10 May 2011

Sejarah SMP IX RPP 15



SEJARAH IX RPP 15
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 3. Memahami Usaha Mempertahankan Republik Indonesia
Kompetensi Dasar                   : 3.1. Mendeskripsikan Perjuangan Bangsa Indonesia Merebut
                                                         Irian Barat
Indikator                                 : -     Mendeskripsikan perjuangan bersenjata dalam upaya
                                                        mengembalikan Irian Barat
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
·           Peserta didik mampu untuk: Mendeskripsikan perjuangan bersenjata dalam upaya mengembalikan Irian Barat

B.  Materi Pembelajaran
  • Perjuangan bersenjata

C. Metode Pembelajaran
Bermain dan pemberian tugas

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan kepada peserta didik “Apa yang kalian ketahui tentang Trikora?”.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
·         Guru menjelaskan perjuangan bersenjata dalam upaya mengembalikan Irian Barat.
·         Bermain “Tembak Jitu” mengenai perjuangan bersenjata dalam upaya mengembalikan Irian Barat. Peserta didik dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok yang membuat pertanyaan dan kelompok kedua adalah kelompok yang menjawab pertanyaan. Pemilihan kelompok berdasarkan undian. Apabila kelompok kedua menjawab dengan benar maka nilai kelompok kedua bertambah, tetapi bila menjawab salah maka nilai kelompok pertama yang bertambah. Pemenangnya adalah kelompok dengan nilai terbanyak.
3. Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 86).

E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 79 - 88)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F. Penilaian
·         Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 86).

Kunci Jawaban
Uji Kompetensi

A.
1. b
2. d
3. b
4. d
5. d


B.
1. Soasiu 
2. Zainal Abidin Syah
3. Tiga Komando Rakyat
4. UNTEA
5. Konsultasi, pemilihan anggota Dewan Musyawarah, pelaksanaan PEPERA





Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran




……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: