10 May 2011

Sejarah SMP IX RPP 19



SEJARAH IX RPP 19
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 2 (dua)
Standar Kompetensi               : 4. Memahami Perubahan Pemerintah dan Kerjasama
                                                      Internasional
Kompetensi Dasar                   : 4.1. Menjelaskan Berakhirnya Masa Orde Baru dan Lahirnya
                                                         Reformasi
Indikator                                 : -     Mengidentifikasi tuntutan pembubaran PKI dan proses
                                                        lahirnya Orde Baru
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mengidentifikasi tuntutan pembubaran PKI dan proses lahirnya Orde Baru

B. Materi Pembelajaran
·      Kelahiran Orde Baru

C. Metode Pembelajaran
·      Tanya jawab dan pembelajaran melalui ICT

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menjelaskan kepada peserta didik situasi Indonesia pasca G 30 S/PKI.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
·         Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab mengenai kelahiran Orde Baru.
·         Peserta didik mencari artikel di internet mengenai Supersemar dengan menggunakan search engine yahoo.com atau google.com (Dunia Maya hal 104).
·         Peserta didik ditugaskan membuat portofolio berbentuk karangan tentang hasil temuan dari internet mengenai Supersemar beserta alamat situs yang didapatkan (Dunia Maya hal 104). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
3. Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.

E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·         Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·         Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
·         Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 101 - 114)
·         Peta konsep
·         Power point
·         OHP
·         Buku-buku penunjang yang relevan
·         Internet

F. Penilaian
    • Portofolio berbentuk karangan tentang hasil temuan dari internet mengenai Supersemar beserta alamat situs yang didapatkan (Dunia Maya hal 104). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengantar menunjukkan isi





Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik





Isi berisi penjelasan mengenai Supersemar





Isi disajikan dengan bahasa yang baik





Penutup memberi kesimpulan akhir





Penutup disajikan dengan bahasa yang baik





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55










Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran




……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: