10 May 2011

Sejarah SMP IX RPP 9



SEJARAH IX RPP 9
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

SMP/MTs.                               :
Mata Pelajaran                        : Sejarah
Kelas/Semester                        : IX (sembilan)/ 1 (satu)
Kompetensi Dasar                   : 2.2. Mendeskripsikan Peristiwa-Peristiwa Politik dan
Ekonomi Indonesia Pasca Pengakuan Kedaulatan
Indikator                                 : -     Mengidentifikasi hal-hal yang terjadi pada periode
                                                        sebelum pemilihan umum
3.      Mendeskripsikan jalannya pemilihan umum pertama di Indonesia
4.      Mendeskripsikan periode setelah pemilihan umum pertama        
Alokasi Waktu                        : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu untuk:
  • Mengidentifikasi hal-hal yang terjadi pada periode sebelum pemilihan umum
  • Mendeskripsikan jalannya pemilihan umum pertama di Indonesia
  • Mendeskripsikan periode setelah pemilihan umum pertama  

B.  Materi Pembelajaran
  • Periode sebelum pemilihan umum
  • Pemilihan umum pertama di Indonesia
  • Periode setelah pemilihan umum pertama

C. Metode Pembelajaran
Pembelajaran melalui ICT dan pemberian tugas

D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan
·         Apersepsi guru menanyakan peserta didik “Siapa perdana menteri Indonesia pada saat pemilu pertama dilaksanakan?”.
·         Menyampaikan tujuan pembelajaran dan memberikan motivasi.
2.      Kegiatan Inti
·         Mencari artikel di internet pada situs www.kpu.go.id/sejarah/pemilu1955.shtml untuk mengetahui sejarah pemilihan umum pertama di Indonesia dan membuat rangkuman berdasarkan hasil temuan dari internet.
·         Peserta didik mengerjakan Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 49 – 50).
3.      Kegiatan Penutup
·         Menarik kesimpulan materi.
·         Peserta didik ditugaskan membuat portofolio berbentuk karangan mengenai perbedaan periode Indonesia sebelum Pemilihan Umum I dengan periode Indonesia sesudah Pemilihan Umum I (Karangan hal 50). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.

E.  Sumber Belajar/ Bahan/ Alat
·      Kurikulum KTSP dan perangkatnya
·      Pedoman Khusus Pengembangan Silabus KTSP SMP IX - ESIS
·      Buku sumber Sejarah SMP IX – ESIS (hal 41 - 52)
·      Peta konsep
·      Power Point
·      OHP
·      Buku-buku penunjang yang relevan
·      Internet

F. Penilaian
·         Rangkuman berdasarkan hasil temuan dari internet mengenai sejarah pemilihan umum pertama di Indonesia.


Rubrik Penilaian   
Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)
Kesesuaian rangkuman dengan isi artikel




Rangkuman dilengkapi dengan gambar pemilihan umum pertama




Kualitas rangkuman




Kerapian rangkuman




Nilai rata-rata




Komentar


·         Portofolio berbentuk karangan mengenai perbedaan periode Indonesia sebelum Pemilihan Umum I dengan periode Indonesia sesudah Pemilihan Umum I (Karangan hal 50). Tugas dikumpulkan pada pertemuan berikutnya.
Rubrik Penilaian

Indikator
Nilai kualitatif
Nilai kuantitatif
Deskripsi (Alasan)

Pengantar menunjukkan isi





Pengantar disajikan dengan bahasa yang baik





Isi berisi penjelasan terhadap perbedaan yang dimaksud





Isi menunjukkan pemecahan masalah yang sesuai





Isi disajikan dengan bahasa yang baik





Penutup memberi kesimpulan akhir





Penutup disajikan dengan bahasa yang baik





Nilai rata-rata





Komentar
Text Box: Nilai Kualitatif Nilai Kuantitatif
Memuaskan 4 > 80
Baik 3 68 – 79
Cukup 2 56 – 67
Kurang  1 < 55








  • Tes Tertulis Uji Kompetensi pilihan ganda dan isian (Uji Kompetensi hal 49 - 50).
Kunci Jawaban
Uji Kompetensi

A.
1. c
2. d
3. b
4. d
5. a

B.
1. PNI
2. Mutual Security Act (MSA)
3. Peristiwa 17 Oktober dan Tanjung Morawa
4. 29 September 1955
5. Banteng


Mengetahui,                                                                            Jakarta, ………..............
Kepala Sekolah/Yayasan                                                        Guru Mata Pelajaran




……………………........                                                        ........................................
NIP/NRK.......................                                                         NIP/NRK.......................


No comments: