Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 May 2011

Sejarah SMP IX RPP 10



SEJARAH IX RPP 10
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Usaha Mempertahankan Kemerdekaan 
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan Peristiwa-Peristiwa Politik dan
Ekonomi Indonesia Pasca Pengakuan Kedaulatan
Indikator                                 : -     Mengidentifikasi latar belakang Dekrit Presiden
                                                        5 Juli 1959
-          Mendeskripsikan Dekrit Presiden 5 Juli 1959
-          Mendeskripsikan kehidupan pemerintahan sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mengidentifikasi latar belakang Dekrit Presiden 5 Juli 1959
  • Mendeskripsikan Dekrit Presiden 5 Juli 1959
  • Mendeskripsikan kehidupan pemerintahan sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959

B. Materi Pembelajaran
·           Latar belakang Dekrit Presiden 5 Juli 1959
·           Dekrit Presiden 5 Juli 1959
·           Kehidupan pemerintahan sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959

C. Metode Pembelajaran
·           Pembelajaran melalui ICT, tanya jawab, dan pemberian tugas

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·      Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Apa tugas Dewan Konstituante?”.
·      Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
·         Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab mengenai latar belakang dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959.
·         Peserta didik mencari artikel di internet http://202.46.4.53/galeri/dekrit.presiden.htm mengenai naskah asli Dekrit Presiden 5 Juli 1959.
·         Guru menjelaskan mengenai kehidupan pemerintahan sesudah Dekrit Presiden 5 Juli 1959.
3. Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Skala Sikap (hal 64).
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 62). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.


E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 53 - 64)
  • Peta konsep
  • Power point
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet

F. Penilaian
A.    Skala Sikap (hal 64)
B.     Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 62). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Kunci Jawaban
Uji Kompetensi


A.
1. c
2. b
3. c
4. c
5. d

B.
1. UUD 1945
2. MPRS
3. Dewan Perancang Nasional
4. Old Emerging Force
5. Dwi Komando Rakyat




Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: