Google Web Search Gadget

There was an error in this gadget

10 May 2011

Sejarah SMP IX RPP 5



SEJARAH IX RPP 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Standar Kompetensi               : 2. Memahami Usaha Mempertahankan Kemerdekaan
Kompetensi Dasar                   : 2.1. Mengidentifikasi Usaha Perjuangan Mempertahankan
Kemerdekaan Indonesia
Indikator                                 : -    Mengidentifikasi konflik antara Indonesia dan Belanda
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A.    Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mengidentifikasi konflik antara Indonesia dan Belanda

B.     Materi Pembelajaran
  • Konflik antara Indonesia dan Belanda

C.    Metode Pembelajaran
Inquiri dan pemberian tugas

D.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menjelaskan secara garis besar wilayah Indonesia pada saat Proklamasi Kemerdekaan dan kedatangan AFNEI yang diboncengi oleh NICA.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·           Peserta didik ditugaskan membuat daftar pertanyaan mengenai konflik antara Indonesia dan Belanda. Guru menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan melibatkan seluruh peserta didik.
·           Peserta didik membuat karangan untuk menjawab pertanyaan “Jelaskan mengapa Belanda melaksanakan Agresi Militer I dan II?” (Karangan hal 38).
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.

E.     Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·       Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·       Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
·       Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 25 - 40)
·       Peta konsep
·       Power point
·       OHP
·       Buku-buku penunjang yang relevan
·       Internet

F.     Penilaian
  • Karangan untuk menjawab pertanyaan “Jelaskan mengapa Belanda melaksanakan Agresi Militer I dan II?” (Karangan hal 38).

Rubrik Penilaian   

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengantar menunjukkan isi





Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik





Isi berisi penjelasan terhadap apa yang diminta





Isi disjaikan dengan bahasa yang baik





Penutup memberi kesimpulan akhir





Penutup disajikan dengan bahasa yang baik





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55









Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran




……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................

No comments: