Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 May 2011

Sejarah SMP IX Silabus 1




SEJARAH IX SIALBUS 1

Nama Sekolah         : SMP                                                                                                                      SILABUS
Mata Pelajaran         : Sejarah
Kelas/Semester        : IX/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami Kondisi Perkembangan Negara di Dunia
Kompetensi Dasar



Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1. Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk Pendudukan Jepang) serta Pengaruhnya terhadap Keadaan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia
Perang Dunia II
·          Latar Belakang dan Sebab-Sebab Perang Dunia II



·          Permainan pembelajaran mengenai latar belakang dan sebab-sebab Perang Dunia II




·          Mengidentifikasi latar belakang terjadinya Perang Dunia II
·          Mengidentifikasi sebab-sebab Perang Dunia II


·          Porto-folio



·          Skala Sikap



·          Kliping



·          Skala Sikap



·          Buatlah kliping dari majalah, surat kabar atau internet mengenai artikel yang berisi profile, gambar-gambar atau foto peristiwa PD II! (Portofolio hal 11)
·          Krisis ekonomi di Italia bukanlah alasan untuk Italia menyerang negara lain. (Skala Sikap hal 12)

1x45 menit

·            Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 1 – 12)
·            Peta konsep
·            Power point
·            OHP
·            Buku-buku penunjang
·            Internet

·       Kronologi dan Dampak Perang Dunia II
·          Mendiskusikan dan mendeskripsikan kronologi serta dampak Perang Dunia II
·          Mendeskripsikan kronologi Perang Dunia II


·          Mengidentifikasi dampak Perang Dunia II
·          Unjuk Kerja



·          Tes Tertulis

·          Diskusi




·          Pilihan Ganda







·          Isian

·          Carilah artikel dari buku, majalah, atau internet mengenai profil tokoh-tokoh yang memiliki peran besar dalam Perang Dunia II. Kemudian diskusikanlah hasil kerja kalian! (Unjuk Kerja hal 11)
·          Atlantic Charter antara lain berisi ...
a.        setiap bangsa berhak memilih dan menentukan sistem pemerintahannya sendiri
b.        setiap negara berhak menentukan kebangsaannya
c.        setiap bangsa bebas menguasai lautan
d.        setiap bangsa dilahirkan sama (Uji Kompetensi hal 9 - 10)
·          Kesepakatan antara Perdana Menteri Winston Churchill dan Presiden Roosevelt disebut ... (Uji Kompetensi hal 10)


1x45 menit
·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 1 – 12)
·          Peta konsep
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
Masa Pendudukan Jepang di Indonesia
·          Latar Belakang dan Tujuan Pendudukan Jepang di Indonesia
·          Kebijakan Pemerintah Jepang Terhadap Pergerakan Kebangsaan


·          Mencari artikel pada situs www.gimonca.com mengenai Indonesia pada masa pendudukan Jepang

·          Mendeskripsikan kebijakan pemerintah Jepang terhadap pergerakan kebangsaan









·          Mendeskripsikan latar belakang dan tujuan pendudukan Jepang di Indonesia

·          Mendeskripsikan kebijakan pemerintah Jepang terhadap pergerakan kebangsaan






·          Skala Sikap



·          Porto-folio











·          Skala Sikap




·          Makalah






·          Jepang pada dasarnya tidak mempunyai niat untuk membantu Indonesia. (Skala Sikap hal 24)



·          Buatlah sebuah makalah (4-5 halaman) bertema “Indonesia pada masa pendudukan Jepang.” (Portofolio hal 23)





1x45 menit


·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS  (hal 13 – 24)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
·          Perlawanan Rakyat Terhadap Pendudukan Jepang


·          Mendeskripsikan perlawanan rakyat terhadap pendudukan Jepang disertai permainan

·          Menunjukkan pada peta mengenai lokasi perlawanan rakyat terhadap pendudukan Jepang


·          Mendeskripsikan perlawanan rakyat terhadap pendudukan Jepang

·          Menunjukkan pada peta mengenai lokasi perlawanan rakyat terhadap pendudukan Jepang
·          Tes Tertulis




·          Tes Lisan

·          Pilihan Ganda




·          Isian

·          Soal Peta




·          Pemimpin pemberontakan PETA di Blitar adalah ...
a.        Soekarno
b.        Zainal Mustafa
c.        Muradi
d.        Soeprijadi (Uji Kompetensi hal 21 - 22)
·          Kepanjangan dari PETA adalah ... (Uji Kompetensi hal 22)
·          Tunjukkanlah lokasi perlawanan Abdul Jalil!

1x45 menit
·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 13 – 24)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet



Nama Sekolah         : SMP                                                                                                                      SILABUS
Mata Pelajaran         : Sejarah
Kelas/Semester        : IX/1
Standar Kompetensi : 2. Memahami Usaha Mempertahankan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1. Mengidentifikasi Usaha Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia
Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan
·          Konflik Antara Indonesia dan Belanda








·          Pembelajaran inquiri mengenai alasan dan pengaruh konflik antara Indonesia dan Belanda serta peran dunia internasional dalam konflik







·          Mengidentifikasi konflik antara Indonesia dan Belanda







·          Portofolio










·          Karangan













·          Jelaskan mengapa Belanda melaksanakan Agresi Militer I dan II! (Karangan hal 38)




1x45 menit



·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 25 – 40)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
·          Diplomasi Indonesia di Dunia Internasional





·          Diskusi dan presentasi mengenai diplomasi Indonesia di dunia internasional dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia



·          Mendeskripsikan diplomasi Indonesia di dunia internasional

·          Unjuk Kerja






·          Diskusi dan Presentasi






·          Carilah artikel dari buku, majalah, atau internet mengenai diplomasi Indonesia di dunia internasional dalam usaha mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Kemudian diskusikanlah hasil kerja kalian dan presentasikan di depan kelas! (Unjuk Kerja hal 39)

1x45 menit
·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 25 – 40)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
·          Perjuangan Rakyat dan Pemerintah di Berbagai Daerah

·          Faktor-Faktor yang Memaksa Belanda Keluar dari Indonesia

·          Mendeskripsikan tabel 3.1 hal 35 perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dan bermain
·          Tanya jawab mengenai faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia
·          Mendeskripsikan perjuangan rakyat dan pemerintah di berbagai daerah

·          Mengidentifikasi faktor-faktor yang memaksa Belanda keluar dari Indonesia
·          Produk




·          Tes Tertulis





·          Peta




·          Pilihan Ganda









·          Isian

·          Buatlah peta yang menggambarkan Indonesia pada tahun 1948-1949! Gunakan kertas karton ukuran besar! Buatlah seindah mungkin! (Produk hal 39)
     
·          Ancaman yang dikeluarkan Amerika Serikat agar Belanda menghentikan agresinya ke Indonesia adalah ...
a.        menghentikan bantuan ekonomi Marshall Plan
b.        menyerang balik Belanda dengan seluruh    kekuatan Amerika Serikat
c.        menghentikan bantuan berupa bahan makanan bagi rakyat Belanda
d.        mengeluarkan Belanda dari keanggotaan PBB (Uji Kompetensi hal 37 - 38)
·          Penyerahan kedaulatan Republik Indonesia oleh Belanda dilaksanakan pada tanggal ... (Uji Kompetensi hal 38)

1x45 menit
·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 25 – 40)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet




Nama Sekolah         : SMP                                                                                                                      SILABUS
Mata Pelajaran         : Sejarah
Kelas/Semester        : IX/1
Standar Kompetensi : 2. Memahami Usaha Mempertahankan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator

Penilaian

Alokasi
Waktu
Sumber Belajar/Bahan/
Alat
Teknik
Bentuk
Instrumen
Contoh
Instrumen
2.2. Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
Kembali ke Negara Kesatuan dan Pemilu I
·          Kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Kehidupan Ekonomi Pasca Pengakuan Kedaulatan 



·          Menjelaskan mengenai kembali ke Negara Kesatuan Republik Indonesia  
·          Mendiskusikan kehidupan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan



·          Mendeskripsikan kembalinya bentuk negara dari RIS ke NKRI
·          Mengidentifikasi kehidupan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan



·          Skala Sikap


·          Unjuk Kerja



·          Skala Sikap


·          Diskusi



·          Bentuk negara federasi memang tidak cocok diterapkan di Indonesia. (Skala Sikap hal 52)


·          Carilah artikel dari buku, majalah, surat kabar atau internet mengenai kehidupan ekonomi pasca pengakuan kedaulatan. Kemudian diskusikanlah hasil kerja kalian! (Unjuk Kerja hal 51)




1x45 menit



·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 41 – 52)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
·          Pemilu I
·          Mencari artikel di internet pada situs www.kpu.go.id/sejarah/pemilu1955.shtml untuk mengetahui sejarah pemilihan umum pertama di Indonesia

·          Mengidentifikasi hal-hal yang terjadi pada periode sebelum pemilihan umum
·          Mendeskripsikan jalannya pemilihan umum pertama di Indonesia
·          Mendeskripsikan periode setelah pemilihan umum pertama
·          Portofolio



·          Portofolio



·          Tes Tertulis
·          Rangkuman


·          Karangan



·          Pilihan Ganda





·          Isian
·          Buatlah rangkuman berdasarkan infornasi hasil temuan dari internet


·          Jelaskan perbedaan periode Indonesia sebelum Pemilihan Umum I dengan periode Indonesia setelah Pemilihan Umum I! (Karangan hal 50)

·          Empat partai terbesar hasil PEMILU I adalah ...
a.        PNI, Masyumi, Muhammadiyah, PKI
b.        PNI, Masyumi, Muhammadiyah, NU
c.        PNI, NU, Muhammadiyah, PKI
d.        PNI, Masyumi, NU, PKI (Uji Kompetensi hal 49 - 50)
·          Pemilihan umum pertama dilaksanakan pada tanggal ... (Uji Kompetensi hal 50)


1x45 menit
·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 41 – 52)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
Dekrit Presiden 5 Juli 1959
·          Tanya jawab mengenai latar belakang Dekrit Presiden



·          Mencari artikel di internet http://202.46.4.53/galeri/dekrit.presiden.htm
·          Mendeskripsikan kehidupan pemerintahan sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959
·          Mengidentifikasi latar belakang Dekrit Presiden 5 Juli 1959


·          Mendeskripsikan Dekrit Presiden 5 Juli 1959




·          Mendeskripsikan kehidupan pemerintahan sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959
·          Tes Tertulis




·          Tes Tertulis





·          Skala Sikap
·          Pilihan Ganda




·          Isian






·          Skala Sikap
·          Penyebab dikeluarkannya Dekrit Presiden ...
·           keadaan ekonomi memburuk
·           terjadi pergolakan di berbagai daerah
·           Dewan Konstituante gagal menyusun UUD
·           partai politik bersaing memperebutkan kedudukan (Uji Kompetensi hal 62)
·          Salah satu isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959 adalah berlakunya kembali ... (Uji Kompetensi hal 62)




·          Demokrasi Terpimpin sangat tepat untuk diterapkan di Indonesia (Skala Sikap hal 64)



1x45 menit
·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 53 – 64)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
Penyimpangan Politik Luar Negeri Indonesia Bebas Aktif
·          Diskusi dan presentasi mengenai penyimpangan politik luar negeri Indonesia bebas aktif
·          Mengidentifikasi penyimpangan politik luar negeri Indonesia bebas aktif
·          Unjuk Kerja
·          Diskusi dan Presentasi
·          Carilah artikel ataupun tulisan dari buku, majalah, surat kabar atau internet mengenai penyimpangan politik luar negeri bebas aktif. Kemudian diskusikanlah hasil kerja kalian dan presentasikan di depan kelas! (Unjuk Kerja hal 63)

1x45 menit
·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 53 – 64)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
Pergolakan Sosial Politik Dalam Negeri
·     Persoalan Hubungan Pusat-Daerah



·     Persaingan Ideologi di Kalangan Partai



·          Pembelajaran inquiri mengenai persoalan hubungan pusat-daerah



·          Mendeskripsikan persaingan ideologi di kalangan partai



·          Mengidentifikasi dampak persoalan hubungan pusat-daerah dan pergolakan sosial politik
·          Mendeskripsikan persaingan ideologi di kalangan partai



·          Portofolio





·          Tes Tertulis



·          Karangan





·          Pilihan Ganda






·          Isian

·          Uraian



·          Desainlah sebuah penelitian tentang latar belakang, mengapa, dan bagaimana pemberontakan PRRI dan Permesta terjadi! Tulislah jawabanmu dalam bentuk karangan! (Karangan hal 74)

·          Doktrin yang dicetuskan Soekarno dalam menggabungkan tiga aliran di Indonesia disebut ...
a.        Nekolim
b.        Zaken Kabinet
c.        Manikebu
d.        Nasakom (Uji Kompetensi hal 73 dan Evaluasi Semester 1 hal 77 - 78)
·          Doktrin Nasakom terdiri dari ... (Uji Kompetensi hal 73)
·          Jelaskan kronologi pelaksanaan Pemilu I tahun 1955! (Evaluasi Semester 1 hal 78)



1x45 menit



·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 65 – 78)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet
·     Pemberontakan APRA, Andi Aziz, dan RMS
·          Presentasi mengenai peristiwa pemberontakan APRA, Andi Aziz, dan RMS
·          Mendeskripsikan peristiwa pemberontakan APRA, Andi Aziz, dan RMS
·          Unjuk Kerja
·          Presentasi
·          Carilah data tentang pemberontakan yang terjadi di Indonesia! Analisislah mengapa pemberontakan tersebut terjadi dan presentasikan di depan kelas! (Unjuk Kerja hal 74)
1x45 menit
·          Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 65 – 78)
·          Peta konsep
·          Power point
·          OHP
·          Buku-buku penunjang
·          Internet

No comments: