Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 May 2011

Sejarah SMP IX RPP 7



SEJARAH IX RPP 7
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Usaha Mempertahankan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Mengidentifikasi Usaha Perjuangan Mempertahankan
Kemerdekaan Indonesia
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan perjuangan rakyat dan pemerintah
                                                        di berbagai daerah
3.      Mengidentifikasi faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.                Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan perjuangan rakyat dan pemerintah di berbagai daerah
·         Mengidentifikasi faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia

B.  Materi Pembelajaran
·         Perjuangan rakyat dan pemerintah di berbagai daerah
·         Faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia

C.  Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas

D.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Siapa pemimpin perlawanan terhadap Belanda di daerah Bali”.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
·         Guru bersama peserta didik membahas tabel perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia (Tabel 3.1 hal 35).
·         Tanya jawab mengenai faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 37 - 38).
3. Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik ditugaskan membuat produk berbentuk peta yang menggambarkan Indonesia pada tahun 1948 - 1949 (Produk hal 39). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.  Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 25 - 40)
  • Peta konsep
  • Power point
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F.  Penilaian
  • Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 37 - 38).

Kunci Jawaban
Uji Kompetensi

A.
1. c
2. b
3. d
4. a
5. d

B.
1. Netherlands Indies Civil Administration
2. Australia, Belgia, Amerika Serikat
3. Sjafruddin Prawiranegara
4. 27 Desember 1949
5. I Gusti Ngurah Rai


·         Produk berbentuk peta yang menggambarkan Indonesia pada tahun 1948 - 1949 (Produk hal 39). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Rubrik Penilaian
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengantar tentang bentuk peta Indonesia tahun 1948-1949




Pemahaman tentang maksud kegiatan




Kemampuan membuat peta




Kualitas peta




Keindahan dan kerapian




Kemampuan menjawab pertanyaan




Nilai rata-rata




Komentar

Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55





Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: