Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 May 2011

Sejarah SMP IX RPP 16



SEJARAH IX RPP 16
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 3. Memahami Usaha Mempertahankan Republik Indonesia
Kompetensi Dasar                   : 3.1. Mendeskripsikan Perjuangan Bangsa Indonesia Merebut
                                                         Irian Barat
Indikator                                 : -     Mengidentifikasi arti penting Penentuan Pendapat Rakyat
                                                        (PEPERA)
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mengidentifikasi arti penting Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA)

B. Materi Pembelajaran
  • Arti penting Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA)

C. Metode Pembelajaran
·      Ceramah dan pemberian tugas

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan “Apa hasil dari PEPERA?”.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan arti penting Penentuan Pendapat Rakyat (PEPERA).
3. Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan portofolio berbentuk kliping dari surat kabar, buku, majalah, atau internet yang berisi tentang pelaksanaan PEPERA di Irian Barat (Portofolio hal 88). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
        • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
        • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
        • Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 79 - 88)
        • Peta konsep
        • Power point
        • OHP
        • Buku-buku penunjang yang relevan
        • Internet

F. Penilaian
·           Portofolio berbentuk kliping dari surat kabar, buku, majalah, atau internet yang berisi tentang pelaksanaan PEPERA di Irian Barat (Portofolio hal 88). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian   
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Pengetahuan tentang pelaksanaan PEPERA




Pemahaman tentang konsep PEPERA




Kualitas dan kerapian kliping




Sistematika kliping




Kesesuaian kliping dengan tugas yang diberikan




Nilai rata-rata




Komentar

Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55








Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran





……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................


No comments: