SEJARAH IX RPP 16
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi : 3. Memahami Usaha Mempertahankan Republik Indonesia
Kompetensi Dasar : 3.1. Mendeskripsikan Perjuangan Bangsa Indonesia Merebut
Irian Barat
Indikator : - Mengidentifikasi arti penting Penentuan Pendapat Rakyat
(PEPERA)
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mengidentifikasi arti penting Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA)
B. Materi Pembelajaran
- Arti penting Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA)
C. Metode Pembelajaran
· Ceramah dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menanyakan “Apa hasil dari PEPERA?”.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Guru menjelaskan arti penting Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA).
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik mengerjakan portofolio berbentuk kliping dari surat kabar, buku, majalah, atau internet yang berisi tentang pelaksanaan PEPERA di Irian Barat (Portofolio hal 88). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
- Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 79 - 88)
- Peta konsep
- Power point
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
· Portofolio berbentuk kliping dari surat kabar, buku, majalah, atau internet yang berisi tentang pelaksanaan PEPERA di Irian Barat (Portofolio hal 88). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian
Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
Pengetahuan tentang pelaksanaan PEPERA | | | | |
Pemahaman tentang konsep PEPERA | | | | |
Kualitas dan kerapian kliping | | | | |
Sistematika kliping | | | | |
Kesesuaian kliping dengan tugas yang diberikan | | | | |
Nilai rata-rata | | | | |
Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment