Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 May 2011

Sejarah SMP IX RPP 13



SEJARAH IX RPP 13
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Usaha Mempertahankan Kemerdekaan 
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan Peristiwa-Peristiwa Politik dan
Ekonomi Indonesia Pasca Pengakuan Kedaulatan
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan peristiwa pemberontakan APRA,
                                                        Andi Aziz, dan RMS
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan peristiwa pemberontakan APRA, Andi Aziz, dan RMS

B.  Materi Pembelajaran
·         Pemberontakan APRA, Andi Aziz, dan RMS

C. Metode Pembelajaran
·      Presentasi

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·           Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Adakah pemberontakan lain yang terjadi di Indonesia selain PRRI dan Permesta?”.
·           Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Peserta didik mencari data tentang pemberontakan yang terjadi di Indonesia dan menganalisis mengapa pemberontakan tersebut terjadi. Kemudian peserta didik mempresentasikan hasil kerja tersebut di depan kelas (Unjuk Kerja hal 63).
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.

E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·                                                                               Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·                                                                               Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
·                                                                               Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 65 - 78)
·                                                                               Peta konsep
·                                                                               Power point
·                                                                               OHP
·                                                                               Buku-buku penunjang yang relevan
·                                                                               Internet

F. Penilaian
·      Unjuk Kerja berbentuk presentasi mengenai mengapa pemberontakan APRA, Andi Aziz, dan RMS terjadi (Unjuk Kerja hal 74).

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengetahuan tentang pemberontakan yang terjadi di Indonesia





Pemahaman tentang konsep pemberontakan





Kemampuan analisis dalam menjawab mengapa pemberontakan tersebut terjadi





Kemampuan dalam presentasi





Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam presentasi





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55









Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran




……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................


No comments: