai
· Produk berbentuk peta yang menggambarkan Indonesia pada tahun 1948 - 1949 (Produk hal 39). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian
Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengantar tentang bentuk peta Indonesia tahun 1948-1949 | | | | |
Pemahaman tentang maksud kegiatan | | | | |
Kemampuan membuat peta | | | | |
Kualitas peta | | | | |
Keindahan dan kerapian | | | | |
Kemampuan menjawab pertanyaan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment