10 May 2011

Sejarah SMP IX RPP 2



SEJARAH IX RPP 2
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 1. Memahami Kondisi Perkembangan Negara di Dunia
Kompetensi Dasar                   : 1.1. Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk Pendudukan     
Jepang) serta Pengaruhnya terhadap Keadaan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan kronologi Perang Dunia II
3.      Mengidentifikasi dampak Perang Dunia II
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·    Mendeskripsikan kronologi Perang Dunia II
·    Mengidentifikasi dampak Perang Dunia II

A.     Materi Pembelajaran
·       Kronologi Perang Dunia II
·       Dampak Perang Dunia II

B.     Metode Pembelajaran
·      Diskusi dan pemberian tugas

C.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Kejadian langsung apa yang memicu terjadinya Perang Dunia II?”.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Pada akhir pertemuan sebelumnya, guru menugaskan peserta didik untuk mencari artikel dari buku, majalah, atau internet mengenai profil tokoh-tokoh yang memiliki peran besar dalam Perang Dunia II. Kemudian peserta didik mendiskusikan hasil kerja tersebut (Unjuk Kerja hal 11).
·         Guru menjelaskan mengenai dampak Perang Dunia II.
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 9 – 10).

D.      Sumber Belajar / Bahan / Alat
  • Kurikulum KTSP dan perangkatnya
  • Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
  • Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 1 - 12)
  • Peta konsep
  • Power point
  • OHP
  • Buku-buku penunjang yang relevan
  • Internet
E.     Penilaian
a.       Unjuk kerja berbentuk diskusi mengenai profil tokoh-tokoh yang memiliki peran besar dalam Perang Dunia II (Unjuk Kerja hal 11).

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengetahuan tentang tokoh-tokoh yang memiliki peran besar dalam PD II





Kemampuan mencari artikel ataupun tulisan tentang tokoh-tokoh yang memiliki peran besar dalam PD II





Kemampuan penggunaan bahasa yang baik dalam diskusi





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55





A.  Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 9 – 10).

Kunci Jawaban
Uji Kompetensi

A.
1. c
2. b
3. b
4. a
5. c

B.
1. Uni Soviet
2. Nazi
3. Il Duce
4. Pearl Harbour
5. Piagam Atlantik (Atlantik Charter)






Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran




……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................        
                                                

No comments: