SEJARAH IX RPP 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami Kondisi Perkembangan Negara di Dunia
Kompetensi Dasar : 1.1. Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk Pendudukan
Jepang) serta Pengaruhnya terhadap Keadaan Sosial, Ekonomi, dan Politik di Indonesia
Indikator : - Mengidentifikasi latar belakang terjadinya Perang Dunia
II
3. Mengidentifikasi sebab-sebab Perang Dunia II
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
· Mengidentifikasi latar belakang terjadinya Perang Dunia II
- Mengidentifikasi sebab-sebab Perang Dunia II
B. Materi Pembelajaran
· Latar belakang terjadinya Perang Dunia II
· Sebab-sebab Perang Dunia II
C. Metode Pembelajaran
Bermain, dan pemberian tugas melalui ICT
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menerangkan secara garis besar mengenai situasi dunia setelah Perang Dunia I.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Sebelumnya peserta didik dibagi dalam dua kelompok dan ditugaskan untuk membaca buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS halaman 1 - 6. Kelompok pertama membuat daftar pertanyaan mengenai latar belakang terjadinya Perang Dunia II. Kelompok kedua membuat daftar pertanyaan mengenai sebab-sebab terjadinya Perang Dunia II.
· Melakukan permainan Tembak Jitu. Kelompok pertama mengajukan daftar pertanyaan mengenai latar belakang Perang Dunia II untuk dijawab oleh kelompok kedua. Sebaliknya, kelompok kedua mengajukan daftar pertanyaan mengenai sebab-sebab Perang Dunia II untuk dijawab oleh kelompok pertama. Kelompok yang paling banyak menjawab pertanyaan menjadi pemenangnya.
· Guru memonitoring siswa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan.
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
· Peserta didik ditugaskan mengerjakan portofolio berbentuk kliping dari majalah, surat kabar, atau internet mengenai artikel berisi profile atau foto peristiwa PD II (Portofolio hal 11) dan Skala Sikap (hal 12). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
- Kurikulum KTSP dan perangkatnya
- Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
- Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 1 - 12)
- Peta konsep
- Power point
- OHP
- Buku-buku penunjang yang relevan
- Internet
F. Penilaian
· Skala Sikap (hal 12). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
· Portofolio berbentuk kliping dari majalah, surat kabar, atau internet mengenai artikel berisi profile atau foto peristiwa PD II (Portofolio hal 11). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Pengetahuan tentang PD II | | | | |
| Pemahaman tentang konsep PD II | | | | |
| Kualitas kliping | | | | |
| Sistematika kliping | | | | |
| Kesesuaian kliping dengan tugas yang diberikan | | | | |
| Kerapian kliping | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
Administrasi PBM, Sejarah SMP IX, RPP Sejarah SMP IX, Sejarah SMP IX RPP 1,
No comments:
Post a Comment