10 May 2011

Sejarah SMP IX RPP 25



SEJARAH IX RPP 25
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami Perubahan Pemerintah dan Kerjasama
                                                      Internasional
Kompetensi Dasar                   : 4.2. Menguraikan Perkembangan Lembaga Internasional dan
                                                         Peran Indonesia dalam Kerjasama Internasional
Indikator                                 :  -     Mendeskripsikan perkembangan PBB dan peran 
                                                         Indonesia dalam keanggotaan PBB
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
·         Mendeskripsikan perkembangan PBB dan peran Indonesia dalam keanggotaan PBB

B.     Materi Pembelajaran
  • Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB)

C.    Metode Pembelajaran
·      Pembelajaran melalui ICT dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.  Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menjelaskan latar belakang didirikannya PBB.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.  Kegiatan Inti
·         Peserta didik mencari artikel di internet pada situs www.un.org mengenai PBB.
·         Tanya jawab mengenai PBB.
3.  Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Evaluasi Semester 2 pilihan ganda dan uraian (Evaluasi Semester 2 hal 127 – 128).

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 115 - 128)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F.     Penilaian
  • Tes Tertulis Evaluasi Semester 2 pilihan ganda dan uraian (Evaluasi Semester 2 hal 127 – 128).

Kunci Jawaban
Evaluasi Semester 2
A.

1. b
2. b
3. b
4. a
5. a
6. c
7. b
8. c
9. c
10. a
11. b
12. a
13. d
14. a
15. b
16. a
17. d
18. c
19. a
20. a

B.
  1. Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan kolonial Belanda, kibarkan Sang Saka Merah Putih di seluruh Irian Barat, bersiaplah untuk mobilisasi umum, mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air dan bangsa.
  2. Pasukan TNI merebut Bandara Halim Perdanakusuma yang diduga sebagai pusat G 30 S/PKI, melakukan pengejaran dan mengadili anggota-anggota PKI.
  3. Pemberontakan G 30 S PKI dan kondisi perekonomian yang memburuk membuat rakyat dan mahasiswa melakukan demonstrasi dan mengajukan Tritura. Untuk mengatasi krisis tersebut, Presiden Soekarno mengundang ketua partai-partai politik untuk mengutuk aksi mahasiswa yang menyebabkan kekacauan. Namun, permintaan tersebut ditolak dan partai-partai justru ikut mendukung aksi mahasiswa. Kemudian Presiden Soekarno mengeluarkan Supersemar kepada Mayjen. Soeharto untuk memulihkan keamanan dan kewibawaan pemerintah. Presiden Soekarno didesak oleh berbagai pihak untuk menyerahkan kekuasaan kepada Soeharto. Ia kemudian mengundurkan diri sebagai Presiden RI pada sidang istimewa Maret 1968 dan digantikan oleh Soeharto.
  4. Krisis multidimensi yang melanda Indonesia pada tahun 1997 membuat rakyat menderita dan memicu gerakan reformasi. Keadaan yang terus memburuk menimbulkan kerusuhan dimana-mana. Sementara itu, rakyat yang dipelopori mahasiswa melakukan protes dan demonstrasi. Mereka menuntut reformasi total secara menyeluruh termasuk pengunduran diri Soeharto dari kursi kepresidenan.
  5. Dalam perkembangannya, ASEAN telah melakukan berbagai kerjasama. Di bidang politik, ASEAN mencapai kesepakatan untuk menjadikan kawasan Asia Tenggara sebagai kawasan bebas nuklir. Di bidang ekonomi, membangun proyek bersama seperti pabrik pupuk urea/amoniak di Indonesia dan Malaysia. Selain itu disepakati pula untuk membentuk AFTA (Asean Free Trade Area). Di bidang sosial dan budaya antara lain dilakukan pertukaran pelajar, penanggulangan bencana alam, dan program bersama antarstasiun televisi.

Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran



……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: