SEJARAH IX RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
SMP/MTs. :
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas/Semester : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami Usaha Mempertahankan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar : 2.1. Mengidentifikasi Usaha Perjuangan Mempertahankan
Kemerdekaan Indonesia
Indikator : - Mengidentifikasi konflik antara Indonesia dan Belanda
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
- Mengidentifikasi konflik antara Indonesia dan Belanda
B. Materi Pembelajaran
- Konflik antara Indonesia dan Belanda
C. Metode Pembelajaran
Inquiri dan pemberian tugas
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan
· Apersepsi guru menjelaskan secara garis besar wilayah Indonesia pada saat Proklamasi Kemerdekaan dan kedatangan AFNEI yang diboncengi oleh NICA.
· Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2. Kegiatan Inti
· Peserta didik ditugaskan membuat daftar pertanyaan mengenai konflik antara Indonesia dan Belanda. Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
· Peserta didik membuat karangan untuk menjawab pertanyaan “Jelaskan mengapa Belanda melaksanakan Agresi Militer I dan II?” (Karangan hal 38).
3. Kegiatan Penutup
· Menarik kesimpulan materi.
E. Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
· Kurikulum KTSP dan perangkatnya
· Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
· Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 25 - 40)
· Peta konsep
· Power point
· OHP
· Buku-buku penunjang yang relevan
· Internet
F. Penilaian
- Karangan untuk menjawab pertanyaan “Jelaskan mengapa Belanda melaksanakan Agresi Militer I dan II?” (Karangan hal 38).
Rubrik Penilaian
| Indikator | Nilai kualitatif | Nilai kuantitatif | Deskripsi (Alasan) | |
| Pengantar menunjukkan isi | | | | |
| Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
| Isi berisi penjelasan terhadap apa yang diminta | | | | |
| Isi disjaikan dengan bahasa yang baik | | | | |
| Penutup memberi kesimpulan akhir | | | | |
| Penutup disajikan dengan bahasa yang baik | | | | |
| Nilai rata-rata | | | | |
| Komentar |
Mengetahui, Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan Guru Mata Pelajaran
……………………........ ........................................
NIP/NRK....................... NIP/NRK.......................
No comments:
Post a Comment